Saturday, June 30, 2012

Tips Agar Blog Ramai Dikunjungi


Tips Agar Blog Ramai Dikunjungi Orang Dan Orang Betah Berlama-Lama Di Blog



Tips Agar Blog Banyak Pengunjung saja belum cukup, namun setelah dikunjungi adalah memikirkan cara agar orang lain betah berlama-lama didalam blog kita.

Saat kita pertamakali membuat blog yang diimpikan adalah blog tersebut memiliki banyak pengunjung dan juga memiliki banyak pembeli (bagi blognya yang digunakan untuk promosi) namun kadang bagi pemula yang difikirkan adalah cara instan agar blog banyak dikunjungi. Akibatnya promosi yang berlebihan dan minimnya info yang didapat membuat blog setelah dibaca seaat langsung ditinggalkan pengunjung.

Ada tips agar blog anda ramai dikunjungi dan tips agar pengunjung betah berlama-lama di blog sobat. Yang terpenting bagi yang memulai menulis diblog adalah jangan terburu-buru mengejar trafict secara besar-besaran. yang utama dilakukan adalah menjalani tips agar blog ramai dikunjungi berikut ini. :)".


Berikut ini adalah tips utama agar blog sobat mendapatkan pengunjung dan pengunjung betah berlama-lama di blog, yang banyak

1. Buatlah blog dengan satu tema dengan 5-10 konten utama
Tema adalah tujuan blog sonbat diciptakan. contohnya blog sobat bertema resep makanan. maka yang dibututuhkan adalah 5-10 konten atau postingan tentang resep-resep makanan. Jadi bukan resep makanan namun postingan tentangnya misalnya; sejarah resep makanan. mengapa ditemukan resep, dibalik rahasia resep makanan, dan lain-lain yang setema dengan blog sobat. Perbedaan tema dengan postingan akan memperparah blog sepi pengunjung jadi usahakan membuat blog yang setema.


2. Tulislah artikel tips 
Artikel tips no 1 dengan panjang minimal setengah lembar HVS ukuran Folio atau kurang lebih 550 kata. Ini akan memperikan kesan kepada pengunjung bahwa disinilah yang mereka cari itu lengkap. Jangan biasakan menulis inti-inti saja. dan juga istilah-istilah yang hanya dipahami oleh sebagian kecil orang. Gunakanlah istilah yang berlaku umum. dan jika dirasa perlu, beri penjelasan pada istilah yang tidak umum yang digunakan diblog.

3. Gunakan kalimat baku saat menulis postingan
Ini sangat penting, penggunakan kata baku akan membuat semua golongan memahami isi konten blog anda. Bahkan jika diterjemahkan dalam bahasa asing dengan google translate misalnya maka orang asingpun akan mudah memahami isi dari blog anda. Jangan sekali - kali menggunakan bahasa yang disingkat-singkat, apalagi besar kecilnya tidak karuan contoh: (Km4Rin Aq pULg) Wah yang baca pasti kabur.

4. Gunakan Read More
Buatlah pengunjung penasaran dengan menambahkan readmore, mengapa? karena dengan read more pengunjung akan melihat cuplikan-cuplikan blog sobat yang membuat pengunjung penasaran untuk membaca semua artikel blog sobat :) sekarang blogspot sudah menggunakan readmore terbaru tanpa harus menggunakan metode otak atik java srcipt. kalau belum tahu silahkan baca disini

5. Anjurkan orang lain untuk berkomentar
Untuk menganjurkan pengunjung meninggalkan komentar, sahabat bisa menyertakan pertanyaan pada tiap posting, seperti misalnya: "Bagaimana menurut anda?" atau "Anda punya tips lain?" dan lain-lainnya yang sahabat bisa kembangkan sendiri. intinya sobat harus mengunakann bahasa yang interaktif dalam membuat postingan.

6. Temukan ide-ide baru dalam membuat postingan
Usahakan jangan membahas masalah yang itu-itu saja atau yang lama. Carilah ide-ide yang baru. jadi masalah boleh sama namun ide harus berbeda.

7. Gunakan template yang sejuk dipandang mata dan enak dilihat
Kalau saya menggunakan template yang dimodif dengan garis-garis lengkung. Fungsinya agar blog tampil tidak terlalu kaku, dan enak dipandang mata. serta warna juga harus sejuk kalau kami menghindari warna gelap.

8. Jadwalah posting artikel
Artikel usahakan selalu update minimal adalah 1 kali dalam seminggu. sehingga saat pengunjung datang kedua kalinya dan melihat hal-hal baru. tentu meraka akan merasa senang berlama-lama di blog sobat sembari menanti tips-tips yang lain

9.  Bersikap sabar.
Mendatangkan pembaca memang perlu waktu, jadi kunci yang utama bersabar tetap berusaha dan jangan menyerah membuat posting terbaru.
10. Membuat Konten yang berkualitas
Pada saat ini sudah ada jutaan blog di dunia maya yang menjadi pesaing anda. jadi buatlah sesuatu yang unik dan bermanfaat untuk dibaca guna memancing perhatian pengunjung.
11. Buat link ke Blog lain
Ternyata selain membuat konten original yang tentu saja bukan hasil COPAS (copy paste), melink blog lain juga bisa membuat sarana untuk menarik perhatian blogger yang lainnya. Tetapi jangan sembarangan memilih link ke semua blog, tetapi pilihlah yang memiliki konten yang benar-benar berkualitas.
12. Memberikan komentar di blog lain
Berikan komentar sesuai dengan posting dan jangan menyimpang dari topik yang dibahas. Sering-seringlah berkomentar diblog yang dofollow karena setiap kita berkomentar akan mendapatkan satu backlink yang menuju ke blog kita.
13. Update secara teratur
Meskipun kita membuat posting yang berkualitas dan menarik tetapi apabila kita jarang mengupdate secara berkala akan membuat pengunjung enggan untuk kembali ke blog kita, Dengan update secara teratur akan membuat bot mesin pencari mendatangi blog kita secara teratur dan lebih sering.
14. Daftarkan ke blog search engine
Ternyata mendaftarkan blog kita ke situs seperti technorati, akan memudahkan pengunjung untuk melakukan pencarian melalui kata kunci atau topik.
15. Kirim tulisan ke situs sosial bookmark
16. Buatlah Judul yang Bombastis
Judul posting ternyata sangat berpengaruh terhadap kunjungan pembaca. Dengan membuat judul yang bombastis akan membuat pengunjung tertarik untuk membaca dan berkomentar.
17. Jadi diri sendiri
Mungkin ada ratusan atau bahkan jutaan tips dan trik seputar cara mendatangkan pengunjung. Namun yang perlu diingat buatlah tips dan trik yang merupakan hasil dari pengalaman. Jangan ragu untuk bereksperimen terutama gaya menulis dan topic yang akan ditulis.
18. Perhatikan Link yang Masuk dan yang Keluar
Usahakan lebih banyak link yang menuju blog kita, tetapi kita juga harus memasang link keluar, ke blog atau website lain. Mungkin perbandingannya 3 link yang menuju blog kita dan 2 Link yang kita pasang keluar. Link masuk bisa kita peroleh dengan blog walking, meningalkan jejak, dan berkomentar di blog orang lain. Link yang kita pasang yang biasanya sebagai blogroll atau menautkan di postingan, usahakan ke blog-blog yang mempunyai page rank yang tinggi.

19. Optimalkan Blog dengan SEO
Kita harus mengoptimalkan blog kita, artinya yang bekerja agar blog banyak dikunjungi orang adalah blog kita sendiri. Contoh-contoh yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan blog kita adalah, menganti judul blog dengan judul postingan, menambahkan meta tag, mendaftarkan blog kita ke goole, dan sebagainya.

20. Manfaatkan Sosial Media yang Lain
Selain tergantung dari search engine, di zaman yang sekarang ini kita juga harus mampu memanfaatkan sosial media yang lain untuk menyebarkan link postingan terbaru. Sosial media atau situs jejaring sosial itu yang populer saat itu, semisal twitter, facebook,google+ dan lain-lain. Sosial media atau situs bookmarking untuk berbagi link menarik, kalau di Indonesia semisal Ureport-nya Vivanews atau Lintas Berita.

demikian Tips agar blog ramai dikunjungi orang dan orang betah berlama-lama di blog yang dapat disampaikan. Silahkan mengopas seluruh artikel ini tanpa memodifikasi namun jangan lupa mencantumkan sumbernya:)

No comments:

Post a Comment