Thursday, September 8, 2016

Optimasi SEO On-Page

On-page SEO adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Artinya, anda akan melakukan optimasi di dalam website anda sendiri. Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar-benar yang memiliki kualitas terbaik.



Oleh karena itu, kuncinya 2 hal: relevan, kualitas.
Tanpa memenuhi keduanya, mustahil bisa mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari di bagian-bagian mana saja dalam website anda harus menerapkan optimasi on-page serta bagaimana melakukan optimasinya.

Konsep on-page SEO

Dalam SEO, konsep optimasi on-page adalah hal UTAMA yang harus anda pahami.
Masih ada kategori optimasi lain selain on-page yaitu optimasi Off-Page, tapi tanpa menerapkan optimasi on page maka akan percuma anda melakukan strategi lainnya.
Inti dari on-page SEO sederhana…
…anda akan mengoptimasi website supaya:
  1. Bermanfaat tinggi bagi pengunjung
  2. Memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi
  3. Pengunjung merasa betah di dalamnya
  4. Mesin pencari mengerti struktur website anda
Setelah membaca 4 poin tersebut, anda mungkin akan bertanya,
“Saya kan optimasi untuk mesin pencari, kenapa malah fokus ke pengunjung?”
Jawabannya, ini…
Mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.

Bayangkan kalau anda mencari sesuatu di Google, kemudian masuk ke salah satu website. Ternyata isinya tidak memuaskan. Kemungkinan besar setelah sekian detik anda akan klik tombol ‘back’ untuk mencari website lain. Ya kan?
Karena Google tentunya ingin menampilkan website-website yang memuaskan pengguna, maka website anda harus memuaskan pengunjung.

 

No comments:

Post a Comment