Thursday, November 2, 2017

MENGENAL PANAHAN



Olah raga panahan memang tidak seperti olahraga pada umumnya. merupakan salah satu olahraga yang memiliki spesifikasi khusus dan termasuk salah satu olahraga yang eksklusif karena di wajibkan memiliki peralatan seperti busur dan anak panah karena jika tidak ada peralatan wajib tersebut olahraga ini tidak bisa dilakukan. skill yang di dapat pun harus benar - benar dari pelatih yang berpengalaman.

Tetapi, dari semua itu olahraga panahan memiliki segudang manfaat. diantaranya :

1. Memacu pertumbuhan otak

Seiring dengan bertambahnya usia, kelahiran sel-sel otak baru akan semakin melambat dan jaringan otak akan benar-benar menyusut. Latihan dapat mengurangi risiko ini. Terdapat perubahan yang signifikan pada volume orang berusia 60-70 tahun yang rutin berlatih aerobik selama enam bulan. Latihan kardio akan meningkatkan aliran darah ke otak karena dengan latihan otak mendapatkan aliran oksigen yang sangat dibutuhkan.


 2. Memperlancar suplai hormon BDNF
Sama seperti makanan, olaharga bisa membuat tubuh jadi lebih sehat dan maksimal. Olahraga bisa memacu bahan aktif kimia yang dikenal sebagai faktor otak neurotropik (Brain Derived Neurotropic Factor/BDNF) yang bisa merangsang pertumbuhan sel otak. Aktivitas ini terjadi di hippocampus yaitu wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memori otak. Maka para ahli menyarankan untuk berolahraga lebih sering agar hormon ini makin aktif dan tidak mudah pikun.

3. Mengatasi depresi dan kecemasan
Depresi bisa memperlambat kemampuan otak untuk memproses informasi, sehingga Anda akan sulit berkonsentrasi dan membuat sebuah keputusan. Olahraga bisa membuat suasana hati menjadi lebih menyenangkan, sehingga meningkatkan produksi serotonin dan dopamin (hormon yang penting untuk membuat suasana hati lebih bahagia). Rasa bahagia ini juga akan mengalirkan bahan kimia dalam tubuh yang disebut endorfin.

4. Mengurangi stress
Hormon BDNF akan membuat otak lebih muda. Olahraga juga akan menghambat pembentukan hormon kortisol atau hormon stres dan membantu Anda untuk bisa berpikir lebih jernih lagi. Olahraga juga diyakini bisa membantu menghasilkan sel saraf baru menggantikan sel otak yang rusak karena stres.

5. Meningkatkan fungsi otak

Pada dasarnya otak memiliki fungsi kognitif seperti kemampuan untuk fokus pada pekerjaan yang kompleks, mengatur kegiatan, berpikir abstrak, dan berpikir. Hal ini juga meliputi memori kerja, seperti kemampuan untuk menyimpan nomor telepon di kepala Anda. Ketika peneliti menganalisis efek dari latihan otak maka mereka menemukan bahwa orang dewasa yang berusia 55-80 tahun dan berolahraga teratur, kemampuan otak mereka akan meningkat empat kali dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga. Paling tidak usahakan untuk berolahraga sekitar 30-45 menit setiap harinya.

6. Meningkatkan sensitivitas terhadap insulin
Ketika Anda makan, tubuh akan mengubah sebagian besar makanan menjadi glukosa (gula darah) sebagai bahan bakar untuk tubuh termasuk otak. Nah, agar glukosa bisa terserap sempurna ke sel maka hormon insulin menjadi perantaranya. Ketika sel otak dibanjiri dengan glukosa hal ini bisa mempengaruhi memori dan berpikir. Olahraga akan merangsang sensitivitas insulin sehingga dapat berfungsi untuk menstabilkan gula darah.

nah... begitu banyak kan manfaatnya. berikut ini adalah kutipan singkat untuk mengenal peralatan panahan sebelum memulai mencoba menggeluti olahraga yang sedang banyak digemari ini :

1. Bow

Alat yang pertama dibeli adalah bow, karena pemilihan anak panah ( arrow) tergantung pada berta Bownya. Bow sebaiknya yang laminasi, ada dua tipe bow yang yang utama baik untuk target maupun untuk berburu, yaitu Single piece atau Take down bow. Dua hal yang harus dipertimbangkan saat membeli bow baru yaitu:
a. Draw Weight
Untuk pemula yang baik adalah 15 samapai 25 pound.
b. Lenght ( panjang )
Supaya stabil, dianjurkan tidak ada bow yang kurang dari 58 #, walaupun untuk hunting sekalipun. Panjang bow yang direkommendasikan adalah sebagai berikut:
60 – 64 “ untuk orang dengan draw 24” atau kurang
65 – 66 “ untuk orang dengan draw 25 – 26 “
67 – 68 “ untuk orang dengan draw 27 – 28 “
69 – 70 “ untuk orang dengan draw 29 “ atau lebih

2. Bow String

Pemula sebaiknya pakai string yang terbuat dari Dacron dengan certer serving dari nilon. Beberapa string center servingnya dari monofilament nylon, seving seperti ini membuat jari sakit – sakit dan menimbulkan masalah teknis lainnya.

3. Item Tembakan untuk Bow

a. Arrow Rest
b. Bow Sight
c. Kisser Button
d. Level
e. Nock Loators
f. Pressure Point
g. Stabilizer
h. String Peep
i. Arrow ( panah )

Ada 3 jenis Arrow yang utama
- Arrow dari Kayu
- Fiberglass
- Alluminium

4. Aksesoris

Aksesoris 1
- Arm Guard
- Finger Tab or Glove
- Sling
- Bow String
- Bow Tip Protector
- Bow Square
- Quiver ( tempat anak panah )
- Clothing Shield ( pakaian pelindung )
- Yarn Tassel
- Eye Patch

itulah sedikit dari begitu banyak pengenalan tentang olahraga Panahan. semoga bermanfaat dan tunggu artikel mengenai panahan selanjutnya.


Berikut adalah jenis-junis busur yang sering digunakan:
1. Horsebow


Busur Horsebow adalah istilah umum genre busur yang secara tradisi biasa digunakan sambil     menunggang kuda dengan performa yang paling optimal, karena ada busur lain yang juga bisa digunakan di atas kuda namun tidak optimal. Busur horsebow ditandai dengan ukurannya yang relatif pendek, walau ada juga yang panjang, serta berbahan komposit: kayu/bambu, tanduk dan otot/sinew, dan terdiri dari 3 bagian utama yaitu: gagang, dustar (lengan yang dapat melengkung ketika busur ditarik) dan siyah (segmen kaku di ujung-ujung busur tempat mengaitkan tali busur). Serta disebut dengan busur reflex, karena busur ini umumnya berbentuk huruf C ketika belum dipasangkan tali, dan harus diregangkan untuk dipasangkan tali hingga menjadi bentuk lain yang didalamnya telah tersimpan energi potential pegas yang besar. (Gambar kiri dan kanan atas)

Definisi Thumb Draw: Teknik thumb draw adalah teknik memanah dengan menggunakan jempol untuk menarik tali busur. Dalam teknik ini, tali busur dikaitkan pada jempol yang diperkuat dengan kepalan seluruh tangan yang digunakan untuk menarik busur. Ciri lainnya adalah anak panah diletakkan di sisi kanan pada pangkal jempol tangan yang memegang busur, bukan di sisi kiri. Alat bantu yang diperlukan dalam teknik ini adalah pelindung jempol baik dalam bentuk kulit pelapis maupun cincin jempol atau thumb ring. (Gambar kiri dan kanan bawah)

2. Recurve Bow
Busur recurve (busur modern) memiliki kemampuan menembakkan panah yang lebih jauh dan bertenaga ketimbang busur tradisional. Recurve bow merupakan jenis busur yang digunakan sebagai standar bagi kompetisi  internasional. Recurve bow memiliki ciri khas berupa bagian limb yang melengkung menjauhi pemanah. Bentuk busur seperti ini memungkinkan busur tersebut menyimpan energi yang sama dengan busur berbentuk lurus dengan panjang busur yang lebih pendek. 


3. Compound Bow
 Busur jenis ini adalah busur modern. Ia dirancang semata-mata untuk mengurangi beban hidup (draw weight) dan dalam waktu yang sama untuk menambah daya yang digunakan untuk melepaskan anak panah. Ia memiliki roda di kedua lengan dan tergantung pada daya mekanis desain dan bukan elastisitas lengan busur untuk melepaskan panah. Jadi Disini pengguna tidak direpotkan lagi dengan kerasnya string atau berat beban busur, dan hanya bertugas untuk fokus pada sasaran target supaya lebih maksimal.
4. Long Bow
Sebagaimana namanya, longbow memiliki panjang  yang bahkan sampai melebihi tinggi pemakainya. Bentuk busur yang dibuat dari kayu yang lurus dan tanpa lengkuk atau roda. Ia hanya mengandalkan keatas daya elastisitas yang tersimpan di dalam bahan yang digunakan untuk membuat busur itu (biasanya kayu atau bambu). Busur jenis ini memiliki kekuatan pegas paling tinggi jika dibandingkan dengan bentukan busur lain dengan bahan yang sama. dan penampangnya berbentuk seperti huruf D. dibandingkan busur jenis lainnya, lengkungannya relative kecil. Kekuatannya lebih banyak berasal dari panjang limb-nya. Semakin panjang, dipercaya lesatan anak panahnya semakin jauh. Hanya saja, busur jenis ini tidak fleksibel dibanding jenis busur lainnya.
Sumber:
1.http://ibrokus.com/2017/01/23/macam-macam-model-busur-panah/
2.https://www.facebook.com/imacjoss/photos/a.1512711778756676.1073741828.1512698732091314/1514033221957865/?type=3&theater 
3.https://itbpasopati.wordpress.com/2014/07/23/jenis-jenis-busur/
4.https://barruarcheryclub.wordpress.com/2016/11/21/jenis-jenis-senjata-panah/
5.http://uproxx.com/webculture/guy-fails-miserably-at-shooting-a-pigeon-with-his-bow-and-arrow-hits-young-girl-instead/
6.https://budointernational.com/en/kyudo-equipment-bows/600675-arc-kyudo-yumi-jap-2-20-m-18kg-p-.html
7.http://www.alloutdoors.com/best-compound-bows/
8.https://id.aliexpress.com/item/Newest-recurve-Bow-Hot-Sale-Online-Youth-Compound-Bow-Junior-Archery-Bow-and-Arrow/32255653189.html
9.https://www.heritagelongbows.com/




No comments:

Post a Comment