Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Thursday, July 23, 2020

Kondisi 2 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Positif Covid-19 di Riau Stabil

0 comments

https://www.birulangit.id/?m=1
Kondisi 2 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Positif Covid-19 di Riau Stabil


Birulangitid
-Kondisi dua pasien berstatus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), yakni AN (53) dan L (39), warga Kabupaten Kampar yang terkonfirmasi positif covid-19 beberapa waktu lalu, saat ini dalam keadaan stabil.

Hal itu disampaikan Kepala Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Provinsi Riau, Hasneli Juwita saat dikonfirmasi pada Kamis (23/7/2020) di Pekanbaru.

"Kondisinya stabil, mereka kita rawat sesuai dengan protokol penanganan covid-19. Hanya saja karena ini pasien ODGJ, mereka agak gelisah, belum koperatif," kata Hasneli.

Dikatakan Hasneli, petugas juga menerapkan perlakuan khusus dalam menangani kedua pasien ODGJ positif covid-19 itu. Seperti saat memberi obatnya itu harus seperti apa, nah itu kan butuh perlakuan berbeda. Tapi sejauh ini, ujarnya, kondisinya masih stabil.

"Sekarang pasien positif covid-19 itu masih diisolasi, tidak bergabung dengan pasien yang lain," tambahnya.

Terkait dengan protokol penanganan covid-19, kata dia, pihak RSJ Tampan telah menerapkannya sejak awal pandemi pada Maret 2020 lalu.

"Kita dari awal mulai sejak pandemi telah melakukan langkah-langkah sesuai protokol penanganan covid-19. Pertama, akses untuk masuk itu, kita melakukan pembatasan kunjungan, sangat ketat sekali. Artinya tidak sembarangan bisa keluar-masuk,"ungkapnya.

Bahkan, lanjut Hasneli, pihaknya menerapkan layanan video call bagi keluarga yang ingin mengetahui dari perkembangan dan kondisi pasien yang dirawat inap untuk mencegah potensi terjadinya penularan covid-19.

"Pintu masuknya juga satu, pengunjung yang datang harus discreeening dulu," ujarnya.

Sumber mediacenter.riau.go.id

No comments:

Post a Comment