Friday, December 9, 2011

JIKA SAYA ANGGOTA DPD RI

DPD RI merupakan lembaga legislatif yang sangat strategis untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, mengapa saya katakan demikian?. Pertama, anggota DPD RI dipilih secara langsung oleh masyarakat dan bersifat independen. Kedua, Anggota DPD RI bukanlah orang yang asal-asalan saja untuk berani maju mencalonkan diri sebagai caleg DPD RI dikrenakan mereka calon independen yang tentunya harus sudah memiliki track record yang baik dimata masyarakat. Ketiga, anggota DPD RI tentunya lebih paham dengan isu-isu daerah yang diwakilinya, sehingga dapat berjuang dengan maksimal untuk kepentingan yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Dengan kelebihan-kelebihan diatas tentunya sangat menarik sekali bisa menjadi senator di DPD RI, maka jika saya menjadi senator di DPD RI yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Penguatan Lembaga DPD RI Secara Internal

DPD RI merupakan lembaga legislatif yang mempunyai peran controlling yang sangat strategis dan independen untuk pemerintahan dan lembaga legislatif lain (DPR RI), karena tidak terfragmatsi dengan kepentingan kepartaian. Seperti yang kita lihat hari ini pemerintah dan DPR RI sibuk dengan masalah internal kepartaian dan pencintraan kepartaian, maka kalau saya sebagai anggota DPD RI akan terus memberikan kontrol dan pengingatan terus-menerus bahwasanya rakyat harus menjadi perioritas utama bukan kepartaian yang di utamakan. Masih banyak masalah kerakyatan yang belum terselesaikan, seperti kemiskinan, pengangguran, moral etika, kesehatan sampai pendidikan, dan ini harus terus diperjuangkan dan garda terdepan perjuanganya adalah DPD RI tentunya.

2. Menjadikan DPD RI Sebagai Penggerak Mengatasi Masalah Kerakyatan

Setiap peraturan-peraturan yang disahkan melalui DPR RI, memang harus benar-benar yang memihak untuk kepentingan hajat hidup orang banyak, bukan golongan ataupun kepartaian. Maka menjadi tugas besar bagi saya sebagai anggota DPD RI untuk memperjuangkan aspirasi rakyat, dan mengakomodir terus aspirasi rakyat. Jika ada konstitusi yang menyangkut hajat hidup orang banyak, maka saya wajib memperjuangkanya, mengawal dan mencari penyelesaian setiap masalah kerakyatan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

3. Lebih Mendekatkan Diri Terhadap Masyarakat

Cara mendekatkan diri terhadap masyarakat yang akan saya lakukan adalah melakukan pola hidup keseharian, layaknya masyarakat pada umumnya, bukan malah bermewah-mewahan. Dengan cara seperti ini saya yakin sekali dapat berbaur dengan masyarakat dan merasakan secara langsung kondisi masyarakat.

4. Berbagi Pengalaman Kelegislatifan Dengan Anggota DPD RI Yang Lain

Berdasarkan pengalaman legislatif kampus dan pengetahuan legislatif yang saya pahami, maka saya akan memberikan pemhaman tentang kelegislatifan bagi anggota DPD RI yang baru berkecimpung di dunia kelegislatifan, sehingga DPD RI benar-benar diisi oleh orang-orang yang unggul serta memiliki pemhaman tentang fungsi dan wewenangnya sebagai wakil rakyat, yang berjuang untuk rakyat, karena dipilih langsung oleh rakyat. Sehingga dengan demikian anggota DPD RI mampu memaksimalkan peranya sebagai wakil rakyat.

Saya rasa 4 poin diatas akan mampu memaksimalkan kerja DPD RI untuk rakyat. Sungguh bagi saya menjadi pribadi yang bisa bermanfaat buat orang lain adalah hal yang sangat berharga, karena hidup ini hanya sebentar saja, kekuasaan akan bisa runtuh, kekayaan bisa luluh, tapi kebahagian orang lain atas usaha yang kita lakukan akan menjadi amal ibadah yang terus mangalir yang akan memberikan pertolongan dihari akhir kelak. Viva legislativa.

No comments:

Post a Comment