Thursday, December 13, 2012

Konsep Sistem Keamanan dan Kenyamanan Kampus Yang Terintegrasi Dengan Speedy Monitoring




Keamanan dan kenyamanan menjadi yang sangat penting bagi setiap instansi pendidikan, apalagi instansi tersebut adalah perguruan tinggi. Kemanan dan kenyamanan memang harus terintegrasi secara jelas bagi perguruan tinggi, sehingga dihasilkan suasana akademis yang sangat ideal. Dengan kondisi keamanan dan kenyamanan yang baik otomatis juga akan meningkatkan kualitas dari perguruan tinggi tersebut. Lain halnya jika pada sebuah perguruan tinggi tingkat keamanan dan kenyamananya masih sangat minim, hal akan berimbas buruk terhadap proses akademis di perguruan tinggi tersebut.

Kondisi keamanan dan kenyamanan yang kurang baik masih saya rasakan di kampus tempat saya menimba ilmu. Mengapa saya katakan kurang baik?...Beberapa hari yang lalu saja di kampus terdengar lagi ada beberapa kendaraan roda dua yang hilang, kemudian juga ada teman dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang kontak kunci motornya sudah dirusak orang, untungnya belum sempat dilarikan motor tersebut. Dulu sekitar tahun 2010 dan 2011 beberapa sekretariat himpunan kemhasiswaan juga di bobol orang sehingga mengakibatkan kerugian berkisar antara 30-50  an juta. Barang yang berhasil di raup oleh sang maling adalah beberapa PC komputer, infokus dan beberapa laptop. Tidak jarang juga terdengar kabar mobil dosen yang di bobol orang tak dikenal sehingga semua isi mobil yang dianggap penting habis terkuras.

Begitulah kondisi kampus saya menimba ilmu untuk beberapa waktu terakhir ini, dengan kondisi seperti ini saya rasakan sangat berimbas terhadap kenyamanan dalam belajar. Ketika belajar selalu was-was memikirkan apakah kendaraan di parkiran aman atau tidak ya...? seperti itulah yang diarasakan setiap harinya apabila kekampus membawa kendaraan, apalagi meninggalkan tas diruangan hanya sekedar untuk buang air kecil. Dengan kondisi seperti ini rasanya memimpikan kampus yang terletak di kota pekanbaru ini ditata ulang terutama untuk lahan parkiran yang tidak teratur. Sebenarnya sangat berharap disetiap fakultas punya lahan parkiran dengan sistem keamanan yang terintegrasi.

Dengan kondisi kampus diatas tentunya tidak bisa didiamkan saja, karena kampus merupakan tempat paling penting untuk menyiapkan generasi terbaik untuk masa yang akan datang. Jika dikampus suasananya tidak kondusif tentunya penyiapan generasi terbaik untuk masa yang akan datang juga tidak akan maksimal. Beberapa hari yang lalu saya sempat membaca profil speedy monitoring yang saya rasa bisa menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi permasalahan diatas. Permasalahan keamanan dan kenyamanan dikampus seperti yang saya ceritakan diatas, menurut saya dapat diatas dengan cara sebagai berikut:

1. Parkiran
Perlu dibuat parkiran yang terintegrasi dengan teknologi. Karena jika hanya mengandalkan pengamanan terutama diparkiran menggunakan satpam, tidak dapat kita pungkiri pasti akan sering terjadi human eror, kemudian kemampuan jelajah pengawasan manusia secara manual sangat terbatas maka perlu dibantu dengan menggunakan teknologi. Menurut saya salah satu teknologi yang tepat adalah dengan menggunakan speedy monitoring untuk pengwasan secara berkala dengan jangkaun yang lebih luas.

2. Kenyamanan Saat Belajar
Saat belajar dikelas tentunya juga dibutuhkan kenyamanan dalam belajar, sehingga dari setiap pembelajaran dikelas dapat terserap secara maksimal. Kenyamanan yang terasa sangat penting ketika momen-momen ujian, baik itu ujian tengah semester, kuis dan ujian akhir semester. Pada proses ujian pasti setiap dosen tidak akan mampu mengawasi secara mutlak karena daya jelajah pandangan manusia yang sangat terbatas sehingga menyebabkan kondisi pengawasan yang tidak maksimal, misalnya ketika dosen mengawasi sisi kanan maka sisi kiri akan bereaksi, terutama bagi yang tidak belajar akan menggagu teman ujian lain guna mendapatkan jawaban yang diinginkan. Kondisi seperti ini tentunya dosen sangat membutuhkan teknolgi untuk membantu pengawasan yaitu dengan menggunakan CCTV.

3. Pemasangan CCTV Online
Dikampus memang snagat perlu dipasang yang namanya CCTV Online. Minimal di daerah-daerah penting seperti parkiran, gedung perkuliahan, laboratorium, pintu gerbang masuk dan keluar untuk melakukan monitoring secara berkala. Dipasangnya CCTV Online sangat banyak sekali perananya selain untuk menjaga keamanan dan mencipatakan kenyamanan dalam belajar. CCTV Online juga berfungsi untuk menjaga marwah kampus, karena tidak jarang ketika di malam hari ada orang yang nekat berbuat mesum dikampus, terbukti ketika saya masih aktif di organisasi kampus saya berserta teman-teman sering melakukan razia terutama dimalam minggu dan selalu menemukan beberapa pasangan yang berbuat mesum dikampus, dan rata-rata mereka bukan mahasiswa.

Gambar Ilustrasi

Mengapa pada usulan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan kampus saya ada menyinggung speedy monitoring..? Karena saya merasa speedy monitoring bisa menjadi pilihan teknologi yang tepat untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan kampus yang teintegrasi. Speedy Monitoring sangat memungkinkan  untuk menangkap, merekam, dan memonitor suatu  area tertentu dengan menggunakan IP Camera yang terhubung ke jaringan Speedy. Oleh karenanya layanan ini dapat dinikmati dengan menggunakan jaringan Speedy. Hasil monitoring dapat di akses  dari kamera  melalui web browser. Tidak hanya itu saja, pengaturan masing-masing IP Camera juga dapat dilakukan melalui web browser. Untuk media penyimpanan  secara terpusat sehingga hanya perlu menyediakan kamera dan tak perlu repot lagi dengan urusan penyediaan tempat penyimpanan data dan penyediaan server karena disediakan oleh telkom. Apalagi seperti yang saya dengar Server dikampus untuk internetnya juga menggunakan layanan dari telkom, tentunya akan lebih mudah lagi untuk pengelolaanya.

Beberapa tawaran solusi yang saya tawarkan diatas bisa menjadi jalan keluar untuk mengatasi permasalahan diatas, dan saya rasa sangat mungkin, apalagi dari beberapa informasi yang saya dapatkan kampus saya termasuk kampus yang paling sering surplus dananya diakhir tahun. Ketimbang dana yang akan surplus dihabiskan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat seperti jalan-jalan yang tidak jelas manfaat dan tujuanya apa?, untuk  buat kegiatan pekan seni dan olahraga yang tidak ada peminatnya, dan masih banyak lagi kegiatan yang tidak bermanfaat lainya atau malah kembali ke kas negara, lebih baik dialokasikan untuk mengatasi permasalahan diatas sehingga kedepanya tidak ada lagi motor yang hilang, mobil yang dibobol, orang yang tertangkap mesum dimalam hari dikampus dan ketika terjadi keributan dikampus terekam kejadianya, sehingga ada barang bukti yang nyata untuk menyelesaikan perkara dikampus ini. Ya itulah harapan saya untuk kampus yang sangat saya banggakan ini, dan untuk mencapai itu semua tentunya perlu sebuah sistem keamanan dan kenyamanan yang teritegrasi dengan teknologi, salah satunya dengan  online monitoring menggunakan speedy monitoring melalui CCTV online.

2 comments:

  1. speedy jaringan jelek bang. dari sepuluh warnet saya yg pakai speedy sekarang tinggal 1 yg masih pakai speedy, rencananya dlm waktu dekat mw di singkirkan juga.

    ReplyDelete
  2. oh gtu ya..... kan ini untuk cctv nya....

    ReplyDelete