Tuesday, September 6, 2016

Bagaimana Para Investor Menghasilkan Uang?



Mempelajari bagaimana imbal hasil dialokasikan kepada para pemain kunci bisa meningkatkan peluang Anda untuk mendapat pendanaan.

Ketika Anda menggalang pendanaan untuk startup Anda, akan membantu jika Anda memahami bagaimana investor yang sedang Anda dekati akan menghasilkan uang untuk mereka sendiri. Rumus untuk membayar para investor seringkali tidak sesederhana mengambil laba atas investasi dan mengalokasikannya sama rata kepada para pemain kunci. Untuk dana dari angel fund, modal ventura dan kemitraan investasi lainnya, sering ada formula rumit tentang bagaimana setiap individu yang terlibat dalam pengelolaan investasi itu akan menghasilkan uang. Anda harus mengingat rumus berikut ketika merancang pendekatan untuk penggalangan dana Anda.

Angel Investor

Angel investor biasanya membuat keputusan mengenai investasi pada sebuah startup tanpa membayar orang lain untuk mengelola uang mereka. Oleh karena itu, laba atas investasi mereka biasanya tidak akan melibatkan pembayaran kepada perantara apapun. Hal ini bisa membuat investasi startup lebih menarik daripada investasi berisiko tinggi lainnya yang biasanya perlu membayar broker, pengelola keuangan atau perantara lainnya. Salah satu pemegang saham di perusahaan saya pernah berkomentar bahwa ia sangat senang dengan investasinya karena itu adalah salah satu dari sedikit investasi “bebas komisi” yang dibuatnya secara langsung. Tambahan 1 sampai 2 persen per tahun untuk komisi dan biaya investasi bisa menjadi perbedaan yang signifikan dalam membandingkan investasi startup dengan alternatif lain.

Angel Fund

Seperti yang saya sebutkan di kolom terdahulu, ada tren yang berkembang dimana para angel investor bergabung dan dan berinvestasi bersama-sama sebagai sebuah fund. Biasanya, fund semacam ini melakukan investasi mulai dari $ 100.000 sampai $ 500.000 pada satu waktu dan kadang-kadang ditambah dengan investasi pribadi dari seorang angel investor. Fund semacam ini cenderung berskala kecil, sehingga sulit untuk menggunakan pengelola investasi profesional untuk mengelola fund tersebut. Namun demikian, sejumlah besar waktu dihabiskan untuk mengorganisir pertemuan, koordinasi keputusan dan uji kelayakan yang diperlukan untuk mengelola para angel tersebut dan memenuhi apa yang dijanjikan oleh model investasi berupa angel fund.

Oleh karena itu, seringkali, angel fund memiliki satu atau lebih profesional investasi – biasanya bekerja secara paruh waktu – yang dibayar sebagai pengelola fund tersebut. Kompensasi yang mereka dapatkan biasanya berupa uang tunai dan bonus berdasarkan kinerja fund tersebut. Sifat dari kompensasi ini terkait dengan asal-usul fund tersebut. Jika fund itu diprakarsai oleh manajernya, kompensasi itu biasanya lebih besar dan terkait erat dengan kinerja investasi yang dibuat oleh fund. Jika fund itu diprakarsai oleh para angel yang kemudian menyewa seorang manajer untuk mengkoordinir pertemuan, perhitungan kompensasi cenderung ke arah uang tunai daripada bonus kinerja.

Ini penting untuk Anda karena akan menentukan jika manajer investasi untuk angel fund tersebut benar-benar hanya seorang penjaga pintu atau sekaligus juga seorang kontributor yang tulus dalam pengambilan keputusan investasi. Ketika mendekati angel fund dimana seorang manajer dibayar berdasarkan kinerja fund, Anda harus ingat bahwa ketentuan dalam kesepakatan biasanya akan melibatkan negosiasi dengan si manajer. Dengan kata lain: Hindari godaan untuk mengabaikan si penjaga pintu setelah Anda melewati pintunya. Dalam angel fund semacam ini, para angel investor akan membuat pemungutan suara tentang apakah presentasi Anda sukses dan kemudian menunjuk sebuah panitia kecil untuk melakukan uji kelayakan dan menegosiasikan kesepakatan; kemungkinan besar, si manajer akan duduk dalam komite ini.

Perusahaan Modal Ventura

Warren Buffet menggambarkan beberapa investor sebagai “kerumunan 2 dan 20.” Itu mengacu pada rumus yang telah populer di kalangan fund investasi – terutama para hedge fund yang berinvestasi di pasar saham, tetapi juga fund modal ventura yang berinvestasi di perusahaan swasta – ketika membayar kompensasi bagi para manajer fund.

Biaya pengelolaan investasi dihitung sebagai 2 persen per tahun dari total nilai fund ditambah 20 persen dari laba. Beberapa perusahaan modal ventura dengan keterampilan khusus atau reputasi yang luar biasa bisa menyetujui biaya hingga 3 persen dan 25 persen sampai 30 persen dari laba, tetapi kebanyakan cenderung mengenakan biaya dalam rentang “2 dan 20”. Biaya dibayar oleh para investor, yang sering disebut sebagai mitra terbatas. Ini berarti bahwa fund bernilai $ 500 juta membayar biaya $ 10 juta per tahun, belum termasuk bagian yang didapat dari laba. Itu cukup untuk membayar gaji besar kepada beberapa mitra, rekanan dan staf pendukung.

Ada diskusi yang menarik di ranah blog tentang apakah rumus “2 dan 20” membuat para manajer investasi menjadi malas. Argumennya adalah bahwa karena mereka mendapatkan gaji yang begitu besar, mereka tidak bekerja cukup keras untuk melatih perusahaan mereka agar menghasilkan keuntungan. Saya belum bertemu banyak VC yang malas untuk memberi opini tentang argumen ini, tapi ada baiknya membaca beberapa blog tentang topik ini. Setelah komentar Warren Buffet tentang “kerumunan 2 dan 20” dalam suratnya kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway, perdebatan ini telah memancing diskusi yang sangat terbuka tentang bagaimana para investor menjustifikasi uang yang mereka hasilkan. Untuk mengetahui sekilas tentang diskusi ini, silakan membaca blog dari TheFeinLine.com dan SeekingAlpha.com.

Karena kerja yang sebenarnya bagi kebanyakan perusahaan modal ventura dilakukan oleh para rekanan dan profesional investasi non-mitra lainnya, seperti para wakil presiden dan pemodal, akan lebih membantu jika kita mempelajari tentang kompensasi mereka. Mereka adalah para individu yang akan memeriksa rencana bisnis Anda, bertemu dengan Anda dan memutuskan apakah Anda akan mempresentasikan kepada para mitranya.

Seorang rekanan pada umumnya mendapatkan gaji tahunan sebesar $ 100.000 sampai $ 200.000. Jumlah itu biasanya bisa lebih tinggi lagi untuk rekanan yang berbasis di pasar kompetitif, seperti New York City, atau mereka yang bekerja untuk fund yang lebih besar. Selain itu, beberapa fund mengijinkan para rekanan, VP dan pemodal untuk mendapatkan sebagian dari laba yang didapatkan fund itu, sering disebut sebagai tambahan bunga atau “carry.”

Pada umumnya fund VC mendorong rekanan mereka menemukan penawaran menarik yang bisa didanai untuk meningkatkan gaji atau carry mereka. Sudah biasa jika rekanan dan profesional non-mitra bekerja keras selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum berhasil menemukan penawaran yang didanai, apalagi yang didanai dan memberikan likuiditas bagi investor. Mengevaluasi kinerja profesional non-mitra sangat sulit jika laba baru mulai didapatkan bertahun-tahun kemudian, seringkali setelah rekanan itu pindah ke tempat lain. Hal ini menyebabkan budaya yang dikeluhkan banyak pewirausaha: para rekanan memiliki kekuatan untuk mengatakan “tidak”, tapi tidak untuk “ya.”

Anda bisa menghabiskan banyak waktu menjelaskan bisnis Anda kepada rekanan yang ingin mempelajari tentang pasar Anda dan tampak berpengetahuan bagi kemitraan itu, tapi pada akhirnya, yang akan memutuskan untuk mendanai Anda atau tidak adalah kemitraan itu. Tetapi, beberapa rekanan memiliki hak membuat keputusan yang lebih besar dan kemampuan untuk membantu pewirausaha mendapatkan pendanaan. Misalnya, mereka mungkin telah mendapatkan kepercayaan dari para mitra atau telah menghabiskan bertahun-tahun untuk memahami motivasi dari masing-masing pembuat keputusan.

Anda harus mendengarkan dengan cermat masukan dari para rekanan yang ingin membantu Anda meyakinkan para mitra itu; bisa jadi mereka adalah yang paling bisa Anda anggap sebagai teman dalam proses penggalangan dana tersebut. Tapi jika Anda belum juga diperkenalkan kepada seorang mitra setelah dua atau tiga pertemuan dengan seorang rekanan, mungkin Anda sedang membuang waktu dengan percuma.

No comments:

Post a Comment