RAHASIA MENGAPA RASULULLAH SAW JARANG SAKIT - Lifestyle, Passion and Habit

Latest

Menampilkan Lifestle Passion and Habit Penulis

Saturday, September 21, 2019

RAHASIA MENGAPA RASULULLAH SAW JARANG SAKIT

RAHASIA MENGAPA RASULULLAH SAW JARANG SAKIT
8 Rahasia Rasulullah Jarang Sakit



Kita sebagai umat islam harusnya penasaran apa saja yang di kerjakan Rosulullah sehingga beliau itu sangat jarang sekali jatuh sakit. Di kisah yang mashur bahwa Rosulullah tertimpa sakit setelah menunaikan haji wada'. Artinya Rosulullah memang sangat jarang sekali sakit, nah ini pastinya ada rahasiannya. Di himpun dari berbagai sumber berikut Beberapa cara hidup sehat yang Beliau amalkan sehingga jarang Sakit yaitu adalah :

1. SELALU BANGUN SEBELUM SUBUH

Rasullah sangat menjaga ibadah qiyamulail atau sholat malamnya sehingga beliau selalu bangun sebelum sholat subuh. Sebagai seorang Muslim pastinya kita semua sangat paham bahwa sebelum menunaikan ibadah sholat harus kita bersuci terlebih dahulu, baik itu mandi ataupun sekedar wudhu saja. 

Rupanya guyuran air ketubuh ketika pagi hari sangat baik bagi kesehatan subuh, hal dapat memperlancar peredaran darah sehingga mengurangi kadar kolestrol dan asam urat. Sehingga resiko terkena penyakit struk dapat berkurang.

Bangun pagi sebelum subuh memang berat karena disinilah waktu paling nikmat dalam tidur. Disisi kenikmatan itu kalau di kalahkan rupanya besar manfaatnya untuk kesehatan. Ayo bangun sebelum subuh ya.

2. AKTIF MENJAGA KEBERSIHAN

Rosulullah adalah insan yang sangat rajin menjaga kebersihan, sehingga kesehatan beliau sangat terjaga. Coba bandingkan dengan masa kita saat ini bisa dikatakan sangat tidak peduli dengan kebersihan untuk pribadi apalagi untuk yang umum, contoh sederhanannya saja berapa kali kita mandi dalam sehari?, atau seberapa rajin kita menggosok gigi atau mensiwak gigi. Nah jd g usah heran jika kita-kita ini mudah sakit. Karena kebersihan sangat tidak terjaga.

Menjaga kebersihan artinya kita mengikuti sunah rosulullah, ayo kita tingkatkan taraf kebersihan kita dimulai dari diri pribadi kemudian sampai keranah yang lebih besar lagi.

3. TIDAK PERNAH MAKAN BERLEBIHAN

Sabda Rasulullah saw :: "Kami adalah satu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)." 
(Muttafaq Alaih)

Kalau dilihat dari hadist diatas sudah jelas bangetkan bahwa makan tidak boleh berlebihan. Apalagi sampai perut terasa full dan susah gerak, terus banyak yang bersisah sehingga mubazir.


4. GEMAR BERJALAN KAKI

Rasulullah berjalan kaki ke masjid, pasar, medan jihad dan mengunjungi rumah sahabat. Mungkin ini juga penyebab saat ini banyak orang sakit karena sudah minimnya aktivitas jalan kaki. Padahal standar jalan kaki untuk menjaga kesehatan adalah berjalan minimal sebanyak 6000 langka sehari.

5. TIDAK PEMARAH

Nasihat Rasulullah 'jangan marah' diulangi sampai tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasad, tetapi lebih kepada kebersihan jiwa. Orang yang tidak pemerah mencerminkan orang yang bersih jiwanya, sehingga menyikapi segala sesuatu dengan cara-cara yang baik.

6. OPTIMIS DAN TIDAK PUTUS ASA

Sikap optimis memberikan efek emosional yang mendalam bagi kelapangan jiwa selain harus banyakkan sabar, istiqamah, bekerja keras serta tawakal kepada Allah. Jiwa Optimis juga mencerminkan ciri seorang Muslim yang sejati. Karena sejatinya seorang muslim menggantungkan semua usaha dan ikhtiar hasilnya hanya kepada Allah dan Allah sendiri sesuai prangsangka hambanya. Maka sikap optimis harus tetap hidup dalam jiwa seorang muslim agar tetap menjadi sehat.

7. TIDAK PERNAH IRI HATI

Untuk menjaga stabilitas hati dan kesehatan jiwa, kita harus menjauhi dari sifat iri hati. Menjauhi sifat iri hati bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena ini berhubungan dengan selera dan kemampuan mewujudkannya artinya agar tetap sehat dan terhindar dari iri hati adalah tetap bersyukur dalam kondisi apapun.

8. PEMAAF

Pemaaf adalah sifat yang sangat dituntut untuk mendapatkan ketentraman hati & jiwanya. 

Itulah tadi delapan rahasia yang membuat Rasulullah tetap sehat dan tidak mudah jatuh sakit, semoga kita bisa menteladaninya dan mempraktekan dalam aktivitas kita sehari-hari. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment