5 Bahasa Pemegroman Yang Populer Sampai Saat Ini - Lifestyle, Passion and Habit

Latest

Menampilkan Lifestle Passion and Habit Penulis

Thursday, November 14, 2019

5 Bahasa Pemegroman Yang Populer Sampai Saat Ini


5 Bahasa Pemegroman Yang Populer Sampai Saat Ini
5 Bahasa Pemegroman Yang Populer Sampai Saat Ini
Di Era global saat ini seluruh aktifitas tidak bisa dilepaskan dari Bahasa Pemograman atau Coding. Nah pada kesempatan ini birulangitid akan mencoba mengulas sedikit nih, coding yang populer di tahun 2019 ini. Ok langsung saja ya.

1. Java

Menurut data TIOBE, Java telah mengamankan posisi pertama dan kedua lebih dari bahasa lain selama sekitar beberapa dekade. Sejumlah besar perusahaan terkenal menggunakan Java untuk mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi jadi jika Anda kebetulan mengenal Java, Anda pasti tidak perlu berjuang untuk mencari pekerjaan. Alasan utama di balik popularitas Java adalah portabilitasnya, skalabilitas, dan komunitas pengguna yang besar.

Bahasa pemrograman yang satu ini memang populer dan dapat dijalankan di berbagai platform baik melalui PC, maupun perangkat mobile. Java memiliki beberapa kelebihan seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda.

Kemudian, Java termasuk ke dalam pemrograman OOP atau pemrograman orientasi objek, sehingga programmer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini.
Selain itu, bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga memudahkan Programmer. Aplikasi dalam telepon genggam Android juga dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programmer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.

2. Python – terus meningkat

15 tahun terakhir telah melihat pertumbuhan yang stabil dalam popularitas Python. Tahun ini juga, Python telah melihat kenaikan signifikan dalam indeks dan dianggap sebagai salah satu bahasa pemrograman paling populer. Itu telah mampu mengamankan tempat di 5 teratas indeks TIOBE selama beberapa tahun terakhir. Sebagai bahasa utama di balik beberapa teknologi yang paling menjanjikan, saat ini seperti AI, machine elearning, Big Data, dan robotika, Python telah mengumpulkan banyak penggemar dalam beberapa tahun terakhir. Anda akan terkejut dengan mengetahui betapa mudahnya mempelajari Python dan ini adalah alasan mengapa banyak pengembang berpengalaman memilih Python sebagai bahasa kedua atau ketiga mereka.

Python termasuk bahasa tingkat tinggi dalam tingkat bahasa pemrograman. Python juga menjadi salah satu yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile.

Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga.

Banyak perusahaan besar menggunanakan Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

3. Bahasa pemrograman C

Sebagai salah satu bahasa pemrograman tertua, C masih berdiri sebagai salah satu bahasa pemrograman teratas, berkat fitur portabilitas dan diadopsi awal oleh raksasa teknologi termasuk Microsoft, Oracle, dan Apple. Ini dapat bekerja dengan hampir setiap sistem dan sangat cocok untuk sistem operasi dan sistem embedded. Karena memiliki runtime yang relatif kecil, C membuat pilihan yang sempurna untuk menjaga sistem seperti ramping. Sangat direkomendasikan untuk pemula, C pada dasarnya adalah bahasa universal dari bahasa pemrograman dan telah melahirkan spin-off seperti C ++ dan C # yang juga cukup populer.

Bahasa pemrograman C ini dikembangkan dari sekitar tahun 70-an dan cukup populer di Indonesia. Karena, hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT, ataupun lembaga kursus pemrograman, menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa yang lain.

C imenjadi dasar untuk mempelajari bahasa yang lain, karena memang bahasa C ini merupakan "bapak" dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.

4. PHP

PHP sebagian besar digunakan pada sisi server untuk pengembangan web, akuntansi untuk sekitar 80% persen situs web di internet. Facebook memulai perjalanannya dengan PHP dan perannya dalam sistem manajemen konten WordPress membuatnya cukup populer. PHP menawarkan beberapa kerangka kerja seperti Laravel dan Drupal untuk membantu pengembang membangun aplikasi lebih cepat dengan skalabilitas dan ketahanan yang lebih besar. Jadi jika Anda mencari karir dalam pengembangan web, PHP bukanlah pilihan yang buruk untuk memulai.

PHP yang merupakan singkatan dari PHP: Hypertext Pre-processor yang merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain alasan gratis, PHP banyak digunakan karena merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis.

Selain itu banyak website ternama seperti Facebook, Wordpress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

5. JavaScript sangat penting

Pada umumnya pengembang perangkat lunak saat ini menggunakan JavaScript dengan cara apa pun. Digunakan bersama dengan HTML dan CSS, sangat penting untuk pengembangan web front-end yang membuat halaman web interaktif dan menampilkan konten secara dinamis kepada pengguna. Lebih dari 90% situs web menggunakan bahasa ini dan ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling ramah bagi para pemula. Jadi, tidak akan ada kekurangan peluang jika Anda menguasai JavaScript. Namun, Anda perlu mempelajari bahasa dan kerangka kerja pendukung lainnya untuk mengejar karier sebagai pengembang terdepan untuk pengembangan desktop, aplikasi seluler, atau game.
JavaScript tidak akan pernah hilang dari daftar bahasa pemrograman yang begitu kompetitif. Jika Anda ingin menjadi pengembang, Anda tidak akan bisa terhindar dari JavaScript. Anda akan bergantung pada bahasa ini untuk membuat situs web yang responsif dan interaktif.

Selain digunakan di sisi klien, JavaScript memiliki peran penting untuk digunakan pada server. Bahasa ini dikemas dengan kerangka kerja yang dibutuhkan dalam pengembangan web modern.

Demikian sedikit ulasan 5 Bahasa Pemograman yang paling populer dan masih banyak digunakan sampai saat ini. Semoga bermanfaat.

Sumber: ekrut.com, teknoiot.com, dan teknologi.id
 


No comments:

Post a Comment