3 Kelebihan Santri Menurut Menteri Agama Fachrul Razi - Kanal Informasi dan Inspirasi Pendidikan Terkini

Latest

Menampilkan Informasi dan Inspirasi Seputar Pendidikan Serta Kekinian

Tuesday, December 17, 2019

3 Kelebihan Santri Menurut Menteri Agama Fachrul Razi

3 Kelebihan Santri Menurut Menteri Agama Fachrul Razi
3 Kelebihan Santri Menurut Menteri Agama Fachrul Razi

Kalau mahasiswa sudah selesai kuliah biasanya di sebut mantan mahasiswa, kalau santri sudah selesai mondok, walau hanya mondoknya di pesantren kilat kaya kita-kita apakah lantas juga disebut mantan santri? Kalau menurut birulangitid g bisa disebut mantan santri, karena sebutan santri iti keren banget dan membanggakan, iya kan?Buat sobat birulangitid yang merasa seorang santri harus tau ini loh 3 kelebihan santri menurut Menteri Agama Fachrul Razi yang birulangitid kutip dari twitter kemenag RI, apa sajakah itu cekidot

1. Sehat

Menurut pak Menteri Agama, santri itu sehat-sehat karena terbiasa bangun sebelum subuh, karena kalau bangun subuh bahkan sebelum subuh maka akan mendapat asupan udara segar dan bersih yang belum tercemar dan menyehatkan. Selain itu akan lebih menyehatkan lagi kalau bangun sebelum subuhnya diawali dengan mandi, wuih dingin-dingin seger yang sangat baik untuk kesehatan, karena melancarkan peredaran darah dan memaksimalkan kerja-kerja sel motorik.

Lebih menyehatkan lagi jika sebelum subuhnya diawali dengan ibadah sholat tahajud dan tilawah Al-Qur'an yang dapat menenangkan hati, sehingga memberikan dampak kesehatan pada tubuh. Karena hati yang tenang akan membuat tubuh akan lebih sehat dibandingkan hati yang gelisah.

Jadi memang kesehatan itu adalah salah satu kelebihan para santri karena mengawali hari dengan aktivitas-aktivitas yang menyehatkan secara rohani dan badan.

2. Cerdas

Kelebihan santri yang lain adalah cerdas, bayangkan saja apa yang diajarkan kepada santri tidak semua diajarkan juga disekolah umum. Sehingga para santri harus belajar lebih ekstra giat. Kalau santri bukan orang cerdas pasti bakalan kesulitan dalam mengikuti pola pendidikan  yang diajarkan kepada para santri.

Santri disekolah tidak hanya mempelajari ilmu-ilmu agama saja, tetapi juga belajar ilmu umum, sosial, sains dan bahasa. Maka menjadi santri harus orang yang cerdas.

3. Amanah

Seorang santri harus amanah dalam menjalankan apa yang di amanahkan oleh orang tua, kyai dan para guru. Termasuk menjaga amanah dari para pahlawan. Menjaga amanah dari Allah dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta mendakwahkan kebaikan.

Itulah 3 kelebihan santri menurut menteri Agama Fachrul Razi, semoga kelebihan ini bener-benar ada dalam diri para santri sehingga menjadi pembeda.

No comments:

Post a Comment