Yuk Mengenal Program Studi Kriminologi - Lifestyle, Passion and Habit

Latest

Menampilkan Lifestle Passion and Habit Penulis

Friday, December 20, 2019

Yuk Mengenal Program Studi Kriminologi

Memilih jurusan untuk melangkahkan kaki ke perguruan tinggi merupakan sesuatu yang lumayan crowded juga lo sobat birulangitid, karena kalau sempat salah jurusan bakal nyesel atau merubah planing plan. Nah kali ini birulangitid bakal mereview salah satu program studi yang sepertinya bagus juga jadi pilihan buat sobat buat kuliah.

Yok Mengenal Program Studi Kriminologi
Yok Mengenal Program Studi Kriminologi

Apa yang ada di pikiran sobat ketika mendengar tentang kriminologi?

Berasal dari dua kata, yaitu crimen yang berarti kejahatan dan logos yang berarti ilmu, jurusan perkuliahan yang satu ini rupanya tidak hanya mengajari sobat mengenai kejahatan semata, lho. Mungkin banyak di antaranya yang membayangkan akan menjadi seperti detektif karena bekerja di Tempat Kejadian Perkara alias TKP, tapi apakah benar seperti itu? Kalau begitu, yuk simak artikel selengkapnya agar kamu lebih mengenal jurusan yang ‘langka’ ini!

Yok Mengenal Program Studi Kriminologi
Universitas yang memiliki program studi kriminologi

Kriminologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang penyebab kejahatan. Namun lebih dari itu, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari tentang perilaku menyimpang di masyarakat. Sobat perlu juga mempelajari tentang perilaku manusia untuk nantinya dapat mencari jalan keluar untuk mengelola atau menyelesaikan kejahatan tersebut.

Karena itulah mahasiswa jurusan ini dituntut untuk ahli dalam melakukan penelitian sosial. Mulai dari menganalisis tentang perilaku hidup masyarakat, hingga menganalisis suatu kasus menggunakan bermacam data dari berbagai disiplin ilmu.

Meski tenaga lulusannya cukup banyak dibutuhkan, faktanya hanya ada tiga universitas di Indonesia yang membuka jurusan kriminologi. Apa saja?

Universitas yang membuka Program Studi  Kriminologi adalah Universitas Indonesia berdiri pada 1 September 1962, Universitas Budi Luhur, dan terakhir adalah kampus di Riau yaitu Universitas Islam Riau berdiri sejak 10 Mei 2005.

Ilmu dasar yang di pelajari di Program Studi Kriminologi

Yup! Dengan memilih jurusan ini, sobat juga akan secara langsung mempelajari bidang ilmu lain seperti sosiologi, psikologi, antropologi, hukum, politik, hingga jurnalistik.

Nah, beberapa dari sobat mungkin pernah bertanya-tanya, apa sih perbedaan jurusan kriminologi dengan jurusan hukum? Meski hampir sama karena bersinggungan dengan kejahatan, namun kriminologi tak hanya sekadar menganalisan melalui pasal, namun juga harus menganalisa tingkah laku manusia yang melakukan kejahatan. Hal tersebut juga termasuk dengan lingkungan kejahatan, pelaku, sampai pada reaksi masyarakat terhadap suatu kejahatan.

Tidak hanya dari cara menganalisanya, kejahatan yang dianalisis oleh mahasiswanya pun bermacam-macam jenisnya. Beberapa bentuk kejahatan itu di antaranya adalah terorisme, kejahatan internasional, hingga kejahatan dalam bentuk digital seperti hacking dan cyber-bullying yang termasuk ke dalam cybercrime.

Prospek kerja Program Studi Kriminologi

Kalau memilih jurusan atau program studi dalam kuliah tentunya sobat pasti sangat memperhatikan bagaimana peluang kerjanya  setelah sobat lulus di prodi tersebut.

Prospek kerja program studi Kriminologi

Peluang kerja untuk program studi Kriminologi adalah sebagai

1. Penyelidik dan penyelidik kepolisian
2. Konsultan pablik dan privat dibidang pengamanan
3. Investigator publik dan privat
4. Peneliti dan pengajar
5. Analisa keamanan siber

Prospek kerja program studi kriminologi

6. Ahli antropologi
7. Detektif dan Investigator swasta
8. Analisa Intejen
9. Psikolog forensik
10. Manajer keamanan.

Banyak banget kan sobat peluang kerjanya, jadi ini bisa jadi alternatif pilihan kalau g lulus di kedokteran hehe. Semoga sukses sobat.

Sumber: twitter ditjen belmawa

No comments:

Post a Comment