Popular Posts

Sunday, March 22, 2020

Belajar Dari Wuhan dan Italia Berhadapan Dengan Covid-19

0 comments
By Muhamad Rokim

China khususnya Wuhan saat ini dalam kondisi pemulihan. Mereka baru saja menang dari perang besar melawan virus corona. Namanya perang pasti ada korban tapi akhirnya mereka menang. 

https://www.birulangit.id/?m=1
Penerapan Sosial Distanscing di wuhan

Kisah heroik kemenangan Wuhan tidak lepas dari kesadaran masyrakat dalam menjalankan protokol penanganan darurat corona di Wuhan. Masyarakat bersama pemerintah bahu-membahu dalam melawan corona. Masyarakat mengikuti dengan seksama protokol penanganan corona yang di tetapkan otoritas pemerintahan. 

Ketika protokol meminta mereka diam dirumah semua masyarakat menjalankan. Menjaga jarak ketika berbelanja semua menjalankan, melaporkan ketika terjadi gejala mereka melaporkan. Intinya adalah protokol penanganan di jalankan dengan maksimal. Butuh waktu 1 bulanan akhirnya mereka berangsur-angsur keluar dari crisis.

Pemerintahnya juga tidak kalah heroik. Mereka bergerak cepat dengan kelengkapam teknologi kesehatan yang luar biasa. Bahkan dalam waktu seminggu di Wuhan mampu dibangun Rumah sakit Khusus Corona.

Sinergi antara otoritas pemerintah dan dukungan pelaksanaan protokol penanganan corona oleh masyarakat membawa Wuhan berhasil bangkit dan keluar dari bencana Corona.

Italia, salah satu negara maju di eropa yang teknologi kesehatannya sangat maju di bandingkan negara di Asia Tenggara. Bahkan saya masih ingat beberapa teman kedokteran di kampus kami pernah studi banding di sana dan terkagum-kagum dengan kelengakapan teknologi kesehatannya.

Saat ini kondisi Italia adalah negara dengan jumlah persentase terbesar  yang meninggal dunia akibat virus Corona. Hingga tanggal 21 Maret kemaren sudah tercatat 4.032 orang meninggal dunia. Jauh lebih besar dibanding di China sendiri yang korban meninggalnya hanya 3.225 jiwa.

Dari berbagai berita media, bahkan pesan wa grup yang tersebar menggambarkan bagaimana crowditnya kondisi di Italia. Bahkan kabarnya dokter harus memilih siapa yang bisa diselamatkan dan tidak dari tingkat harapan tertolongnya. Salah satu penyebab dari kondisi ini adalah masyarakat belum bisa menjalankan protokol penanganan covid-19 dengan maksimal. 

Kabarnya setelah protokol penanganan di umumkan masih banyak masyarakat yang kumpul-kumpul diluar rumah. Lalu lalang keluar kota dan tidak mengindahkam intruksi otoritas pemerintahan sehingga membuat kondisi penyebaran virus semakin cepat.

Bahkan pemerintah Italia sampai tegas membuat aturan terkait hal ini. Bagi mereka yang tidak mengikuti protokol pengamanan di sanksi secara pidana karena membahayakan orang lain dengan wabah virus corona ini. Semoga Italia segera terlepas dari bencana Covid-19 layaknya china.


https://www.birulangit.id/?m=1
https://www.birulangit.id/?m=1


Sekarang Indonesia negara kita tercinta. Saat ini kita sedang masuk dalam tahap awal bencana Corona mulai menginvansi negara kita. Persentase meninggal dunia akibat corona di negara kita Lumayan besar sampai diatas 8%. Pertumbuhan pasien positif juga sangat pesat.

Saat ini giliran kita harus bantu pemerintah melawan corona. Dengan menjalankan protokol penanganan yang telah di tetapkan.

Kesehatan ada di tangan kita sobat, kita ingin segera seperti Wuhan atau Ingin segera seperti Italia. Pilihan ada ditangan kita.

Kami hanya bisa mengajak ayo bantu pemerintah.

No comments:

Post a Comment