Popular Posts

Sunday, March 22, 2020

Pakaian dalam Islam

0 comments
Lhttps://www.birulangit.id/?m=1

By Nurul Ramadhany
==================
Sebelum masuk ke pembahasan Pakaian dalam Islam, mari kita sedikit flasback terlebih dahulu tentang asal usul pakaian. Kalau googling di internet banyak pendapat tentang asal usul pakaian ini. Salah satunyanya ada yang mengatakan sekitar 170.000 tahun yang lalu, sekitar akhir zaman es (https://m.liputan6.com/global/read/2392998/asal-usul-manusia-berbusana)
Wallahu 'alam. 

Tapi, jika kita merunut kisah tentang Generasi pertama umat manusia yaitu Nabi Adam, sejak pertama Allah menciptakan Nabi Adam, beliau sudah mengenakan pakaian yang indah di syurga. Karena terpengaruh bujuk rayu syaitan untuk memakan buah Larangan di syurga, seketika itu juga lenyaplah semua pakaian yang melekat di tubuh Nabi adam dan Isterinya Hawa pada saat itu. Setelah itu merela menutupi auratnya dengan apa yang ada, seperti dedaunan.

Selain itu Pada Masa dahulu, orang -orang membuat pakaian dari kulit hewan. sebahagian Hewan hasil buruan misal Rusa akan dikuliti, dagingnya untuk dimakan dan kulitnya untuk dijadikan pakaian. Setelah dicuci, kulit dikeringkan, setelah itu kulit ditarik-tarik agar lentur dan selanjutnya digunakan untuk menutupi tubuh dengan cara dililitkan.
Akan tetapi, pakaian yang hanya dililitkan di tubuh tadi, kurang nyaman jika dibawa bekerja di ladang. Seseorang akan sering menghentikan pekerjaannya untuk membenahi pakaian yang melorot yang menyebabkan aurat juga tersingkap.

Suatu hari, seorang yang bernama Kanukh melihat seorang lelaki yang kerepotan dengan pakaiannya ketika sedang bekerja. Melihat hal itu, dia pun berpikir keras. Bagaimana caranya membuat pakaian yang nyaman sehingga tidak merepotkan orang ketika sedang bekerja. Beliau kemudian mereka-reka bentuk pakaian yang nyaman untuk dipakai. Kemudian beliau membuat pola di atas kulit binatang, memotong dan menyatukan beberapa potongan kulit sehingga jadilah pakaian yang berjahit. Kanukh kemudian menyerahkan pakaian itu kepada si lelaki. Teman -temannya pun kagum dan menanyakan siapakah yang membuat pakaian itu.  Si lelaki menyebut nama Kanuhk yang tidak lain beliaulah yang kita kenal dengan Nabi Idris. 

Orang-orang pun mendatangi nabi Idris,  "Ajarilah kami membuat pakaian seperti ini " pinta mereka Nabi Idris pun tersenyum dan mengajari mereka dengan senang hati. Beliau mengajar tanpa kenal lelah. Kemauan untuk terus belajar dengan ikhlas itulah yang menjadikan Nabi Idris sebagai manusia pertama yang pintar menjahit baju.

Seiring waktu, aneka bahan dan model pakaian pun berkembang sesuai kebutuhan. Pakaian bekerja berbeda dengan pakaian tidur. Manusia tidak lagi melilitkan kulit binatang. Manusia dapat menutup auratnya dengan sempurna. 

Nah.. di dalam Islam sendiri, pakaian itu bagaimana semestinya?
Berikut hasil rangkuman saya dari beberapa artikel tentang standar Pakaian dalam Islam, diantaranya :

1. Menutup Aurat
Firman Allah Qs. Al A'raf : 26

يَابَنِى اَدَمَ قَدْاَنْزَلْنَاعَلَيْكُمْ لِبَاسًايُوَارِىسَوْاَتِكُمْ وَرِيْشًاوَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ( 7 الاعراف : 26 ).

Allah berfirman:"Wahai Manusia sungguh Kami turunkan kepada kamu pakaian yang dapat menutup aurat kamu serta sebagai perhiasan dan pakaian taqwa itulah yang baik (Qs. Al-A'raf: 26) 

2. Tidak Tipis/Transparan
Rasulullah SAW bersabda: "Dua golongan ahli neraka yang belum pernah aku lihat ialah, satu golongan memegang cemeti seperti ekor lembu yang digunakan bagi memukul manusia dan satu golongan lagi wanita yang memakai pakaian tetapi telanjang dan meliuk-liukkan badan juga kepalanya seperti punuk unta yang tunduk. Mereka tidak masuk syurga dan tidak dapat mencium baunya walaupun bau syurga itu dapat dicium daripada jarak yang jauh." (HR. Muslim)

3. Tidak ketat sehingga tidak manampakkan lekuk tubuh

4. Pakaian Perempuan dan Laki-laki hatus beda
Pakaian yang khusus untuk lelaki tidak boleh dipakai oleh wanita, begitu juga sebaliknya. Rasulullah SAW mengingatkan hal ini dengan tegas menerusi sabdanya yang bermaksud: "Allah mengutuk wanita yang meniru pakaian dan sikap lelaki, dan lelaki yang meniru pakaian dan sikap perempuan." (Bukhari dan Muslim) Beliau juga bersabda : "Allah melaknat laki-laki berpakaian wanita dan wanita berpakaian laki-laki" ?(Abu Daud dan Al-Hakim).

5. Tidak berlebihan yang menyebabkan sombong atau angkuh
Sebagaimana Hadits Rasulullah yang diriwayatkan dalam Shahih Bukhari,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «لاَ يَنْظُرُ اللَّهُ إِلَى مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلاَءَ»

Artinya:
Dari Ibn ‘Umar Ra., Bahwasanya Rasulullah saw bersabda, Allah tidak memandang orang yang menyeret-nyeret pakaiannya dengan sombong.


Adapun Fungsi pakaian di dalam Islam adalah sebegai berikut:
1. Menutup Aurat

2. Sebagai Perhiasan
Perhiasan di sini harus diperhatikan bukan bermaksud Tabarruj ya, tapi lebih kepada kerapian dan keindahan, karena nabi suka pakaian yang rapi dan teratur. 

3. Sebagai penunjuk Identitas

ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذيْنَ
"yang demikian itu lebih mudah mereka(muslimah)dikenali dan mereka tidak diganggu.." (Qs. Al-Ahzab: 59)

4. Sebagai pelindung diri dari hal-hal yang merusak seperti : panas, dingin, angin, terik matahari yang dapat merusak kulit dll.

Jadi di dalam Islam,  dalam mengenakan pakaian jangan sampai menimbulkan fitnah dan menarik perhatian yang mencolok. Pakaian dan kreatifitas masyarakat dalam membentuk desain atau model pakaian tidak dilarang oleh Islam selama memenuhi prinsip-prinsip yang tidak bertentangan dengan syariatNya. Semoga dalam berpakaian kita bisa menyadari apa sebenarnya fungsi yang kita inginkan dari pakaian kita, sehingga kita termasuk hamba-hamba Allah yang mensyukuri nikmat-Nya dan terhindar dari sifat kufur terhadap karunia-Nya. Aamiin.

Wallahu'alam bisshowab

Wasalamualaikum wr w.
Nurul Ramadany AR
_Mom of Ghazi😘-

Referensi
1. 24 Nabi dan Rasul Teladan Utama Jilid 1 , Generasi Utama Umat Manusia (Syaamil Books)

2. http://muslimfashion-cira-butik.blogspot.com/2010/11/fungsi-pakaian-dalam-ajaran-islam.html?m=1

3. https://majalahnabawi.com/pakaian-sebagai-identitas-keagamaan-dan-kebangsaan/

4. http://caksyeh.blogspot.com/2013/12/adab-dan-fungsi-berpakaian-di-dalam.html?m=1

5. https://m.liputan6.com/global/read/2392998/asal-usul-manusia-berbusana

No comments:

Post a Comment