Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Friday, March 13, 2020

Pendaftaran Bantuan Litapdimas (Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian kepada Masyarakat) Tahun Anggaran 2021 Kemenag Segera Dibuka.

0 comments
Ayo sobat birulangitid yang homebasenya dibawah kemenag harus siap-siap ni. Karena pendanaan penelitian akan dibuka.

https://www.birulangit.id/?m=1
Pendaftaran Bantuan Litapdimas (Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian kepada Masyarakat) Tahun Anggaran 2021 Kemenag Segera Dibuka.


Dikutip dari kemenag.go.id Pendaftaran bantuan Litapdimas (Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian kepada Masyarakat) tahun anggaran 2021 segera dibuka. 

Hal ini ditegaskan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Admin Litapdimas di Serang, Kamis (12/03).

"Beberapa minggu ke depan, akan dibuka pendaftaran bantuan litapdimas untuk tahun anggaran 2021," terang Arskal. 

“Kehadiran tim admin ini diminta untuk mempersiapkan secara teknis operasional aplikasi yang sudah dibuat sehingga pada gilirannya tidak menghadapi kendala, termasuk juga dalam mengukur tingkat plagiasinya,” lanjutnya.

Guru Besar UIN Jakarta ini secara khusus menggarisbawahi persoalan plagiasi. Menurutnya, dalam dunia akademik, kata dan kalimat adalah properti yang harus dijaga kepemilikannya. Oleh karenanya, dosen tidak boleh sembarangan mengutip atau mengambil ide atau gagasan dalam sebuah naskah atau kalimat-kalimat yang tertulis dengan tanpa menyebutkan sumbernya.  Jika kita mengambil ide atau kalimat-kalimat dari orang lain dengan tanpa menyebutkan sumber kutipannya maka itu pelanggaran akademik yang sama seperti halnya kita mencuri barang milik orang lain. 

"Kita dituntut untuk jujur, termasuk dalam bidang akademik. Sebuah karya yang jika itu bukan tulisan kita maka harus disebutkan tulisan orang lain, jangan dinyatakan itu tulisan kita.  Oleh karenanya, regulasi tentang plagiasi harus ditegakkan. Untuk itulah, Diktis telah menyiapkan aplikasi pengukur plagiasi yang harus digunakan di masing-masing satuan kerja PTKIN,” pesannya.

Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Suwendi, menyatakan bahwa pihaknya berharap agar tim admin litapdimas dapat mengawal secara serius atas penyelenggaraan bantuan litapdimas yang akan dibuka ini. 

“Partisipasi dan peran admin sangat penting. Sebab, admin memiliki peran strategis. Admin tidak hanya berperan sebagai pelayanan teknis semata, tetapi asistensi ketika para dosen menghadapi kendala terkait aplikasi, kerahasiaan data, dan pusat data sekaligus,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Seksi Penelitian dan Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual, Mahrus, Kepala Seksi Publikasi Ilmiah, Iwan Yusuf, Kepala Seksi Pengabdian kepada Masyarakat, dan oleh seluruh admin PTKIN se-Indonesia.

No comments:

Post a Comment