Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Tuesday, May 26, 2020

Tim Kukerta UNRI Sinergi Bersama Satgas dan Puskesmas Karya Wanita Lawan Corona

0 comments
https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Ditengah kondisi wabah Covid-19 upaya pengabdian kepada masyarakat yang di lakukan oleh Universitas Riau terus dijalanka  sebagai bukti pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah dengan mengalihkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi KKN Relawan Covid-19. 

Tim Kukerta Relawan UNRI kembali turun ke lapangan untuk menjalankan tugas kemanusiaan. Kali ini tim Kukerta Relawan UNRI di pandu oleh SATGAS Kecamatan Rumbai dan petugas dari Puskesmas Karya Wanita Kecamatan Rumbai Pesisir untuk melakukan operasi jalanan guna mencegah penyebaran virus corona atau yang sering disapa Covid-19.

Tim telah menyediakan barang-barang penunjang keselamatan selama proses operasi berlangsung, seperti masker, sarung tangan latex, dan lain-lain.

Kali ini kegiatan dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB hingga selesai. Lokasi yang di pantau yaitu di Lajur Simpang Bingung, Palas. Dimana tempat ini merupakan salah satu jalan yang digunakan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik atau pulang kampung, serta menjadi salah satu jalan penghubung antar kota.

Kegiatan dibuka dengan apel pagi bersama anggota SATGAS dan Puskesmas. Apel ini bertujuan untuk memberi arahan kepada petugas yang berjaga hari ini mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Apel pagi dipimpin oleh Ketua SATGAS Kecamatan Rumbai. Kemudian dilanjutkan dengan operasi jalanan.

"Operasi ini dilaksanakan guna untuk mencegah masyarakat Pekanbaru keluar dari Kota Pekanbaru dan mencegah masyarakat yang berada di luar Pekanbaru masuk ke Kota Pekanbaru. Tentunya hal tersebut bertujuan memutus rantai penyebaran Covid-19," ucap Supriyadi selaku Ketua Satgas Kecamatan Rumbai.

Operasi jalanan ini dilaksanakan 24 jam terus menerus pada hari normal. Penjagaan dibagi atas dua shift, pagi hingga siang dan malam. Begitu pula dengan tenaga medis yang bertugas. Kali ini Puskesmas Karya Wanita bertugas di posko yang terletak di depan Pos Bhabinkamtibmas, Palas. Kegiatan yang telah dilakukan hari ini yaitu pengecekan setiap kendaraan yang mengarah keluar dan masuk Pekanbaru, memastikan seluruh pengendara beserta penumpang menggunakan masker selama perjalanan.

"Pelaksanaan PSBB telah masuk kepada tahap yang ketiga. Menunggu kembali arahan dari Walikota Pekanbaru apakah PSBB diperpanjang kepada tahap keempat atau tidak. Kebijakan mendirikan posko ini pun menjadi hal yang efektif dalam kelancaran pelaksanaan PSBB serta meminimalisir penyebaran Covid-19,"  tambah Supriyadi.

Tim Kukerta Relawan UNRI berharap agar segala usaha yang dilakukan oleh petugas-petugas baik dari tim Kukerta Relawan UNRI melawan Covid-19, tim SATGAS Kecamatan Rumbai serta tim kesehatan dari Puskesmas Karya Wanita Kecamatan Rumbai Pesisir berjalan dengan lancar hingga akhir.

No comments:

Post a Comment