Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, July 20, 2020

Ini Lima Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh

0 comments
https://www.birulangit.id/


Birulangitid-Meskipun PSBB telah dilonggarkan dan masyarakat diminta untuk siap menghadapi kenormalan baru, angka kasus COVID-19 di Indonesia terus meningkat.

Menjaga jarak, menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan tinggal di rumah sebisa mungkin, menjadi cara terbaik untuk mencegah penularan virus corona. Selain itu, kita juga perlu menjaga kekebalan tubuh untuk melindungi diri dari wabah yang mengancam nyawa tersebut.

Dilansir dari Mind Body Green, berikut saran dari para dokter dan ahli gizi dalam meningkatkan imun tubuh secara alami:

Bersikap baik pada diri sendiri dan orang lain

Menurut Anna Yusim, seorang psikiater, imun tubuh sangat bergantung pada kesehatan mental, juga sebaliknya.

“Depresi atau kecemasan membuat Anda rentan terhadap inflamasi dan infeksi. Dan risiko inflamasi yang tinggi meningkatkan kemungkinan Anda mengalami depresi,” katanya.

“Oleh sebab itu, salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda adalah dengan membuat pikiran dan emosi tetap positif, sehat, serta kuat,” imbuhnya.

Berikut tiga cara yang bisa dilakukan:
Ingat tiga hal yang Anda syukuri hari ini
Lakukan aksi kebaikan setidaknya dua kali per minggu
Hubungi teman yang sekiranya membutuhkan bantuan

Aktif bergerak dan batasi alkohol


Selain menjaga kebersihan diri, Julia Loewenthal, dokter penyakit dalam, mengatakan bahwa aktif bergerak bisa membantu melindungi Anda dari COVID-19. Lakukan olahraga secara rutin.

Anda juga harus membatasi konsumsi alkohol. “Ingatlah bahwa minuman tersebut menekan fungsi kekebalan tubuh,” ungkap Loewenthal.

Konsumsi suplemen vitamin


“Vitamin D yang cukup diketahui memberikan efek positif pada sistem imun. Mulai dari meningkatkan ekspresi genetika sel darah putih, membantu sistem kekebalan tubuh beradaptasi hingga mengatasi peradangan,” papar Alejandra Carrasco, seorang dokter dan ahli obat.

Tidur cukup dan teratur


Tidur yang cukup sangat penting karena sistem kekebalan tubuh tidak dapat bertahan tanpanya. Agar bisa mendapat tidur nyenyak, menururt Aviva Romm, dokter sekaligus ahli herbal, Anda bisa menambahkan suplemen penenang seperti magnesium atau membaca buku sebelum terlelap.

“Minyak lavender juga menjadi favorit saya saat ini. Itu sangat efektif, apalagi jika tidur Anda terganggu oleh kecemasan,” imbuh Aviva.

Untuk menggunakan minyak lavender sebelum tidur, cukup ambil langsung dari botol (berhati-hatilah agar tidak masuk ke hidung), gunakan diffuser, atau tambahkan beberapa tetes ke dalam bak mandi Anda.

Sementara itu, W. Christopher Winter, seorang ahli tidur, merekomendasikan untuk mengatur alarm waktu tidur dan bangun. Ini dilakukan untuk memastikan agar jadwal tidur Anda rutin setiap malamnya.

Mengonsumsi makanan bergizi

Maya Feller, ahli gizi, menyarankan untuk menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan pendukung kekebalan tubuh. Seperti camilan kaya akan vitamin C, jahe, dan bawang putih.

Itulah lima cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sekali lagi, strategi-strategi tersebut tidak langsung melindungi Anda dari COVID-19. Namun, setidaknya, ditambah dengan pencegahan lainnya, itu dapat membantu meningkatkan kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi.




No comments:

Post a Comment