Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Tuesday, July 7, 2020

Kronologi Lolosnya Satu Warga Ujung Batu Rohul Positif Covid-19 Sampai ke Jakarta

0 comments
https://www.birulangit.id/?m=1
Kronologi Lolosnya Satu Warga Ujung Batu Rohul Positif Covid-19 Sampai ke Jakarta

Birulangitid-Berikut kronologi lolosnya pasien positif covid-19  di bandara SSQ II Pekanbaru. Ketika sudah sampai di Jakarta keluar hasil swabnya adalah positif. Mari kita patuhi protokol kesehatan agar kita ssmua terhindar dari covid-19.

Sebagaimana dikutip dari halloriau.com Keterangan resmi Tim Gugus Tugas Covid-19, Senin, (6/7/2020) pukul 18.00 WIB, dari hasil swab diketahui 1 warga Ujung Batu yang kini berada di Jakarta, dinyatakan positif Covid-19.

Keterangan resmi disampaikan juru bicara (Jubir) Covid-19 Drs Yusmar, MSi mewakili Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Rohul, H Sukiman, didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul dr Bambang Triono, Direktur RSUD Rohul dr Novil Raykel dan Kabid P2P Diskes Rohul dr Darmadi Lubis.

"Pasien status positif bertambah 1 orang menjadi 3 orang, di antaranya Orang Tanpa Gejala (OTG), dengan rincian, 2 sudah sehat. Kini satu orang atasnama Tuan ES (57) warga Kecamatan Ujung Batu, pekerjaan wisraswasta terkonfirmasi berstatus positif dari hasil swab pertama, kini dia berada di Jakarta, tempat anaknya," jelas Yumar, di Media Center Covid-19 Rohul. 

Informasi Kadiskes, dr Bambang Triono, awalnya ES melakukan rapid test mandiri di Rumah Sakit Awal Bross Ujung Batu. Kemudian sehari kemudian melakuka swab. Hasil rapid test ternyata reaktif, dan pihak medis sudah menyarankan agar ES melakukan karantina mandiri. Namun yang bersangkutan sehari sebelum hasil swab keluar, dirinya berangkat ke Jakarta via Bandara SSQ II Pekanbaru.

"Di bandara SSQ II Pekanbaru, ES dirapid test hasilnya non reaktif, sehingga dirinya bisa berangkat ke Jakarta ke rumah anaknya. Setelah itu, hasil swab pertama keluar, SE ternyata positif. Kini kita berkoordinasi dengan ES dan anak serta keluarganya di Jakarta. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak Provinsi Riau, agar ES serta anak dan keluarganya di Jakarta dilakukan isolasi dan berobat di RS Jakarta," sebut Bambang.

Yusmar juga menyatakan, ES nantinya akan dilakukan isolasi, dan dilakukan kembali swab untuk kedua dan ketiga. Berharap, hasil swab ES nantinya negatif, sehingga ES bisa kembali ke Rohul. Sebelum sehat, ES akan menjalani isolasi mandiri serta perawatan terhadao ES dan anak serta keluarganya dengan berkoordinasi dengan Pemerintah DKI Jakarta. 

Direktur RSUD Rohul Novil, juga mengakui seluruh keluarga ES di Ujung Batu, serta pihak lain termasuk jemaah masjid tempat beribadah sudah didata sebanyak banyaknya untuk dilakukan rapid test apakah mereka ada kontak langsung dengan ES.

Yusmar juga menambahkan, saat ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) total 8.432 orang, dengan status masih dipantau 198 orang, selesai pemantauan 8.234 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berdasarkan keterangan Tim Medis, melalui Direktur RSUD Rokan Hulu dan hasil Rekap Surveilens Penanganan Covid 19, Dinas Kesehatan setempat ada penambahan 1 orang.

Sehingga PDP kini menjadi 67 orang, selesai perawatan sudah sehat 66 orang dan masih dirawat 1 orang. Upaya mengatisipasi serta pencegahan wabah bencana non alam ini, di daerah perbatasan masih dilaksanakan pemeriksaan dan terus sosialisasi pelaksanaan New Normal, dengan dihimbau kepada warga tetap berpedoman pada Protokol Kesehatan.

No comments:

Post a Comment