Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Tuesday, July 28, 2020

Tim Pengabdian Unri Mengolah Limbah Sabut Kelapa Mendaji Boneka Di Jorong Vi Koto Utara

0 comments

https://www.birulangit.id/search/label/Ngampus
Tim Pengabdian Unri Mengolah Limbah Sabut Kelapa Mendaji Boneka Di Jorong Vi Koto Utara


Birulangitid -Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau melakukan sosialisasi pengolahan limbah sabut kelapa menjadi boneka pada hari sabtu, (25/7/2020) di Lubuk Talang, Jorong VI Koto Utara Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakannya bersama dengan PKK Lubuk Talang yang diketuai oleh ibu Susi Tiarahmawati. Tim kukerta balek kampung ini dibimbing oleh bapak Muhd. Arief Al Husaini, S.T., M.T dan LPPM Universitas Riau. Tim ini beranggotakan 10 orang yang diketuai oleh Haris Sufantoro.

Inovasi pembuatan boneka dari sabut kelapa ini berawal dari hasil pengamatan daerah sekitar yang banyak terdapat limbah sabut kelapa namun hanya dibuang dan dibakar begitu saja. Padahal sebenarnya limbah sabut kelapa tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam hal salah satunya adalah boneka.

Kegiatan ini dimulai dengan perkenalan alat dan bahan. Setelah itu, mahasiswa Kukerta langsung melaksanakan proses pembuatan boneka dari sabut kelapa bersama dengan mitra.

Selama proses pembuatan boneka, mitra sangat antusias dan diselingi dengan canda tawa. Mereka membuat berbagai macam boneka yang diantaranya yaitu boneka bentuk beruang, boneka bentuk gajah dan boneka bentuk naga.

Boneka dari limbah sabut kelapa ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh Desa di Jorong VI Koto Utara.

“Setelah sosialisasi ini, harapan untuk masyarakat di Jorong VI Koto Utara bisa memanfaatkan limbah sabut kelapa menjadi boneka sebagai bentuk kerajinan tangan lokal dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh Desa” jelas Haris Sufantoro sebagai ketua tim Kukerta.

No comments:

Post a Comment