Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, September 9, 2020

Upaya Penangan Covid-19, Pemko Pekanbaru akan Menambah Tenaga Kesehatan

0 comments
https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sedang menghitung kebutuhan tenaga kesehatan (Nakes). Ada rencana penambahan tenaga kontrak untuk penanganan Covid-19.

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengungkapkan, Pemko Pekanbaru masih kekurangan Nakes. Apalagi saat ini penambahan kasus Covid-19 makin tinggi.

Ada beberapa formasi Nakes yang akan direkrut, diantaranya dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan tim analis. "Kita juga butuh tenaga kesehatan tambahan, tenaga kesehatan kontrak penanganan Covid untuk percepatan penanganan Covid," kata Firdaus, Rabu (9/9/2020).

Namun ia belum merinci jumlah Nakes yang bakal direkrut. Pemko masih menghitung kebutuhan yang ada di fasilitas kesehatan Pemko saat ini. Ia berharap pekan depan penambahan Nakes ini sudah dapat terealisasi, dan mereka dapat bekerja.

Nakes tambahan dibutuhkan seiring akan diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM). Mereka nantinya juga akan membantu dalam melakukan tracking (pelacakan) kontak erat pasien positif Covid-19.

Lanjutnya, dalam waktu dekat Pemko Pekanbaru segara akan merealisasikan pengadaan laboratorium biomolekuler berjalan. Saat ini pembelian alat dalam proses. Kemungkinan pekan depan sudah ada di Pekanbaru dan bisa langsung digunakan untuk memeriksa hasil test swab yang berasal dari Pekanbaru.

"Sebab bila menunggu hasil pemeriksaan laboratorium biomolekuler milik Pemerintah Provinsi akan memakan waktu hingga 3 hari karena over kapasitas. Karena lab milik provinsi hanya berkapasitas 1.500 per hari, sementara sampel sudah menumpuk," paparnya.

Sumber mediacenter.riau.go.id

No comments:

Post a Comment