Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Thursday, October 15, 2020

Kasus Pertama di AS: Pria 25 Tahun Terinfeksi Ulang Covid-19 Lebih Parah

0 comments
https://www.birulangit.id/

Birulangitid
-Seorang pria berusia 25 tahun di negara bagian Nevada, AS, telah tertular virus corona Covid-19 pada dua kesempatan terpisah, menurut penelitian di jurnal Lancet Infectious Diseases . Pasien itu mengalami sakit parah setelah infeksi kedua.


Seabgaimana dikutip dari CNBC, 13 Oktober 2020, melaporkan bahwa ini adalah kasus pertama yang dikonfirmasi dari seorang pasien AS yang terinfeksi kembali Covid-19, dan kasus kelima yang diketahui dilaporkan di seluruh dunia.

Penduduk Washoe County itu, yang tidak memiliki kelainan kekebalan yang diketahui atau riwayat kondisi mendasar yang signifikan, memerlukan perawatan di rumah sakit saat dites positif Covid-19 untuk kedua kalinya.

Dia sekarang telah pulih, namun kasus tersebut menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang prospek mengembangkan kekebalan pelindung terhadap virus corona.

Hingga saat ini, lebih dari 37,8 juta orang telah tertular Covid-19 di seluruh dunia, dengan 1,08 juta kematian terkait, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.

Kepala keadaan darurat di WHO mengatakan awal bulan ini bahwa "perkiraan terbaik" menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 10 orang di seluruh dunia mungkin telah terinfeksi oleh virus corona. Ini secara signifikan lebih tinggi daripada jumlah kasus yang dikonfirmasi.

Pada 25 Maret, jurnal medis yang ditinjau sejawat mengatakan dalam sebuah penelitian bahwa seorang pria berusia 25 tahun di daerah terpadat kedua di Nevada mengalami gelombang gejala yang konsisten dengan infeksi virus itu, termasuk sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, mual dan diare.

Dia dibawa ke acara pengujian komunitas yang diadakan oleh Distrik Kesehatan Kabupaten Washoe pada 18 April dan dinyatakan positif Covid-19 untuk pertama kalinya.

Gejala awal pasien itu sembuh total selama isolasi pada 27 April. Dia terus merasa sehat setelah itu dan dinyatakan negatif virus Corona pada dua kesempatan terpisah, pada 9 Mei dan 26 Mei.

Pria berusia 25 tahun itu mengalami gejala lagi mulai 28 Mei, kali ini termasuk demam, sakit kepala, pusing, batuk, mual, dan diare.

Pada 5 Juni, 48 hari setelah tes positif awal, pasien itu tertular virus untuk kedua kalinya. Kondisinya ditemukan dengan gejala "lebih parah" dari yang pertama.

Dia datang ke dokter perawatan primer dan membutuhkan perawatan di rumah sakit jika mengalami sesak napas. Dia kemudian pulih dan keluar dari rumah sakit.

Para ilmuwan mengatakan pasien tertular virus korona pada dua kesempatan terpisah itu bukan infeksi awal yang muncul kembali setelah tidak aktif. Perbandingan kode genetik menunjukkan “perbedaan yang signifikan” antara setiap varian yang terkait dengan setiap kejadian infeksi.

“Temuan ini memberi kesan bahwa pasien itu terinfeksi oleh SARS-CoV-2 pada dua kesempatan terpisah oleh virus yang berbeda secara genetik. Jadi, paparan SARS-CoV-2 sebelumnya mungkin tidak menjamin kekebalan total dalam semua kasus,” kata penulis studi tersebut.

“Semua individu, baik sebelumnya didiagnosis dengan Covid-19 atau tidak, harus mengambil tindakan pencegahan yang sama untuk menghindari infeksi SARS-CoV-2,” mereka menambahkan.

Untuk melindungi diri sendiri, WHO merekomendasikan untuk menjaga jarak fisik minimal 1 meter dari orang lain, memakai masker, menghindari keramaian, menjaga ruangan berventilasi baik dan membersihkan tangan secara menyeluruh dan sering.

The Lancet mengatakan pasien itu telah memberikan persetujuan tertulis untuk mempublikasikan laporan tersebut, dengan persetujuan etika dikeluarkan oleh University of Nevada, Reno Institutional Review Board.

Diasumsikan kasus kedua dari virus corona akan lebih ringan daripada yang pertama, sehingga masih belum jelas mengapa pasien Nevada itu menjadi lebih parah untuk kedua kalinya.

“Itu artinya adalah mungkin untuk terinfeksi kembali, hanya itu yang kita ketahui,” Dr. Simon Clarke, profesor di mikrobiologi seluler di University of Reading, mengatakan kepada CNBC melalui telepon.

“Itu tidak memberitahu kita bahwa kekebalan protektif tidak mungkin,” kata Clarke. “Perlu diingat bahwa ini mungkin hanya salah satu dari segelintir kecil infeksi ulang, mungkin sangat jarang, atau mungkin salah satu dari sedikit yang pertama di mana kita akan melihat lebih banyak pada waktu tertentu.”

Clarke mengatakan temuan itu "berpotensi" membuat kekebalan terhadap virus "jauh lebih sulit."

Laporan infeksi virus corona sekunder di Hong Kong, Belanda dan Belgia semuanya mengatakan bahwa mereka tidak lebih serius dari yang pertama. Namun, satu kasus di Ekuador mencerminkan kasus AS yang lebih parah, tetapi kasus ini tidak memerlukan perawatan rumah sakit.

No comments:

Post a Comment