Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, December 23, 2020

dr Indra Yovi: 10 Hari Diisolasi dan Tidak Bergejala, Tidak Beresiko Menularkan

0 comments


https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengatakan bahwa pasien terkonfirmasi Covid-19 yang sudah diisolasi selama 10 hari dan gejalanya telah hilang, maka tidak lagi beresiko menularkan virus kepada orang lain. 

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id "10 hari atau 13 hari lah kalau dari menteri kesehatan, maka orang sudah terkena Covid dan gejalanya sudah hilang maka dia tidak lagi beresiko," katanya di Ruang Rapat Kenangan Kantor Gubernur Riau, Selasa (22/12/2020). 

Namun ia menyayangkan karena masih banyak istitusi pemerintah bahkan swasta yang tidak memperbolehkan karyawannya untuk bekerja setelah selesai diisolasi selama 10 atau 13 hari. Karena harus diswab terlebih dahulu, dan jika terbukti negatif baru diperbolehkan untuk masuk bekerja. 

"Sebenarnya tidak boleh seperti itu, begitu dokter menyatakan Covid-19 berdasarkan resumenya sembuh. Walaupun tanpa ada dasar dari swab yang menyatakan negatif orang tersebut sudah sembuh dan beres, jangan lagi dilarang-larang apalagi pakai stigma," terangnya. 

Ia berharap penjelasan tersebut sampai keseluruh lapisan masyarakat, karena masih banyak yang belum mengetahui dan memahamnya, Berdasarkan pantauannya bukan hanya istansi pemerintah dan swasta saja namun rumah sakit juga melakukan hal yang sama. 

"Saya melihat rumah sakit juga ada seperti itu, perawatnya positif setelah diisolasi namun tidak diperbolehkan masuk sampai negatif, yang ada mereka kekurangan perawat sehingga kewalahan melayani masyarakat," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment