Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, February 3, 2021

BMKG: Riau Siap-siap Hadapi Kemarau

0 comments


https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memprakirakan bulan Februari jadi awal pertama masuknya musim kemarau di Provinsi Riau. Musim kemarau pertama ini berlangsung dari Februari hingga pertengahan Maret. 

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Hal itu disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki, Selasa (2/2/2021). Pada Februari mulai terjadi pengurangan curah hujan dan Riau harusnya sudah masuk waspada karhutla (kebakaran hutan dan lahan) sampai pertengahan Maret. 

"Februari, memang masih ada sisa hujan dengan intensitas hujan lebat dan tidak berpotensi banjir, hanya saja bisa menyebabkan genangan air. Curah hujan mulai menurun dari Februari hingga pertengahan Maret. Kemarau ini masih dalam kondisi normal dan belum masuk ekstrim," kata Marzuki. 

Pada Maret sampai April, dikatakan Marzuki, akan mulai masuk musim penghujan lagi. Hal itu disebabkan tipe iklim di Riau equatorial. 

"Daerah kita (Riau, red) masuk tipe iklim equatorial. Pada Februari mulai terjadi penurunan peluang hujan dibanding bulan sebelumnya," ungkap Marzuki. 

Lebih lanjut dikatakan Marzuki, pada Mei diperkirakan masuk transisi musim kemarau. Dimana bulan Juni sudah memasuki musim kemarau. 

"Untuk itu perlu kita waspada karhutla di wilayah Riau sampai pada pertengahan Maret dan Juni. Sedangkan akhir Maret sampai April masuk musim hujan pertama," katanya lagi. 

BMKG Pekanbaru memprediksi, sampai sekarang ini musim kemarau di Riau masih normal. Namun pihak BMKG Pekanbaru terus update apakah ada peningkatan kemarau menjadi lebih kering atau basah.

No comments:

Post a Comment