Kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Abdurab Sukses Laksanakan Kegiatan Di SMA PGRI Kota Dumai



Birulangitid-Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Abdurrab Tahun 2022 yang mengangkat tema “KKN Cerdas 2022 Religious, Adaptive, and Building” dilaksanakan pada tanggal 01-23 Agustus 2022. Mahasiswa peserta KKN disebar untuk berkegiatan di beberapa kecamatan dan kabupaten/kota di Provinsi Riau, antara lain Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kecamatan Mandau, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Rokan Hilir. Kelompok 4 KKN yang beranggotakan 9 orang mahasiswa yang keseluruhan berasal dari Kota Dumai, merupakan mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Dokter (1 orang), S1 Ilmu Pemerintahan (1 orang), S1 Psikologi (1 orang), dan S1 Farmasi (1 orang) dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang juga berasal dari Kota Dumai, Ibu Tyagita Widya Sari, SKM, M.Epid. Kelompok 4 KKN mengusung program kerja “Sekolah Cerdas” di SMA PGRI yang beralamat di Jalan Kesuma, Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai. SMA PGRI Kota Dumai didirikan sejak tanggal 31 Maret 1990 dengan status swasta dan kepemilikan di bawah Yayasan PGRI Kota Dumai.
 
 
Gambar 1. Foto Bersama DPL dan Anggota Kelompok 4 KKN Dengan Kepala Sekolah dan Siswa SMA PGRI Kota Dumai

Gambar 1. Foto Bersama DPL dan Anggota Kelompok 4 KKN Dengan Kepala Sekolah dan Siswa SMA PGRI Kota Dumai

 
 
Program kerja “Sekolah Cerdas” yang dilaksanakan meliputi program wajib antara lain membuat database siswa SMA, melaksanakan bimbingan konseling siswa untuk minat bakat, membuat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Terstandar, mengupayakan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Terstandar, Musholla Sekolah Terstandar, dan Toilet Terstandar. Kepala Sekolah SMA PGRI Kota Dumai, Ibu Noviatianora Lestari, S.Pd menyambut baik Kelompok 4 KKN, dengan menyampaikan bahwa “Kami berterima kasih atas segala hal yang telah diberikan dan dilakukan oleh kakak-kakak mahasiswa KKN selama 3 minggu ini. Kami harap para siswa anak didik kami akan dapat menjaga bahkan meningkatkan TOGA, UKS, Musholla dan Toilet yang telah diperbaiki sesuai standar tersebut.”
 
 
Gambar 2. Kata Sambutan dari Kepala Sekolah SMA PGRI Kota Dumai, Ibu Noviatianora Lestari, S.Pd

Gambar 2. Kata Sambutan dari Kepala Sekolah SMA PGRI Kota Dumai, Ibu Noviatianora Lestari, S.Pd


Gambar 3, Kata Sambutan dari DPL KKN Kelompok 4, Ibu Tyagita Widya Sari, SKM, M.Epid

Gambar 3, Kata Sambutan dari DPL KKN Kelompok 4, Ibu Tyagita Widya Sari, SKM, M.Epid



Selain program wajib, mahasiswa KKN Kelompok 4 juga melaksanakan program tambahan antara lain mendampingi siswa sebagai perwakilan sekolah dalam Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) oleh Dinas Kesehatan Kota Dumai pada hari Rabu tanggal 03 Agustus 2022 di Hotel Grand Zuri Dumai. Selain itu, mahasiswa KKN Kelompok 4 juga menaja kegiatan Peringatan Dirgahayu RI ke-77 dengan melaksanakan lomba antar kelas di hari Selasa tanggal 16 Agustus 2022 berupa lomba memasukkan paku ke botol, lomba estafet karet, lomba estafet tepung, lomba joget kursi, lomba joget balon, dan lomba menggambar. Selanjutnya, pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2022 diadakan Upacara Bendera dimana para siswa yang merupakan Petugas Pengibaran Bendera (Paskib) telah dilatih baris-berbaris sebelumnya oleh mahasiswa KKN Kelompok 4, dimana terdapat kegiatan penyerahan hadiah pada pemenang lomba di akhir. 
 
 
Gambar 4. Foto Bersama Setelah Upacara Bendera Peringatan Dirgahayu RI ke-77

Gambar 4. Foto Bersama Setelah Upacara Bendera Peringatan Dirgahayu RI ke-77



Program tambahan yang diadakan lainnya adalah Edukasi Kesehatan dengan tema “Infeksi Menular Seksual (IMS) dan Pergaulan Bebas” kepada para siswa pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dengan sasaran 41 orang peserta yang merupakan siswa kelas X, XI, dan XII. Kegiatan ini sekaligus merupakan kegiatan penutupan KKN dimana diawali dengan Kata Sambutan oleh Kepala Sekolah SMA PGRI Kota Dumai, Ibu Noviatianora Lestari, S.Pd, dilanjutkan dengan Kata Sambutan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ibu Tyagita Widya Sari, SKM, M.Epid. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi edukasi kesehatan oleh mahasiswa, disertai pengisian kuesioner pengetahuan siswa tentang IMS dan Pergaulan Bebas sebelum dan sesudah penyuluhan yang terdiri dari 20 item pertanyaan, diakhiri dengan sesi tanya jawab antara mahasiswa yang merupakan narasumber dan para siswa. Kegiatan ini juga diselingi dengan pembagian Brosur PMB Universitas Abdurrab sebagai informasi bagi para siswa apabila ada yang berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kegiatan perpisahan KKN ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari DPL KKN Kelompok 4 kepada Kepala Sekolah SMA PGRI Kota Dumai dan foto bersama. 
 
Gambar 5. Edukasi Kesehatan Tema “Infeksi Menular Seksual dan Pergaulan Bebas” Oleh Mahasiswa KKN Kepada Para Siswa SMA PGRI Kota Dumai