Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, March 1, 2023

Pemprov Riau Jalin Kerja Sama dengan Unpad, Undip, dan UPI

0 comments


Pemprov Riau Jalin Kerja Sama dengan Unpad, Undip, dan UPI

Birulangitid-Dalam rangka pembangunan Provinsi Riau yang lebih baik, Pemprov Riau jalin kerja sama dengan Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto bersama Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH, MHum serta Wakil Rekor IV UPI Prof Dr Bunyamin Maftoh, MPd, MA melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atas Memorandum of Understanding (MoU) di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Pekanbaru, Selasa (28/2/2023).

Adapun sejunlah poin kerja sama ini, adalah kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat.

Mengawali sambutannya, Gubernur Riau, Syamsuar yang dalam hal ini diwakili oleh SF Hariyanto mengatakan, kesepakatan bersama ini menjadi paondasi yang kokoh untuk memperkuat program kerja pemerintah dalam percepatan pembangunan di segala bidang.

Dijelaskan dia, secara konseptual penandatanganan kesepakatan bersama ini sangat dibutuhkan pemerintah daerah dan masyarakat. Dan melahirkan pemikiran pemikiran guna membangun negri yang dimulai dengan sumber daya manusia, infrastruktur, ekonomi di Provinsi Riau.

"Oleh karena itu momentum ini memiliki makna strategis sebagai kolaborasi untuk melaksanakan program kerja kedepan," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kesepakatan bersama ini merupakan wujud keinginan untuk saling bersinergi, pihaknya berharap melalui kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi daerah Riau.

"Tidak hanya terbatas pada peningkatan sumber daya manusia. Kami berharap potensi-potensi lainnya bisa disinergikan dengan universitas terkait," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan, kata SF Hariyanto, Unpad, Undip, dan Upi memiliki kajian dan penelitian yang dapat mendukung visi misi Provinsi Riau.

SF Hariyanto berharap peran aktif dari akademisi dan alumni yang tersebar di seluruh Riau untuk mengembangkan pikiran dan gagasan untuk membangun menuju riau yang lebih baik.

Langkah yang akan dilakukan setelah melakukan kesepakatan bersama ini, kata SF Hariyanto, ialah koordinasi dengan masing-masing PIC untuk bersinergi.

"Ke depannya kita menuju PIC masing-masing. Kemudian, berkoordinasi dengan pihak universitas. Jadi artinya dengan tim ini kita lakukan inovasi yang dibutuhkan untuk Provinsi Riau untuk mempersiapkan hal yang bisa disinergikan nantinya," jelasnya.

Selanjutnya, SF Hariyanto menegaskan bahwa Pemprov Riau siap mendukung untuk diadakannya beasiswa. "Untuk beasiswa, jika nantinya melalui kesepakatan ini memang dibutuhkan, ya apa salahnya, prinsipnya Pemprov Riau siap mendukung untuk beasiswa," ucapnya.

"Harapannya kita, mahasiswa ini yang dapat membantu pembangunan Riau kedepannya," pungkasnya.





No comments:

Post a Comment