Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, September 6, 2023

Meraih Peringkat 7 Olimpiade Sains Nasional, Gubri Sebut Riau Terbaik Nomor Satu di Sumatera

0 comments


Meraih Peringkat 7 Olimpiade Sains Nasional, Gubri Sebut Riau Terbaik Nomor Satu di Sumatera

Birulangitid-Provinsi Riau berhasil menempati peringkat 7 dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023. Hal ini membuat Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bangga dan senang, sehingga Riau merupakan daerah terbaik nomor satu di Pulau Sumatera.

“Pertama sekali saya ingin menyampaikan informasi kepada guru-guru dan seluruh siswa kita yang ada di Provinsi Riau. Alhamdulillah dalam perolehan medali olimpiade sains SMA sederajat yang telah selesai dilaksanakan, Provinsi Riau memperoleh peringkat 7 nasional. Dan kita nomor satu di Sumatera,” katanya.

Hal ini disampaikan Gubri Syamsuar saat membuka turnamen SMA Negeri 1 Bagan Sinembah (Smansa Bags) Cup III. Kegiatan itu digelar di lapangan SMAN 1 jalan Sisingamangaraja, Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (05/09/2023).

Dijelaskan, dengan memperoleh sebanyak 6 medali emas, 6 medali perak, dan 13 medali perunggu, dengan total 25 medali itu membuktikan saingan Riau adalah Pulau Jawa. Karena berdasarkan urutan perolehan medali emas, Riau setara dengan Jawa Tengah.

“Jadi saingan Riau ini pulau Jawa, karna peringkat satu itu DKI Jakarta. Kemudian Jawa Timur, trus ada Banten. Peringkat empat D.I Yogyakarta, kelima Jawa Barat. Selanjutnya ada Jawa Tengah dan disusul dengan kita (Riau). Meski kita peringkat tujuh, kita sama perolehan emasnya dengan Jawa Tengah. Tapi ini sedikit saja karna perbedaan jumlah medali perak,” jelasnya.

Tak ketinggalan, dirinya pun mengapresiasi seluruh pihak terkait yang telah mengharumkan nama Provinsi Riau. Gubernur Syamsuar juga berterima kasih kepada guru-guru karna sudah memberikan tunjuk ajar sehingga murid dapat berprestasi.

“Itulah hebatnya orang Riau dan pastinya berkat hebat guru-guru yang ada, pandai mengajarkan anak murid disini. Alhamdulillah karna kerja keras kita semua membuahkan hasil prestasi untuk anak Riau ini. Sekali lagi, terima kasih untuk guru-guru yang telah memberikan tunjuk ajar kepada muridnya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, jumlah peserta OSN 2023 tingkat nasional adalah sebanyak 1.475 peserta dari 38 provinsi di Indonesia. Para peserta terdiri dari 230 siswa SD/MI, 354 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta pada jenjang SMA/MA.

OSN tingkat SMA/MA digelar secara luring (offline) di Bogor, Jawa Barat 28 Agustus sampai 2 September 2023. Bidang yang di lombakan pada jenjang SMA/MA terdiri dari sembilan bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs dilombakan juga bidang matematika, IPA, dan IPS. Kemudian, untuk SD/MI hanya terdapat dua bidang perlombaan yaitu matematika dan IPA.

No comments:

Post a Comment