Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Tuesday, January 2, 2024

3 Kategori Peserta yang Wajib Buat Akun SNPMB 2024, Mulai 8 Januari!

0 comments

3 Kategori Peserta yang Wajib Buat Akun SNPMB 2024, Mulai 8 Januari!

Birulangitid-Tahapan registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa baru (SNPMB) 2024 tinggal menghitung hari, tepatnya pada 8 Januari mendatang. Proses ini wajib dilakukan karena menjadi syarat pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) ataupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Karena menjadi kunci awal agar peserta bisa mengikuti tahap seleksi secara keseluruhan, ada tiga kategori yang wajib membuat akun SNPMB 2024. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip dari postingan Instagram resmi SNPMB 2024, Sabtu (30/12/2023).

1. Sekolah

Sekolah memiliki kewajiban untuk menginput data pribadi dan nilai siswa sebagai landasan penentuan siswa eligible. Sekolah yang belum memiliki akun SNPMB, harus membuat akun dari tanggal 8 Januari hingga 8 Februari 2024.


Langkah ini penting dilakukan dan perlu menjadi catatan. Karena sekolah yang tidak memiliki akun, seluruh siswanya tidak dapat mengikuti seluruh seleksi SNBP 2024.

2. Siswa Lulusan Tahun 2024

Setelah data siswa secara keseluruhan diinput oleh sekolah di akun SNPMB, lulusan 2024 juga wajib membuat akun pribadi di portal SNPMB.

Akun ini akan berguna untuk mendaftarkan diri pada jalur seleksi SNBP dan SNBT. Jadi, sebagai calon mahasiswa baru pastikan untuk membuat, mengisi, dan menyimpan secara permanen seluruh data yang dibutuhkan ya!

3. Siswa Gap Year dan Lulusan 2022-2023

Untuk diingat, akun SNBP 2023 tidak bisa digunakan untuk 2024. Sehingga siswa gap year dan lulusan tahun 2022-2023 yang akan mengikuti SNBT 2024 diwajibkan membuat ulang akun di portal SNPMB 2024.

Langkah ini wajib dilakukan karena menjadi syarat untuk mengikuti UTBK-SNBT tahun ini. Jadi, pastikan teman-teman tidak lupa membuat akun baru di tahun ini ya!

Bagi sekolah, tahap registrasi akun akan dibuka mulai 8 Januari hingga 8 Februari 2024. Sedangkan untuk siswa, tahap registrasi akun akan dibuka mulai 8 Januari dan ditutup lebih panjang pada 15 Februari 2024.

Proses pengisian informasi siswa eligible oleh sekolah, dilakukan di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).Tak perlu khawatir dengan adanya perbedaan kurikulum karena PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP, Kurikulum 2013, hingga Kurikulum Merdeka.

Berikut cara untuk mengisi PDSS bagi sekolah pada 8 Januari hingga 8 Februari 2024 nanti:

1. Pengisian PDSS dilakukan di laman https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun SNPMB.

2. Cek informasi, profil, hingga jurusan sekolah

3. Di menu jurusan, tentukan jenis kelas di sekolah sesuai dengan jurusan yang ada di portal SNPMB

4. Lakukan finalisasi data dan jurusan dengan klik "Finalisasi Data Sekolah

5. Tambahkan daftar siswa eligible dengan memasukan NISN siswa tersebut
Baca juga:
Bisa buat SNBP 2024, Pendaftaran Olimpiade Unair Dibuka

6. Jika data sudah benar, klik "Finalisasi Data Siswa"

7. Lengkapi data kurikulum setiap semester dan mata pelajaran tiap semester

8. Finalisasi data kurikulum

9. Isi kembali data siswa eligible dengan memasukkan nilai siswa per semester pada tingkatan dengan mata pelajaran yang telah diambil

10. Finalisasi data akhir.

Nah itulah informasi tentang kategori yang wajib membuat akun SNPMB hingga cara mengisi PDSS bagi sekolah. Mengingat pentingnya langkah ini, jadi jangan terlewat jadwalnya ya sobat. Semoga berhasil!

No comments:

Post a Comment