Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Thursday, January 18, 2024

Persiapkan Segera Ini Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Dan Jadwal Seleksinya

0 comments


Persiapkan Segera Ini Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Dan Jadwal Seleksinya

Birulangitid-Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) masih memasuki tahapan registrasi akun yang akan digunakan untuk mendaftar SNBP dan SNBT 2024. Tidak hanya tentang SNPMB, informasi penerimaan 2024 juga memuat pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Seperti yang diketahui, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki potensi akademik tetapi berkebatasan ekonomi. Manfaat utamanya adalah jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi.

Selain itu, mahasiswa juga akan mendapat bantuan biaya hidup yang dibagi ke lima klaster besaran berdasarkan wilayah. Kelimanya sebesar Rp 800 ribu, Rp 950 ribu, Rp 1 juta 100 ribu, Rp 1 juta 250 ribu, dan Rp 1 juta 400 ribu per-bulan yang didasarkan pada hasil Survei Besaran Biaya Hidup dan Survei Sosial Ekonomi Nasional oleh Badan Pusat Statistik.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2024

Lalu kapan pendaftaran KIP Kuliah 2024 akan dibuka? Mengutip Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023 dijelaskan bila pendaftaran dilakukan bersamaan dengan pendaftaran SNPMB jalur pertama yakni SNBP.

Pendaftaran SNBP 2024 akan dimulai pada 14 Februari 2024. Dengan demikian, pendaftaran KIP Kuliah 2024 juga akan dimulai pada 14 Februari 2024 dan berlangsung sepanjang tahun hingga jalur penerimaan UTBK-SNBT dan jalur mandiri.

Ketentuan lain tentang pendaftaran KIP Kuliah yakni buka-tutup pemilihan jalur seleksi dilaksanakan H-1 dari jadwal seleksi nasional. Sehingga, setiap h-1 pembukaan pendaftaran di setiap jalur baik SNBP, SNBT, dan seleksi mandiri Sobat bisa mengunjungi laman KIP Kuliah untuk mendapat informasi terbarunya.

Laman KIP Kuliah resmi bisa dilihat di: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2024

1. Lulusan SMA/SMK/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus dua tahun sebelumnya. Dengan demikian, peserta yang bisa mendaftar tahun ini adalah lulusan 2024, 2023, dan 2022.

2. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk baik S1 atau Vokasi.

3. Pendaftaran bisa untuk penerimaan mahasiswa baru di PTN atau PTS pada program studi yang telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

4. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin, yang dibuktikan dengan:

Mahasiswa pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) pendidikan menengah.
Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial seperti Bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), dan Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).
Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil ketiga Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

5. Pertimbangan khusus bisa dilakukan dengan mendukung bukti dokumen yang sah, seperti:

Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4 juta setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750 ribu.
Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

Nah itulah informasi terkait pendaftaran KIP Kuliah 2024 yang akan dibuka sebentar lagi. Segera persiapkan syaratnya dan mendaftar pada 14 Februari 2024 mendatang yuk Sobat!


No comments:

Post a Comment