Monday, May 7, 2012

BELAJAR MEMAKNAI


Kata-kata makna sungguh sangat luarbiasa, memberikan inpirasi, merenggut impian, menjatuhkan marwah, bahkan sampai membangun kejayaan, semuanya bisa berasal dari satu kata yaitu makna, yang akan menulusup kedalam memaknai.

dalam setiap langkah kecil yang kita ayunkan akan banyak hal yang kita jumpai, baik hal yang memang benar-benar kita harapkan sampai hal yang sejujurnya kita selama hidup tidak ingin bertemu dengan yang gituan. nah disini kata MAKNA, berperan besar memberikan pandangan baru untuk setiap sesuatu yang kita hadapi dan harus kita lalui, jika kita ingin melangkah kedepan dengan kepastian dan kejelasan serta keberhasilan tentunya.

ketika kita salah mengambil makna dari hal yang akan kita lalui maka alamatlah kapal akan karam dilagu lancang kuning, mengambil makna merupakan tugas besar yang sulit layaknya nahkoda mengambil haluan untuk mengarahkan kapal, jika salah haluan yang diambil maka ini akan membuat alamatlah kapal akan karam atau celaka, disini peran pemaknaan terhadap suatu permasalahan sangat penting sekali, setiap pemaknaan yang diambil dari setiap kejadian secara tidak langsung akan menunjukan identitas disetiap individu dalam mengarungi kehidupan dibahtera yang penuh dengan nafsu, keserakahan serta ketidak berpihakan terhadap kearifan dan keunggulan pribdi yang membenarkan yang benar dan menyalahkan yang salah, sehingga episode kehidupan ini lebih melankolis ketimbang sinetron yang sudah disetting dengan sedemikian rupa.Identitas individu yang terlihat dari setiap pemaknaan yang diambil, menunjukan sifat kesatria, pecundang, pemenang atau bahkan sifat metamorfose untuk keamanan hidup saja, inilah mengapa memaknai setiap langkah kehidupan itu sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan dari setiap orang secara mutlak, karena akan menjadi sumber energi spritual baru yang menguatkan, jika semua yang dilalui dijalani dengan keihklsan dan kesyukuran kepada sang maha pengatur dan maha pemberi.

dalam kehidupan sudah lumrah ketika ada kesulitan pasti juga akan ada kemudahan, seperti yang telah disebutkan dalam alqur'an surah al insyiro sebagai berikut


karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.(QS al insyiroh 5-8)


bahwasanya setiap sesuatu yang telah Allah berikan kepada kita adalah rangkaian nikmat yang akan menghiasi disetiap kehidupan kita, baik itu berupa kebahagian maupun kesedihan, kelapangan maupun kesulitan, disini tergatung bagaimana kita memaknai hal-hal tersebut, jika kita maknai itu semua dengan kesyukuran dan keihlasan, maka bisa jadi rahmat Allah yang lain yang lebih luar biasa akan datang dari arah yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada AllDan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.ah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.(QS Ath Rhalaq 2-3)

memaknai perjalanan hidup merupakan pelajaran sekaligus guru yang sangat luar biasa untuk menjadikan kita semua sebagai insan yang menghiasi hari-hari kita dengan keimanan karena keikhlasan serta kesyukuran kita dalam berusaha yang terus akan kita ukir dan akan kita lakukan.

untuk memaknai kehidupan ini maka pilihlah makna yang nantinya akan mendekatkan kita dengan sang pencipta, dengan cintaNya, dengan rizkiNya, dengan keluangan waktu yang diberiNya, serta kesempatan yang terbuka karenaNya...

selamat berjuang para sahabatku, mari kita maknai perjuangan ini untuk mencari ridhoNya secara totalitas dan menyeluruh. Ingat sahabatku, hanya untuk ridhoNya!!!!

No comments:

Post a Comment