Tuesday, July 31, 2012

Kontrak Sponsor Yang Luar Biasa


Dunia sepak bola memang selalu gemerlap dengan limpahan uang yang tak pernah ada habisnya, dan bisa dikatakan dunia sepak bola merupakan pusat entertaiment terlengkap sangat menarik untuk di ikuti perkembangannya, informasi terbaru adalah mengenai kontrak klub-klub sepak bola dengan sponsor yang nilainya sangat luar biasa besar.

Dimulai dari Manchester Unted baru saja mengumumkan kerjasamanya dengan raksasa otomotif Amerika, Chevrolet sebagai sponsor resmi Manchester United untuk musim 2014/2015. Kerjasama antara raksasa otomotif dan raksasa sepak bola ini menyepakati kontrak senilai 20 juta euro per tahun atau setara dengan Rp240 miliar nyaris sama dengan nilai kontrak yang diterima Manchester Unted dengan perusahaan asuransi ION yang kini menjadi sponsor mereka.

Angka yang cukup fantastis tentunya bagi kerjasama Manchester United dan Chevrolet. Manchester United tidak sendirian, Liverpool dengan Standard Chartered dan Manchester City dengan Etihad juga melakukan kerjasama dengan nilai kontrak yang hampir sama yaitu sekitar 20 juta euro.

Tapi, pamor Liga Inggris yang terkesan mewah, tidak berarti mereka adalah klub-klub dengan nilai kontrak tertinggi dengan para sponsor. Barcelona justru menjadi yang nomor satu. 

Nilai kontrak sebesar 25 juta euro (Rp300 miliar) bersama Qatar Foundation menjadikan klub Spanyol ini sebagai klub dengan nilai kontrak tertinggi.

Posisi kedua juga ditempati klub non Inggris, yakni Bayern Munich. Berikut 10 besar klub sepak bola dengan nilai kontrak tertinggi bersama sponsornya: 

1. Barcelona - 25 juta euro (Qatar Foundation)

2. Bayern Munich - 23.6 juta euro (Deutche Telekom)

3. Manchester United - 20 juta euro (Aon)

4. Liverpool - 20 juta euro (Standard Chartered)

5. Manchester City - 20 juta eruo (Etihad Airways)

6. Sunderland - 20 juta euro (Invest in Africa)

7. Real Madrid - 16.8 juta euro (Bwin)

8. Chelsea - 13.8 juta euro (Samsung)

9. Tottenham Hotspur - 10 juta euro (Autonomy & Investec)

10. AC Milan - 10 juta euro (Emirates)

Sumber yahoo

No comments:

Post a Comment