Monday, October 29, 2012

Washing Hand


Untuk menjaga kesehatan sebagian orang berfikir sangat rumit dan tidak jarang memnuat orang semakin tertekan dengan kondisi kesehatan yang terjadi pada lingkungan, dan bahkan keluarganya, serta pada dirinya sendiri. Padahal menjaga kesehatan dapat dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu dengan mencuci tangan.



Tangan merupakan salah satu jalur utama bibit penyakit masuk ke dalam tubuh. Karena itu, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir menjadi wajib hukumnya untuk mencegah infeksi penyakit yang ditularkan melalui tangan.

Sayangnya, masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan kebiasaan sehat ini. Malah cenderung menggunakan cairan antiseptik yang dianggap lebih praktis.

Padahal, membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun menjadi cara termudah dan termurah untuk mencegah minimal 10 masalah kesehatan karena kuman.

Adapun stepnya untuk mencuci tangan sebenarnya sangat sederhana, tidak menggunakan step pun juga tidak masalah. Berikut ini saya akan tampilkan step buat membersihkan tangan.



Berdasarkan penelitian oleh Curtis V. Cairncross, mencuci tangan pakai sabun dapat menurunkan risiko diare hingga 47 persen. Di Indonesia, hasil penelitian Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Spektra terhadap 550 siswa di 11 kabupaten di Jawa Timur menunjukkan bahwa mencuci tangan pakai sabun, terutama makan, dapat menurunkan tingkat absensi anak akibat sakit diare hingga 11 persen.

Selain diare, penyakit lain yang dapat dicegah melalui cuci tangan dengan sabun adalah radang tenggorokan, masalah saluran pernapasan, disentri, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, jerawat, bau badan dan tipus.

No comments:

Post a Comment