Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, March 24, 2014

5 Kecanggihan Teknologi Smartphone yang Belum Dimaksimalkan

0 comments

Selama ini, smartphone seringkali digunakan sebagaimana ponsel biasa lainnya. Kalaupun ada, paling hanya digunakan untuk internetan, bermain game, atau berfoto saja.

Padahal, kalau mau digali lagi, sebenarnya masih banyak kegunaan dari smartphone ini. Karena, sebenarnya istilah smart dalam smartphone bukanlah terbatas pada hal yang disebutkan di atas saja.

Masih banyak hal penting yang sebenarnya bisa kita lakukan lewat smartphone. Hal-hal penting ini pun tak bisa dengan mudah kita lakukan saat belum punya smartphone.

Lantas, apa saja hal penting itu? Simak di sini. Sumber: Verizon Wireless


1. Jadi Satpam di Rumah

Saat ini, sudah mulai banyak industri teknologi yang coba 'pintarkan' rumah pengguna lewat smartphone. Dari mulai integrasi dengan CCTV hingga ada yang sudah mampu mengendalikan suhu ruangan, AC, nyala lampu, dan sebagainya.

Coba tengok layanan seperti Nest dan WeMo, dua layanan ini mulai dilirik banyak pengguna smartphone untuk dijadikan satpam dan pembantu di rumah pengguna. Tak heran juga kalau Google sampai berani gelontorkan uang banyak guna akuisisi Nest karena melihat adanya potensi bisnis dari rumah pintar ini.


2. Pengganti Kontak Mobil

Sering kehilangan kunci mobil? Anda tak perlu khawatir kalau sudah punya smartphone. Pasalnya, sudah muncul teknologi di mana smartphone akan menggantikan fungsi kunci kontak mobil Anda.

Salah satunya adalah Viper SmartStart dari Viper. Aplikasi ini bisa diinstal dalam smartphone dan kemudian digunakan untuk mengaktifkan mobil pengguna dengan cara yang mudah namun aman.


3. Jadi Kontraktor Pribadi

Tanpa disadari, sebenarnya pengguna smartphone memiliki segala alat pertukangan dalam genggaman tangannya. Karena, beberapa alat pembantu sudah tersedia bagi mereka lewat smartphone.

Beberapa aplikasi seperti iHandy Carpenter atau Smart Tools menyediakan beberapa alat ukur, kompas, hingga penggaris. Dengan beberapa kali klik, smartphone pun bisa gantikan meteran.


4. Jadi Perawat pribadi

Di tengah kesibukan kita yang makin padat, jangan sepelekan kesehatan organ kita terutama jantung. Pasalnya, sudah banyak kasus anak muda yang meninggal dunia gara-gara terkena serangan jantung.

Salah satu cara yang mudah untuk mendeteksi hal ini adalah lewat aplikasi kesehatan seperti Instant Heart Rate. Tentunya dengan sensor detak jantung, aplikasi ini mampu membuat smartphone Anda memeriksa kesehatan jantung terutama setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.


5. Jadi Pengganti Komputer

Di 2017, komputer desktop diperkirakan akan mati dan digantikan dengan perangkat yang lebih mobile seperti smartphone atau tablet. Pengguna pun nantinya akan melakukan tugas berat yang biasa dikerjakan lewat PC di smartphone.

Hal ini setidaknya mulai terlihat bagaimana Apple menyematkan prosesor 64-bit yang biasanya ada di komputer. Selain itu, mulai muncul aplikasi berat seperti Image dan Video editing di smartphone.

No comments:

Post a Comment