Thursday, October 23, 2014

Kuliner Ekstrim

Bagi sebagian orang, makanan adalah kesenangan, bagi sebagian yang lain terutama bagi yang menjalani diet ketat menganggapnya sebagai kutukan, tetapi bagaimanapun juga makanan dibutuhkan seumur hidup kita. Sebagian besar dari kita mengetahui apa yang sedang dimakan terutama kalau kita memasaknya sendiri di rumah.

Namun di luar sana banyak sekali variasi menu makanan yang lain dari pada yang lain. Di tambah lagi traveling tanpa mencicipi makanan khas destinasi tujuan wisata rasanya seperti jalan-jalan ke pantai tapi tidak bermain dengan ombak. Nah, bagi para pecinta kuliner ekstrim, berikut kami rangkum 5 wisata kuliner paling ekstrim di dunia.

1. Makanan Paling Berbahaya – Berbahan Dasar Ikan Fugu Yang Beracun

Jepang memiliki menu makanan kuno yang dibuat dari ikan Fugu. Ikan ini dikenal memiliki kandungan racun mematikan yang bisa merusak hati. Sebaliknya, jika diolah dengan benar, makanan ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.
Makanan khas Jepang berbahan dasar ikan fugu
Makanan khas Jepang berbahan dasar ikan fugu
Ikan Fugu, di Indonesia ikan ini dikenal dengan nama ikan buntal merupakan jenis dari ikan muara. Tingkat racun yang dimiliki ikan ini adalah yang paling mematikan kedua setelah katak racun emas.Tercatat sudah 6,8% orang meninggal gara-gara menyantap makanan ini ketika diolah secara amatir. bagaimana traveler, apakah Anda punya nyali mencicipi hidangan ini?

2. Truffle Putih – Makanan Termahal Di Dunia

Cristiano Savini, seorang pemburu truffle dari Tuscany di Italia utara, membuat penemuan terbaik pada Januari 2007 ketika ia menemukan sebuah truffle putih raksasa seberat 3,3 pound atau lebih dari 2kg. Cristiano berhasil menjualnya di pelelangan Macau dengan harga yang mengesankan yaitu sebesar $ 330.000 atau sekitar hampir empat milyar rupiah.
Truffle putih jamur termahal di dunia
Truffle putih jamur termahal di dunia
Sekedar informasi bahwa truffle tumbuhan sejenis jamur yang harga per ponnya (setara 0,5 kg) bisa mencapai 2.500 dolar AS atau sekitar Rp 17,5 juta. Tumbuhan ini memiliki dua varian yaitu white truffle yaitu truffle dengan harga jual paling mahal dan black truffle yang memiliki harga di bawahnya.

3. “Nyataimori atau Nantaimori” – Makanan Ternakal Di Dunia

Selain rasanya yang lezat, Sushi makanan khas negri matahari terbit juga dikenal dengan tampilannya yang berwarna warni. Beberapa restoran di Jepang mulai mulai berimprovisasi dengan menawarkan cara menghidangkan sushi yang cukup ‘nakal’.
Nyataimori atau Nantaimori
Nyataimori atau Nantaimori
Mereka menyebutnya menu ‘Nyataimori atau Nantaimori’, yaitu menghidangkan sushi di atas tubuh telanjang wanita atau pria. Selain menikmati makanan, orang juga disuguhkan pemandangan ‘nakal’. Hanya saja, pemandangan ini untuk sekedar dilihat, tidak boleh ikut dimakan. Jangan membayangkan tempat sajinya ya, nikmati saja hidangannya.

4. Tikus Bakar – Makanan Termurah Di Vietnam

Vietnam memiliki menu kuliner yang “gila” yaitu tikus bakar. Penduduk Vietnam telah memutuskan untuk bermusuhan dengan hama tikus yang telah merusak pertanian mereka. Sebegitu bencinya para petani di sana, sehingga mereka menangkap tikus-tikus itu namun tidak membuangnya melainkan mengolah tikus menjadi makanan.
Daging tikus panggang dari Vietnam
Daging tikus panggang dari Vietnam
Mungkin maksud para petani tersebut adalah ingin balas dendam kepada si tikus yang telah merusak pertanian mereka dengan cara menyantapnya. Bagi pecinta kuliner ekstrim yang ingin mencobanya jangan khawatir susah menemukannya karena di sore hari banyak penjual tikus bakar atau dipepes di pinggir jalan.

5. “CUY” – Makanan “Terlucu” Di Dunia

Cuy atau disebut marmut dalam bahasa Indonesia menjadi salah satu santapan yang disukai warga peru. Ketika masih hidup, mungkin marmut-marmut ini akan terlihat lucu. Tapi begitu mereka berada di atas piring, bagi orang Peru, ini merupakan makanan dengan sumber protein yang cukup besar.
"CUY" makanan khas Peru yang terbuat dari marmut“CUY” makanan khas Peru yang terbuat dari marmut
Makanan khas yang diberi nama ‘Cuy’ ini dipanggang utuh dari kepala hingga ekor, dan dihidangkan sebagai makanan keluarga pada acara-acara khusus. Pada zaman dahulu makanan ini adalah makanan khusus untuk persembahan suku Inca. Kini makanan ini sangat populer di Peru, bahkan saking populernya di Peru sampai ada festivel marmut.
So, apakah Anda sudah memutuskan ingin mencoba menu ekstrim yang mana?

No comments:

Post a Comment