Friday, December 2, 2016

Manfaat Buah TIN / ARA / FIG Bagi Kesehatan

Nama tin dari buah ara diambil dari bahasa arab dan menjadi begitu populer di seluruh penjuru dunia. Bagi anda yang beragama Islam tentu buah yang satu tidak lagi terdengar asing di telinga. Buah ara atau buah tin ini merupakan buah yang dijadikan sebagai salah satu nama surat pada kitab suci kaum muslim. Buah tin masih memiliki kerabat dengan pohon beringin yang sekarang ini telah banyak dibudidayakan di banyak negara. Walau masih jarang ditemukan di Indonesia, namun anda telah bisa menemukan bibit tanaman buah ara ini di pasaran. Buah tin termasuk ke dalam tanaman yang tidak kenal dengan musim sehingga dapat berbuah sepanjang tahun. Keunikan dari buah ara yang satu ini adalah ketika buahnya bewarna hitam, maka akan semakin manis rasanya.
 
Khasiat buah tin sudah cukup fenomenal sekali. Tidak hanya populer di kalangan masyarakat umum saja, tetapi manfaat buah tin juga telah disebutkan dalam Al-Qur’an, tepatnya di suat At-tin 1-2.


Berikut ini firman Allah SWT dalam Al-Qur’an dan hadits terkait khasiat buah tin bagi manusia.

Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:

Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok  (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad )”
Manfaat buah ara bagi kesehatan hingga kanker dan diabetes sangat ampuh dalam mengobati berbagai keluhan di tubuh. Keberadaan tumbuhan sebagai salah satu produsen bagi manusia memiliki begitu banyak manfaat dimana salah satunya adalah dalam bidang pengobatan. Buah ara atau yang dikenal pula dengan sebutan buah tin merupakan salah satunya. Buah ara memiliki banyak kandungan sehat berupa vitamin mulai dari vitamin A hingga Zinc yang bagus untuk mempersehat tubuh Manusia.
Kandungan Nutrisi Buah Tin / Ara
Nutrisi Buah Tin Segar
(100 gr)
Nutrisi Buah Tin Kering
(100 gr)
Calories (kcal) 74 Calories (kcal) 249
Fibre 3 Fibre 10
Fat 0 Fat 1
Protein 1 Protein 3
Sugar 16 Sugar 48
Vitamin A 142 Vitamin A 10
Vitamin C 2 Vitamin C 1.2
Vit B1 0.1 Vit B1 0.1
Vit B2 0.1 Vit B2 0.1
Vit B6 0.1 Vit B6 0.1
Sodium 1 Sodium 10
Potassium 232 Potassium 680
Calcium 35 Calcium 162
Phosphorus 232 Phosphorus 67
Magnesium 17 Magnesium 68
Iron 0.4 Iron 3.07
Manganese 0.1 Manganese 0.8
Copper 0.1 Copper 0.3
Selenium 0.2 Selenium 0.6
Zinc 0.2 Zinc 0.5
Kandungan Nutrisi tiap 100 gram Sumber: California Fig-s Advisory Boards











Banyak sekali kandungan baik yang dapat kita temukan dari buah tin. Namun sayangnya buah tin jarang dikonsumsi oleh masarakat Indonesia dan biasanya hanya digunakan sebagai oleh-oleh saat menunaikan ibadah haji. Hal ini cukup disayangkan karena buah ara ternyata mengandung banyak keajaiban bagi tubuh kita.

Di Indonesia buah tin masih dihargai dengan harga yang mahal mengingat masih jarangnya ditemukan penjual dari buah ini. Dengan kandungan yang begitu kaya akan nutrisi dan gizi tersebut tidak heran jika buah yang satu ini banyak diandalkan dalam menangani penyakit berat seperti jantung koroner dan kanker. Selain itu, bagi anda yang menderita susah tidur atau insomnia, anda dapat menggunakan buah tin sebagai salah satu solusinya. Buah tin atau buah ara juga baik untuk melancarkan program penurunan berat badan bagi anda yang tengah menjalankan program diet sehat.
Dengan beragam kandungan baik buah tin di atas, anda dapat:

Berikut  list manfaat buah tin:

1. Mengurangi kadar kolesterol di dalam darah
Manfaat buah ara yang pertama adalah untuk mengurangi kadar kolesterol. Di dalam Buah ara terkandung serat larut yang disebut dengan pektin. Serat larut pektin ini membantu tubuh dalam mengurangi kolesterol di dalam darah. Mengonsumsi buah tin mampu menyapu keluar bola-bola kolesterol dari dalam usus.

2. Mengatasi penyakit darah tinggi
Buah ara memiliki kandungan omega-6, kalium, fenol, omega-3 serta magnesium yang dapat membantu tubuh mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Mengatasi kencing manis
Penyakit kencing manis atau diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup banyak ditemukan. Kandungan serat di dalam buah ara mampu memperlambat penyerapan glukosa yang terjadi pada usus kecil. Keberadaan serat serta karbohidrat mampu mengontrol kadar gula dari dalam darah. Jadi, meskipun rasa buah ara cukup manis, namun buah ini aman bagi para penderita diabetes.



4. Mengatasi penyakit jantung koroner
Ada banyak sekali jenis penyakit mematikan di dunia ini dimana salah satunya adalah jantung koroner. Buah ara memiliki kandungan omega-3, omega-6, kalium, magnesium serta fenol yang tidak hanya mampu mengurangi tekanan darah tinggi namun juga menjaga tubuh dari penyakit jantung. Memasukkan buah ara atau buah tin sebagai menu harian sehat tentu menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan.


5. Mencegah osteoporosis
Kelainan pada tulang merupakan dampak kekurangan zat kalsium pada tubuh. Buah ara memiliki banyak kandungan kalsium yang akan membantu anda dalam mengurangi resiko  pengeroposan tulang atau osteoporosis. Rutin mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan kalsium juga membantu anda dalam meningkatkan kesehatan serta kekuatan tulang pada tubuh. Penelitian menyebutkan jika kandungan kalsium dari buah tin lebih banyak dibandingkan dengan kalsium yang diperoleh susu. Terpenuhinya kebutuhan kalsium di dalam tubuh membantu kegiatan kita lebih lancar dan tubuh terasa lebih ringan dalam bergerak. Kesehatan tulang sendiri merupakan sebuah aset yang berharga untuk menyambut masa tua nantinya.

6. Meningkatkan berat badan
Bagi anda yang memiliki berat badan kurang ideal, maka buah tin yang dicampur dengan susu merupakan solusi sehat bagi anda. Gabungan antara susu dan buah tin mampu meningkatkan berat badan tubuh supaya lebih seimbang. Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi keinginan bagi banyak orang.



7. Mencegah datangnya kanker kolon
Secara rutin mengonsumsi buah tin dapat mengurangi terjadinya resiko kanker kolon dan kanker payudara. Buah tin mengandung polyphenols yang tinggi. Zat ini merupakan antoksidan yang penting bagi tubuh. Antioksidan membantu tubuh dalam memerangi radikal bebas penyebab penyakit. Radikal bebas sendiri merupakan penyebab penyakit mematikan seperti halnya kanker dan jenis penyakit berbahaya yang lain. Buah ara memiliki kandungan serat yang tinggi yang berguna mengikat zat pemicu kanker.

8. Mencegah penyakit anemia
Penyakit anemia atau kekurangan darah merah merupakan jenis penyakit yang menyebabkan seseorang mudah merasa kelelahan serta pusing. Buah ara membantu pembentukan hemoglobin di dalam darah.
9. Mengatasi kelelahan
Beratnya aktivitas sehari-hari dapat memicu kelelahan pada tubuh. Buah tin dalam mengembalikan kondisi tubuh supaya lebih fit setelah beraktivitas. Selain menggunakan buah ara untuk mengatasi kelelahan, maka obat terbaik untuk mengatasi letih anda adalah beristirahat. Seimbangkan waktu anda antara bekerja dan beristirahat agar tubuh tidak mudah letih dan sakit.

10. Melancarkan BAB
Buah ara mengandung laksatif yang membantu melancarkan BAB. Buah yang satu ini sudah sejak dahulu dikenal sebagai obat pencahar serta obat bagi penderita sembelit kronis.

11. Mengatasi wasir dan ambeien
Buah ara bagus digunakan untuk terapi penyembuhan bagi penderita ambeien dan wasir. Buah ara memiliki kandungan enzim yang bernama ficin dan flavonoid yang dikenal sebagai zat yang bagus bagi pencernaan. Pencernaan yang baik membuat penyerapan nutrisi serta vitamin dapat menyebar dengan baik ke bagian- bagian tubuh kita.

12. Mengatasi gangguan pernapasan atau asma
Buah ara dapat membantu menormalkan sistem pernapasan serta mengatasi batuk rejan.

13. Anti virus dan anti tumor
Buah ara mengandung banyak benzaldehid dan phenol yang berguna dalam mengatasi mikro-organisme yang berupa virus, jamur dan patogen.

14. Mengobati sakit tenggorokan
Memakan buah ini membantu anda dalam mengatasi sakit tenggorokan karena mengandung lendir yang tinggi.

15. Bagus untuk diet
Masalah berat badan tubuh menjadi masalah yang cukup banyak dialami. Terutama bagi anda yang tengah menjalankan program diet, maka buah ara cocok digunakan sebagai menu sehat anda. Buah yang satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk menurunkan berat badan. Buah ini menjadi salah satu buah yang direkomendasikan oleh para ahli gizi serta ahli diet.

16. Mengatasi kanker prostat
Buah ara memiliki kandungan “coumarins” yang dapat mengurangi resiko terjangkitnya kanker prostat sekaligus merawat kesehatan kulit anda.

17. Bagus untuk wanita pasca menoupase
Mengonsumsi buah ara secara teratur dapat mengurangi terjangkitnya penyakit kanker dan jenis penyakit degerenatif lainnya bagi wanita yang telah memasuki fase menoupase.

18. Sebagai pembersih kulit yang alami
Buah tin merupakan pembersih kulit yang alami. Bagi anda yang memiliki jerawat membandel di kulit terutama pada bagian wajah, anda dapat mengatasi jerawat atau gangguan lain di kulit anda menggunakan buah ara. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan secara rutin mengonsumsi buah ara atau anda bisa juga menggunakan sebagai obat luar dengan cara menghaluskan buah ara lalu dioleskan pada wajah. Tunggu 10 hingga 15 menit. Buah ara memiliki kandungan mineral alkali yang bagus dalam menjaga keseimbangan pH tubuh dan kulit. Buah ara tentu cocok bagi anda yang ingin tampil menggunakan bahan yang alami.
19. Pengganti gula yang alami
Buah ara dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam pembuatan berbagai makanan seperti jeli, kue tart, jeli, kue atau bahakan puding. Penggunaan buah ara sebagai penganti gula ini telah banyak dilakukan di negara barat.

20. Dapat dikonsumsi oleh semua orang
Anak-anak, orang dewasa atau orang tua dapat memakan jenis buah yang satu ini. Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus sebagai makanan sehari-hari.

21. Sebagai peluruh batu ginjal
Bukan hanya buahnya saja yang bagus untuk kesehatan, namun daun buah ara juga memiliki kandungan yang bagi tubuh. Daun buah ara mengandung saponin serta alkaloid yang bermanfaat sebagai peluruh urine.



22. Menurunkan tingkat trigliserida
Manfaat buah ara yang terakhir adalah untuk mengurangi trigliserida. Daun buah ara tidak hanya berperan sebagai penghancur batu ginjal namun juga bagus untuk menurunkan tingkat trigliserida. Trigliserida sendiri merupakan lemak yang  terdapat dalam aliran darah. Mengonsumsi teh daun buah ara dapat membuat tubuh kembali segar.

Professor J. A. Vinson, U of Scranton, USA menyebutkan bahwa buah Tin tidak mengandung garam, lemak dan kolesterol, tetapi mengandung lebih tinggi kalium, serat dan zat besi. Hasil penelitian dalam 100gram buah Tin, mengandung 20% daripada keperluan zat serat seharian untuk tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut. Sehingga tin memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai berikut:
  1. Mengobati wasir, hal itu dikarenakan buah ini berfungsi melancarkan (buang air besar) dan menahannya.
  2. Mengobati encok – meresapnya asam garam (urat) dalam persendian bisa dibuktikan dengan penjelasan berikut.Encok disebabkan oleh berlebihan makan daging merah yang menyebabkan kerusakan asam amino, yaitu asam sel somatic. Buah tin memiliki kaitan dengan enzim yang khusus mengubah trimethyl menjadi asam folat. Enzim yang biasanya bekerja dalam satu sisi saja maka ia bekerja dalam dua sisi sehingga seimbang. Oleh karena itu, obat-obatan dari luar melemahkan enzim, tetapi buah tin bisa menormalkan kinerja enzim.
  3. Buah tin kering terkaya akan serat, tembaga, mangan, magnesium, kalium, kalsium, dan vitamin K, relatif diperlukan terhadap kebutuhan tubuh manusia.  
  4. Buah tin karena kaya kandungannya akan serat, maka mampu mengurangi berat badan. Oleh karena itu Buah tin sangat sesuai mengatasi masalah berat badan.
  5. Buah tin juga kaya dengan vitamin A dan B serta kadar tertentu dari vitamin C. Dan mengandung garam pokok seperti: Kalsium, fosfor, zat besi yang membangun pertumbuhan badan dan pembangkit tekanan darah.
  6. Kandungan-kandungan buah tin seperti serat, kalium, dan magnesium dapat mengurangi serangan angin dan mampu mengontrol tekanan darah tinggi.
  7. Dalam sebuah studi, 40 gram bagian buah tin kering (dua ukuran medium tin) menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kapasitas antioksidan plasma dalam darah.
  8. Gabungan zat yang terkandung dalam buah tin yaitu serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas, yaitu glukosa dan fruktosa mampu mengontrol kadar gula darah seseorang.
  9. Hasil penelitian dalam 100 gram buah Tin, mengandung 20% daripada kebutuhan zat serat harian tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut. Penelitian menunjukkan, bahwa serat terlarut bisa membantu gula dalam darah dan mengurangi kolesterol dalam darah dengan mengikatnya di dalam saluran pencernaan, manakala serat tidak larut, dapat melindungi dan mencegah kanker usus besar (koion) .  
  10. Tin memiliki jumlah yang lebih kecil dari banyak nutrisi lain, ia memiliki efek pencahar dan mengandung banyak antioksidan, merupakan sumber yang baik flavonoid dan polyphenol.
  11. Kandungan serat yang terdapat di dalam buah tin dapat memperlahan proses penyerapan glukosa di usus kecil, untuk itu sangat cocok bagi penderita penyakit kencing manis.  
  12. Buah tin dipergunakan sebagai bahan pelancar (laxative), penahan sakit dan unsur perkumuhan air kencing (diuretik).
  13. Buah tin mengandung khasiat yang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain, ia tidak mengandung garam, lemak dan kolesterol, tetapi mengandung lebih tinggi kalium, serat dan zat besi.
  14. Buah Tin dipercayai mempunyai bahan yang dapat melawan kanker, ia mengandung "polyphenols" yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan yang amat penting bagi tubuh, karena dapat berfungsi sebagai free radical dalam tubuh yang menyebabkan kanker.  
  15. Buah Tin juga mengandung unsur lain yang menjadi bahan anti kanker, yaitu "benzaldehyde" dan "coumarins". "Benzaldehyde" telah terbukti mampu bertindak sebagai bahan anti tumor sedangkan "coumarins" adalah untuk merawat kulit dan kanker prostate.
  16. Buah tin telah dikenal kemujarabannya oleh ahli pengobatan tradisional pada dekade terakhir ini, khususnya pengobatan herbal, dan diakui secara medis menyembuhkan berbagai penyakit seperti: Mengobati luka-luka, borok, flu burung, maag, gangguan sirkulasi menstruasi pada wanita dan luka bakar.
  17. Buah tin kering mengandung kadar gula tinggi, dan sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak, orang diet dan olahragawan, tetapi hendaknya dihindari oleh penderita gula tinggi dan kolesterol.
  18. Buah tin mengandung kalium, omega tiga dan omega enam yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner.
  19. Kandungan coumarin dalam buah tin dapat mengurangi risiko kanker prostat. Buah tin juga mengandung kalsium untuk mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang.
  20. Kandungan kalsium yang tinggi membuat buah tin dapat dimakan sebagai alternatif asupan kalsium bagi orang yang alergi terhadap produk susu.
  21. Kandungan trytophan-nya dapat menghindari insomnia dan membuat kualitas tidur yang baik.
  22. Pektin yang terdapat di dalam buah tin pun dapat membantu mengurangi kolesterol darah.
  23. Buah tin sangat efektif untuk proses penurunan berat badan karena kaya serat.
  24. Jika dikonsumsi secara rutin, dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara dan kanker usus besar.
  25. Rajin mengkonsumsi buah tin dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan daya memori otak, dan mencegah anemia.
  26. Efek pencahar yang terkandung dalam buah tin dapat membantu mengobati sembelit kronis.
  27. Buah tin kaya akan fenol dan benzaldehid yang berguna sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, jamur, virus dalam tubuh manusia.
  28. Selain buahnya, daunnya juga memiliki manfaat. Beberapa manfaatnya yaitu untuk obat kencing batu, diabetes, dan asam urat.
  29. Rebus lima ruas daun tin, lalu diminum airnyai. Air rebusan tersebut dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi ginjal.

Demikian manfaat buah tin, "MARI KITA HIJAUKAN PERKARANGAN RUMAH KITA DENGAN BUAH SURGA KAYA MANFAAT"
Sumber:  Foto
https://www.facebook.com/groups/fig.enthusiast/
https://www.facebook.com/IWayanSudiasaputragaruda/?notif_t=fbpage_fan_invite&notif_id=1480635878768513
Referensi dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment