Mengkonsumsi Yang Dingin-Dingin Ketika Berbuka Puasa Baik G ya? - Lifestyle, Passion and Habit

Latest

Menampilkan Lifestle Passion and Habit Penulis

Monday, May 20, 2019

Mengkonsumsi Yang Dingin-Dingin Ketika Berbuka Puasa Baik G ya?

marhaban ya ramadahan...
alhamdulillah qta berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan bulan spesial dan fenomenal karena semua amal kebaikan dilipat gandakan.

Nah dibulan Ramadhan ini qta sebagai seorang muslim yang baik, sholeh/ah, ganteng/cantik bakal menjalankan ibadah Puasa ( menahan diri dari banyak hal yang bisa membatalkan puasa g hanya makan dan minum saja looo). kalau dah jumpa dengan puasa pastinya bakal enak banget kalau buka puasanya dengan yang seger-seger. ya semisal ice cendole, soup fruit, ice tebak, ice tebu dan masih banyak lagi minuman seger lainya.

Mengkonsumsi yang seger-seger ketika puasa memang seakan harus, tapi perlu diinget juga ya guys bahwa yang seger-seger itu bukan berarti yang duiiingin. Karena seger itu yang ketika qta konsumsi bakal kerasa fresh nya yang paling penting adalah dapat menuntaskan dahaga.

Buat sobat yang menjalani ibadah puasa harus tau nih bahwa berbuka dengan banyak mengkonsumsi minuman yang dingin atau yang mengandung ice rupanya  g baik buat kesehatan. kenapa kok g baik buat kesehatan berikut ulasannya ya.

1. Memicu Radang Tenggorokan

Ketika kita berpuasa biasanya suhu tubuh qta akan meningkat ( G significan kayak orang sakit ya guys). Dalam kondisi suhu badan yang lebih hangat dari suhu ruang ketika dimasukan air dingin atau sesuatu yang dingin maka tubuh akan kaget sehingga direspon dengan keluarnya lendir di lapis-lapis tenggorokan. jika hal ini di biarkan maka akan dapat mengakibatkan radang tenggorokan bahkan sampai infeksi tenggorang yang dapat mengganggu pernapasan.

Efek lain bagi tenggorokan ketika berbuka dengan minuman dingin adalah menghilangkan rasa dahaga yang sementara saja. Jadi ketika kita minum dahaganya hilang tapi g lama bakal muncul lagi, jadi kayak kesegaran semu gtu. Pengalaman pribadi :)

2. Membekukan Makanan Berminyak

Berbuka Puasa dengan aneka gorengan di tambah lotek dan kolak dilengkapi dengan teh ice dan kerabatnya pasti ueeenak bangetkan. Eiitss tunggu dulu temen-temen harus tau ya bahwa makanan berlemak atau berminyak sangat tidak sehat lo kalau di konsumsi berbarengan dengan minuman dingin. Makanan yang berminyak itu bakal dibekukan lemaknya didalam tubuh qta jika konsumsi bersamaan dengan minuman dingin, yang pada akhirnya akan mengganggu proses pencernaan. Jadi g usah heran kalau lihat orang sering minum air dingin (ber Ice) perutnya jadi imut-imut g Sixpag lagi. hehehe

3. Masuk Angin Selepas Buka Puasa

G usah heran kalau lihat temen lo, habis buka puasa tambah lemes dan letoi, salah satunya adalah karena masuk angin dan akhirnya g bisa melanjutkan ibadah lain kayak tarawih. Rupanya salah satu penyebabnya adalah karena berbuka terlalu banyak mengkonsumsi minuman ber ice atau dingin. Jadi ketika minuman dingin masuk kelambung akan bereaksi dengan enzim yang ada di lambung sehingga menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman. Efek lain yang lebih berbahaya adalah dapat menyebabkan kram di otot perut akibat gas yang dihasilkan oleh minuman ber Ice dan enzim yang ada dilambung.

4. Mengcovert Nutrisi Makanan

Meminum minuman dingin sesering mungkin rupanya dapat mengkonvert nutrisi makanan yang kita konsumsi sehingga nutrisi tidak maksimal diserap di dalam tubuh. Suhu normal qta adalah 37 derejat  C. Saat qta mengkonsumsi minuman yang lebih dingin dari suhu tubuh qta makan tubuh akan membakar cadangan energi qta untuk mengembalikan suhu tubuh normal.

Apalagi setetlah berpuasa yang jelas tubuh kita bakal kekurangan cairan dan nutrisi dan ketika berbuka qta meminum minuman berice jadi rugi ya, dah kekurangan nutrisi, makanan yang masuk pun nutrisinya diconvert oleh minuman dingin.

5. Mengganggu Kinerja Jantung

Ketika tubuh mengkonsumsi minuman ber ice maka rasangan saraf vagus akan terganggu sehingga memperlambat detak jantung. Saraf vagus merupakan saraf yang berperan penting dalam kegiatan tak sadar tubuh salah satunya adalah detak jantung.

Nah itu 5 efek berbuka dengan yang dingin-dingin itu rupanya mengganggu banget bagi kesehatan qta. Tentunya qta g pengen puasa kita terganggu karena tubuh g sehat akibat makanan dan minuman yan  kita konsumsi. So ayo banyak-banyak minum air putih dan berbuka dengan yang hangat-hangat.

2 comments: