Saturday, June 22, 2019

CASHless By OVO

Di era milenial saat ini semua di buat serba praktis dan sangat sederhana, nah yang lebih enaknya lagi qta ini sudah dibuat g ribet-ribet lagi dalam melakukan banyak hal. Salah satunya adalah dalam penggunaan uang. iya penggunaan uang. kalau dulu pengen belanja maka harus tebel dompet qta dan tentunya inikan ribet banget kalau harus ngepoketin dompet yang tebal kan.?. Nah sekarang ini g perlu lagi karena sudah ada banyak banget layanan digital yang mempermudah qta dalam bertransaksi.



kelebihan layanan digital dalam bertraksaksi diantaran adalah

a. Lebih praktis dan aman

Uang tunai memiliki kecenderungan untuk menempati semakin banyak ruang penyimpanan, sedangkan uang elektronik yang umumnya kini berbentuk kartu chip based atau bentuk lainnya yang server based hanya memakan sedikit tempat atau bahkan sudah ada di ponsel pintar bawaan masing-masing. Sehingga bentuk uang yang lebih praktis sekaligus lebih aman dalam bertransaksi.

b. Menurunkan biaya pengelolaan uang fisik

Pengelolaan uang fisik, mulai dari percetakan uang fisik/tunai dan penghancuran uang fisik yang sudah tidak layak memakan banyak anggaran negara, yakni sekitar Rp3,5 triliun dalam setahun.

c. Perencanaan ekonomi lebih akurat

Dengan bertransaksi menggunakan uang elektronik, perencanaan ekonomi akan lebih akurat karena tiap transaksi cashless tercatat dengan baik dan akurat. Sedangkan transaksi uang fisik masih rawan dengan adanya praktik ekonomi terselubung, yang umumnya tidak tercatat dengan baik maupun akurat.

d. Meningkatkan sirkulasi uang

Transaksi uang elektronik atau cashless yang lebih praktis dan aman akan menstimulasi peningkatan sirkulasi uang dalam perekonomian negara.
Dari beberapa penjelasan di atas, tentunya transaksi pembayaran cashless semakin menarik dan menjanjikan untuk diterapkan. Tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam transaksi atau pembayaran cashless.

e. Cashless Menghemat Waktu

Transaksi tunai menurut Leo Kremer, Co-chief Executive of Dos Toros dilansir dari Forbes, menciptakan efek bottleneck, di mana terjadi kemacetan pada satu titik transaksi. Dengan menerapkan transaksi cashless pelanggan dapat lebih cepat memulai dan menyelesaikan sebuah transaksi dan bergerak ke kegiatan atau lokasi selanjutnya. Bukan hanya itu, dengan metode cashless, Anda juga tidak perlu lagi repot mencari uang untuk mengembalikan uang pelanggan dari transaksi penjualan yang terjadi.

 

Nah berikut adalah salah satu layanan digital yang membantu qta dalam kehidupan cashless yaitu OVO.

Tentang OVO


OVO merupakan aplikasi smart yang memberikan Anda kesempatan lebih besar mengumpulkan poin di banyak tempat. Anda bisa menggunakan OVO untuk bertransaksi di semua merchant bertanda OVO Accepted Here dan mengumpulkan serta menggunakan OVO Points di merchant bertanda OVO Zone.


Metode pembayarannya pun ada dua jenis, yakni OVO Cash dan OVO Points. 

Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran yang telah bekerja sama dengan OVO menjadi lebih cepat. Sedangkan OVO Points adalah loyalty rewards bagi yang melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant-merchant rekanan OVO. Untuk OVO Points sendiri, dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan OVO.


OVO menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengharuskan nasabahnya membawa cash terlalu banyak. Salah satunya cukup dengan menunjukkan aplikasi OVO yang didalamnya terdapat saldo cash maupun point. 

Disamping itu OVO juga menyediakan layanan pembayaran PLN, pembelian pulsa dan paket data sampai pembayaran tagihan BJPS yang membuat qta untuk menyeleseikan semua transaksi hanya dengan sentuh layar smartphone yang qta miliki. Juga memberikan banyak penawaran dalam bentuk diskon ataupun Cashback, jadi g heran kalau aplikasi digital ini banyak diminati untuk saat ini.

Salah satu fitur unggulan di OVO adalah OVO Pay Latter yang sistemnya hampir sama dengan cara kerja kartu kredit. jadi kalau qta-qta lagi bokek tapi pengen beli barang dan sudah ngebet banget maka  bisa pake fitur ini. Tentunya adalah barang-barang yang dijual di marketplace rekanan OVO ya guys.

Fitur lain yang g kalah keren adalah tranfer antar bank yang tanpa kena uang admin. Nah otentifikasi dari pengguna ovo basisnya adalah menggunakan Nomor telepon yang qta gunakan, jadi pastika kartu selulermu sudah terdaftar dan terintegrasi dengan data-data pribadi seperti KK dan KTP.

ok guys demikianlah sedikit ulasan tentang Cashless By OVO, jadi zaman semakin modern dan qta juga harus berkembang mengikuti zaman. Salam Literasi.

 

No comments:

Post a Comment