Monday, September 16, 2019

5 Inspirasi Keshalihan Presiden Ketiga RI Bapak Habibie

5 Inspirasi Keshalihan Presiden Ketiga RI Bapak Habibie
5 Inspirasi Keshalihan Presiden Ketiga RI Bapak Habibie
Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia pada tanggal 11 September 2019 pukul 18.05 WIB. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Banyak inspirasi yang dapat kita ambil dari sosok Presiden ketiga RI ini, diantaranya adalah hal-hal sebagai berikut:

1.Didik di Lingkungan Kleuarga yang Religius

Sebagaimana yang kita ketahui, sosok Habibie lahir dari keluarga yang religius. Ayahnya bahkan wafat ketika mengimami shalat keluarganya. Tak kurang dari 2 juz dalam sehari Ayahnya membaca Al-Quran. Jangan tanya keshalihan ibunya. Beliau ahli taklim, dalam sepekan tak pernah dilewati kecuali khatam Al-Quran.

2.Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan

Sampai suatu ketika, Pak Habibie merasa penasaran rahasia apa sih yang membuat mereka itu (orang yahudi yang satu kelas ketika menempuh pendidikan di Jerman) begitu cerdas, padahal Pak Habibie sudah begitu keras dan mati-matian dalam belajar. Sampai akhirnya dia bertanya ke orang Yahudi itu apa rahasia mereka bisa pintar? Diajaknyalah Habibie menginap di asrama orang Yahudi tersebut. Ketika menginap di sana, Pak Habibie kaget, karena jam 2 malam orang Yahudi itu sudah bangun, membaca buku, belajar.Didekatinya diam-diam. Lalu ditanyakan kepada orang Yahudi tersebut buku itu. Kamu membaca apa? Orang Yahudi itu kaget, terperanjat, dengan segera buku itu disembunyikan di balik badannya. Setelah lama berkutat, akhirnya Pak Habibie mendapatkannya. Ketika di buka ternyata itu adalah Al-Quran. Betapa kagetnya Pak Habibie. Lalu ia berkata, “Ini kan Al-Quran, kitab suci saya, kitab suci umat Islam. Kenapa kamu baca ini?”Orang Yahudi tersebut kemudian berkata, “Rudy… Seandainya umat Islam membaca Al-Quran dan menaruh perhatian kepadanya, maka niscaya mereka tidak akan pernah bisa dikalahkan. Inilah kunci kesuksesan umat Islam yang ditinggalkan oleh umat Islam sendiri.Akhirnya setelah menyadari hal itu, setiap jam 2 malam Pak Habibie selalu bangun, mandi, shalat tahajjud dan membaca Al-Quran, istiqamah dalam rutinitasnya.
 
5 Inspirasi Keshalihan Presiden Ketiga RI Bapak Habibie
5 Inspirasi Keshalihan Presiden Ketiga RI Bapak Habibie
3.Membaca Al-Quran Untuk Memantaskan Diri Sebagai Penghuni Surga

Kita pun bisa menemukan inspirasi lain dari beliau. Pak Habibie suatu ketika ditanya, “Di sisa waktu-waktu yang Bapak miliki, mau dipakai apakah waktu yang sangat terbatas ini?”Presiden ketiga ini dengan nada khasnya menjawab, “Saya akan habiskan waktu untuk membuat pesawat R80 agar bangsa Indonesia bisa memiliki pesawat sendiri. Sebagian waktu yang lain, akan Saya  gunakan untuk membaca Al-Quran sebanyak-banyaknya. Saya ingin bertemu dengan Ibu Ainun. Ibu Ainun itu orang yang baik, orang yang shalihah, rajin beribadah, saya yakin Ibu Ainun ada di surga. Maka saya harus membaca Al-Quran untuk memantaskan diri, supaya bisa bertemu Ibu Ainun di surga”.

4.Ilmu Agama Lebih Penting dari Semua Ilmu

Dalam sebuah kesempatan konfrensi di Mesir, Pak Habibie pernah berkata, “Saya ini adalah seorang teknokrat, saya bisa membuat pesawat terbang, saya memiliki ilmu itu. Tapi setelah saya sadari, bahwa ada yang lebih penting dari itu semua, yaitu ilmu agama.”

5.Gemar Belajar, Ibadah, Dan Membaca Buku 

Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA pun pernah bercerita tentang kedahsyatan Pak Habibie ini, semata-mata karena didikan orangtua yang mendidik Pak Habibie seperti Imam Nawawi, gemar belajar, ibadah, dan membaca buku.

Itulah inspirasi yang bisa kita ambil dari presiden ketiga Republik Indonesia ini, yang rupanya sangat sholeh sekali dan sangat dekat dengan Al-Qur’an. Semoga kita semua mampu mengambil inspirasi beliau ini untuk mengambil teladan dalam mengejar keberhasilan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment