Buat Mahasiswa UNRI Iniloh Tips Agar Pengajuan Pengusulan Penurunan UKT di Kabulkan - Lifestyle, Passion and Habit

Latest

Menampilkan Lifestle Passion and Habit Penulis

Tuesday, October 22, 2019

Buat Mahasiswa UNRI Iniloh Tips Agar Pengajuan Pengusulan Penurunan UKT di Kabulkan

Buat Mahasiswa UNRI Iniloh Tips Agar Pengajuan Pengusulan Penurunan UKT di Kabulkan
 Buat Mahasiswa UNRI Iniloh Tips Agar Pengajuan Pengusulan Penurunan UKT di Kabulkan
Apakabar sobat birulangit, saat ini kan sedang beralngsung proses pengusulan penurunan UKT bagi Mahasiswa Universitas Riau. Jadi ini kesempatan emas buat yang merasa memang keberatan dengan Uang Kuliah Tunggal saat ini yang di bebankan kepada sobat birulangit. Tapi sebelum itu ada baiknya kita perlu tau juga ni sobat, apa sih UKT itu?

Nah UKT atau Uang Kuliah Tunggal merupakan Sebagian uang kuliah yang ditanggung oleh orang tua/wali mahasiswa. Kemudian ada yang disebut dengan Biaya Kuliah Tunggal: Nah ini merupkan biaya yang dibutuhkan untuk menempuh studi pada program studi tertentu selama satu semester. Nah perhitungan Penentuan UKT sebagai berikut:

Uang kuliah seharusnya/semester =  BKT/semester – Subsidi pemerintah/semester

Dari Rumus diatas maka di dapatlah berapa UKT sobat sekalian.

Rata-rata subsidi pemerintah ke Universitas Riau per satu mahasiswa adalah Rp 2.500.000,- per tahun atau per  semester sebesar Rp 1.250.000,-). Jadi sebenarnya Uang Kuliah yang seharusnya sobat bayar adalah Uang Kuliah Tunggal + Subsidi pemerintah Rp 1.250.000, artinya jika UKT 5 sebesar 5 Juta maka sebenarnya biaya uang kuliahnya adalah Rp 6.250.000,-.

Kalau sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal maka Kampus atau Perguruan Tinggi tidak boleh lagi memungut uang dari mahasiswanya kecuali 3 hal berikut:
1. Biaya KKN, 
2. Biaya praktikum, 
3. Biaya pengobatan yang bersifat lanjut di klinik


Dalam Penetapan UKT sendiri ada beberapa kriteria pokok yang menjadi peninjaun sebagai dasar penetapan yaitu sebagai berikut:

1. Kepemilikan Kartu Miskin/Kartu Perlindungan Sosial
2. Jenis profesi/pekerjaan orang tua/wali
3. Penghasilan orang tua/wali (penghasilan adalah semua penghasilan tetap dan bruto)
4. Jumlah tanggungan dalam Kartu Keluarga
5. Jumlah tanggungan yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi
6. Status kepemilikan hunian
7. Luas hunian
8. Keadaan dinding hunian
9. Keadaan lantai hunian
10. Keadaan atap hunian
11. Total luas lahan yang dimiliki
12. Pemakaian listrik dalam satu bulan
13. Kepemilikan kendaraan bermotor roda-2 dan roda-4
14. Tagihan pajak kendaraan bermotor roda-2
15. Tagihan pajak kendaraan bermotor roda-4

Buanyak banget ya kriterianya, makanya penentuan UKT tidak sembarangan karena ini juga bakal menentukan keberlajutan Mahasiswa dalam melanjutkan studi. Kalau salah menetapkan bisa keberatan dan akhirnya lebih milih g jadi kuliah karena tidak mampu. Salah memberikan data seorang mahasiswa bisa langsung masuk ke UKT paling atas apabila terindikasi ada penipuan data.

Nah saat ini sedang berlangsung proses pengajuan penurunan UKT, berikut beberapa tips agar pengajuan penurunan UKT sobat sekalian di terima:

1. Yang wajib teman-teman penuhi dan paling utama adalah yang di sampaikan di poin pertama syarat pengajuan revisi UKT yaitu adalah adanya perubahan mendasar penanggung biaya/uang kuliah yang disebabkan oleh PHK, Sakit Kronis, Cerai, Wafat dan Pensiun

Jadi sobat sekalian harus memenuhi kondisi diatas, jika tidak terpenuhi salah satu kondisi tersebut sebaiknya jangan mengajukan karena percuma hanya capek-capek saja. Kondisi diatas juga akan di tinjau lagi kleuarga dekatnya seperti apa, apakah bisa memberikan bantuan atau tidak.
2. Ajukan sesuai waktu yang di tetapkan jangan sampai terlambat, paling lambat tanggl 31 Oktober 2019.

3. Kalau sobat sudah masuk kelompok UKT 2, dan 3, apalagi jika kamu masuk jalur mandiri dan bina lingkungan mendingan g usah mengusulkan karena bakal sia-sia

4. Lengkapi syarat lainya seperti ketika pengajuan di awal dulu, dan perhatikan legalitas semua persyaratan, jangan sampai lupa stampel, usahakan surat pengantar minimal tingkat kelurahan.

5. Beri keterangan yang jelas apa sebab utama penurunanya kenapa, so kembali ke tips 1. 

Nah itulah sobat tips agar pengusulan penurunan UKT dapat diterima/dikabulkan, yang terpenting adalah kejujuran data, karena kalau tidak benar datanya dan terbukti tidak benar ya siap-siap saja melambung ke UKT tertinggi, bahkan bisa jadi bakal kena sanksi akademis.

 

No comments:

Post a Comment