Saturday, October 19, 2019

Jadi Data Scientist Gajinya Gede Banget

Jadi Data Scientist Gajinya Gede Banget
Jadi Data Scientist Gajinya Gede Banget
Sobat birulangit, ada yang pernah denger tentang Data Scientist? Atau. ada yang nantinya mau jadi seorang data scientist?

Buat yang belum pernah denger, data scientist adalah salah satu profesi di dunia digital yang baru aja naik daun dalam beberapa tahun terakhir. FYI, 10 tahun lalu, bisa dibilang nggak ada yang kenal dengan profesi ini, Iho. Makanya, nggak heran kalau banyak yang masih belum familiar dengan profesi satu ini.

Jadi, profesi data scientist itu seperti apa, sih?

Data scientist adalah salah satu profesi yang berada dalam bidang interdisipliner dengan fokus pada teknologi informasi. Simpelnya, seorang data scientist mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan suatu organisasi atau badan usaha. Hasil analisa tersebut biasanya berjumlah sangat besar. baik terstruktur maupun tidak terstruktur.

Sebenarnya, sebelum era big data, profesi-profesi serupa seperti analis data dan business intelligent sudah dikenal oleh para pelaku bisnis.

Tapi, kedua pofesi di atas hanya fokus pada penarikan hasil analisa, sedangkan data scientist memiliki "kewajiban" tersendiri untuk melakukan eksperimen berdasarkan hasil temuan agar dapat memberikan saran dan masukan yang paling tepat untuk dilakukan organisasi atau badan usaha terkait dengan manajemen strategi mereka selanjutnya.

Nah, sampai sini, pastinya kamu udah paham, dong. ya, kenapa profesi ini dinamai dengan Data scientist?

Kalau di dunia kerja, kurang lebih job description seorang data analyst adalah sebagai berikut.

1. Memberi saran berdasarkan hasil temuan analisis yang sudah diuji. Tujuannya, membantu klien untuk meningkatkan pelayanan.

2. Bekerja barengan anggota tim yang lain untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan hal-hal yang
harus ditindaklanjuti.

3. Helakukan penelitian, medesain, dan menganalisis berbagai sumber data untuk mencapai hasil yang ditargetkan.

Pada penasrankan berapa besar gaji para data scientist, menurut kompas gaji fresh graduate seorang data scientist mencapai 15 jutaan/bulanya. Itu yang fresh graduate lo sobat. Kalau yang sudah profesional tentunya bakal lebih waw lagi gajinya.


No comments:

Post a Comment