Anggaran Penelitian Berdasarkan Klasterisasi Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi 2019 - Lifestyle, Passion and Habit

Latest

Menampilkan Lifestle Passion and Habit Penulis

Monday, November 25, 2019

Anggaran Penelitian Berdasarkan Klasterisasi Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi 2019


 
Anggaran Penelitian Berdasarkan Klasterisasi Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi 2019
Anggaran Penelitian Berdasarkan Klasterisasi Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi 2019
Sobat birulangitid sudah pada tahu belum jika beberapa waktu yang lalu Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) meluncurkan hasil penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi untuk periode tahun 2016-2018. Berdasarkan analisis terhadap data yang telah diverifikasi, terdapat 47 perguruan tinggi yang masuk dalam kelompok Mandiri, 146 perguruan tinggi kelompok Utama, 479 perguruan tinggi kelompok Madya, dan sebanyak 1.305 perguruan tinggi kelompok Binaan. Jumlah kontributor sebanyak 1.977 perguruan tinggi, meningkat dari periode tahun 2013-2015 yang hanya mencapai 1.447 perguruan tinggi.

Penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi untuk periode tahun 2016-2018 dilakukan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan oleh masing-masing perguruan tinggi di Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas). Menristek menjelaskan bahwa penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi berdampak kepada kuota anggaran penelitian, pengelolaan dana desentralisasi sesuai dengan rencana induk penelitian masing-masing perguruan tinggi, peta kebutuhan program penguatan kapasitas per klaster, dan mekanisme pengelolaan penelitian. Komponen yang dievaluasi meliputi sumberdaya penelitian (30%), manajemen penelitian (15%), luaran/output (50%), dan revenue generating (5%).

Berdasarkan penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi tesebut maka berikut merupakan besaran anggaran yang dapat dikelola oleh Setiap Perguruan Tinggi berdasarkan Klasternya:

1.Anggaran maksimal yang dapat dikelola oleh perguruan tinggi klaster mandiri adalah 30 Milyar/tahun,
2.Perguruan tinggi klaster utama sebesar 15 Milyar/tahun,
3.Perguruan tinggi klaster madya sebesar 7,5 Miliar/tahun,
4.Sedangkan perguruan tinggi klaster binaan dapat mengelola dana penelitian sebesar 2 Milyar/tahun.

Waw beruntung ya bagi yang masuk ke klaster Mandiri bisa maksimal melakukan penelitian karena ditunjang dengan dana penelitian yang besar, Kampus sobat birulngitid masuk klaster apa ni? silakan tulis di komen ya jawabnya.


No comments:

Post a Comment