Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, December 23, 2019

Anugerah Kemahasiswaan III Tahun 2019, Universitas Gadjah Mada Perguruan Tinggi Terbaik Bidang Kemahasiswaan

0 comments

Setelah satu hari tidak ada update postingan, kali ini birulangitid akan berbagi info terkait penghargaan Mahasiswa Nasional yang di berikan oleh DIKTI kesemua pihak yang punya adil terhadap majunya mahasasiswa.
 
Anugerah Kemahasiswaan III Tahun 2019
Anugerah Kemahasiswaan III Tahun 2019
Dikutip dari belmawa.ristekdikti.go.id, Mahasiswa menjadi aktor penting dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul yang menjadi fokus pemerintahan periode 2019-2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) setiap tahunnya menyelenggarakan dan mendukung prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran, kreativitas, minat, bakat, serta karakter dan mental spiritual mahasiswa.

Berbagai capaian yang telah diraih oleh mahasiswa, serta dosen dan instansi perguruan tinggi mulai dari jenjang nasional hingga internasional tersebut diberikan apresiasi dalam “Anugerah Kemahasiswaan III Tahun 2019” yang diselenggarakan di Auditorium Gedung D Kemendikbud, Jakarta, pada Jumat 13 Desember 2019.

Penganugerahan yang diberikan langsung oleh Dirjen Belmawa, Ismunandar, diharapkan memberi motivasi kepada para mahasiswa berprestasi, juga penggerak kemahasiswaan untuk membentuk terwujudnya SDM Unggul yang menjadi cita-cita bersama. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa SDM Indonesia berpendidikan tinggi yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing global. Manusia Indonesia yang berkarakter kuat, berpikir kritis dan kreatif, memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan gagasan dengan baik, memiliki kemampuan berkolaborasi atau bekerja dalam tim (teamwork), berdisiplin serta memiliki rasa cinta tanah air yang mendalam adalah tujuan dari pendidikan mahasiswa di Indonesia.

“Untuk itu kita membutuhkan Perguruan tinggi  berkualitas yang memiliki otonomi lebih luas untuk menyelenggarakan proses pendidikan yang menekankan pada pemberian kemerdekaan belajar kepada para mahasiswanya (student centered learning), yang lebih mengetengahkan penanaman kompetensi-kompetensi, yang membangun jiwa wira usaha, serta membekalkan Softskills yang akan bermanfaat bagi alumni perguruan tinggi untuk memasuki dunia usaha / dunia industri di era globalisasi saat ini,” ucap Ismunandar.

Para penerima penghargaan telah membuktikan prestasi yang menginspirasi dan berkotribusi nyata bagi negara. Salah satu penerima penghargaan Mahasiswa Berprestasi Inovatif adalah Tulibot. Berawal dari sebuah riset untuk membantu penderita tuna rungu, enam mahasiswa dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang tergabung dalam Tim Arek PENS menciptakan alat bernama Tulibot.

Tulibot merupakan kombinasi antara aplikasi, smart glasses dan smart gloves. Pengguna akan menggunakan smart gloves yang memanfaatkan bahasa isyarat American Sign Language (ASL) yang nantinya dapat menghasilkan sebuah audio. Tulibot akan mendeteksi audio melalui aplikasi kemudian diterjemahkan menjadi kata-kata yang ditampilkan melalui smart glasses yang digunakan pengguna.
Melalui Tulibot, Tim Arek PENS berhasil meraih medali emas dan grand prize dalam Engineering Education Festival (E2Festa) 2019 yang diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan pada 26-27 November 2019. Alat ini diharapkan dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi penyandang tunarungu di masyarakat.

Selain Tulibot, Tim Erbron-C dari Institut Pertanian Bogor (IPB) juga meraih penghargaan Mahasiswa Berprestasi Inovatif. Alat yang dinamai Erbron-C, atau egronomic brondolan collector, terbukti berhasil membantu mitra pekerja pengutip brondolan sawit meningkatkan penghasilan dan mengurangi kelelahan kerja. Karya ini berhasil diganjar Silver Medal pada ASEAN-India Grassroot Innovation Forum yang diselenggarakan oleh Department of Science and Technology, Republic of Philipines, 20-21 November 2019.

Mesin Erbron-C yang juga meraih medali emas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 32 tahun 2019 ini telah dirancang selama lebih dari satu tahun. Proses pembuatan alat ini diawali dengan gambar teknik, optimasi desain dan dimensi, analisis ergonomika, pemilihan bahan-bahan teknik yang disesuaikan dengan karakteristik brondolan sawit, untuk kemudian akhirnya pabrikasi. Hingga saat ini, Tegar dan tim terus mengembangkan alatnya. Kabar baiknya, karyanya saat ini telah terdaftar sebagai hak cipta, dan tengah terus melakukan pengembangan untuk dapat diproduksi secara masal.

Tak hanya dalam bidang inovasi dan teknologi yang diciptakan, mahasiswa Indonesia pun berhasil berprestasi dalam bidang olah raga. Dea Salsabila Putri, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, salah seorang atlet putri di SEA Games 2019 dari cabang olahraga (cabor) Modern Pentathlon Indonesia juga berkesempatan mendapatkan penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi. Meski merupakan cabang olahraga yang tergolong baru di Asia Tenggara, Dea Salsabila Putri berhasil meraih tiga medali emas melalui nomor Women’s Beach Laser Run Individual, Women’s Beach Triathle Individual, dan Mixed Beach Triathle Relay.

Selain Dea, penghargaan mahasiswa berprestasi di SEA Games 2019 turut diraih oleh Rifda Irfanaluthfi, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, atlet dari cabang olahraga (cabor) senam artistik yang berhasil menyumbangkan lima medali untuk Indonesia. Rifda sukses meraih medali emas setelah mengumpulkan total skor 13.484 poin di nomor vault putri. Selain itu, iapun berhasil meraih tiga medali perak pada kategori Women Individual Allround, Women’s Balance Beam, serta Women’s Floor).

Dalam kategori spiritual keagamaan, Samsuri Firdaus, mahasiswa asal Universitas Indonesia berhasil meraih Juara I Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Turki pada tahun 2019.
ak hanya mahasiswa, tetapi dosen dan perguruan tinggi juga berkesempatan mendapatkan penghargaan. Kategori tersebut antara lain dosen penggerak mahasiswa atlet berprestasi, dosen penggerak mahasiswa berwirausaha kreatif, perguruan tinggi vokasi terbaik, dan perguruan tinggi non-vokasi terbaik.
 
Anugerah Kemahasiswaan III Tahun 2019
Anugerah Kemahasiswaan III Tahun 2019
Seluruh anugerah ini diberikan dapat memotivasi untuk terus bersama kami melakukan berbagai aktivitas yang lebih berkualitas, bermakna bagi pendidikan anak bangsa.
Berikut daftar penerima Anugerah Kemahasiswaan III Tahun 2019:



PENERIMA ANUGERAH KEMAHASISWAAN III TAHUN 2019

No
Anugerah
Nama Penerima
Keterangan
1
Mahasiswa Berprestasi
ERBON-C
Mahasiswa Berprestasi Inovatif
1.Tegar Nur Hidayat
2. Sanhaji
3. Maulana Malik Yusuf
4. Dikki Hendra Pratama
5. Affan Afrizal Gani
Tim Institut Pertanian Bogor
2
Mahasiswa Berprestasi
TULIBOT
Mahasiswa Berprestasi Inovatif
1.     Mochammad Ilham Maulana
2.     Moch. Rifki Ramadhani
3.     Yudha Sadewa
4.     Muhammad Alan Nur
5.     Muhammad Abdul Haq
6.     Namira Rizqi Annisa
Tim Politeknik Elektro Negeri Surabaya
3
Mahasiswa Berprestasi
Syamsuri Firdaus
Mahasiswa Berpretasi MTQ Internasional
4
Mahasiswa Berprestasi
Rifda Irfanaluthfi
Mahasiswa Berpretasi SEA GAMES 2019
5
Mahasiswa Berprestasi
Dea Salsabila Putri
Mahasiswa Berpretasi SEA GAMES 2019
6
Dosen Penggerak
Prof. Achmad Sofyan Hanif, M. Pd
Dosen Penggerak Mahasiswa Atlet Berprestasi
7
Dosen Penggerak
Prof. Dr. M. Suyanto, MM
Dosen Penggerak Mahasiswa Berwirausaha Industri Kreatif

1
Pelaksana Kegiatan Kemahasiswaan Tahun 2019
Wakil Rektor Bid Kemahasiwaan Universitas Dian Nuswantoro
Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional
2
Pelaksana Kegiatan Kemahasiswaan Tahun 2019
Wakil Rektor Bid Kemahasiwaan Universitas Udayana
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS)
3
Pelaksana Kegiatan Kemahasiswaan Tahun 2019
Wakil Rektor Bid Kemahasiwaan Universitas Syiah Kuala
Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN)
4
Pelaksana Kegiatan Kemahasiswaan Tahun 2019
Wakil Rektor Bid Kemahasiwaan Universitas Negeri Jakarta
Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS)
­
1
Perguruan Tinggi Terbaik Bidang Kemahasiswaan
Wakil Direktur Bid Kemahasiswaan Politeknik Negeri Malang
Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik I
2
Perguruan Tinggi Terbaik Bidang Kemahasiswaan
Wakil Direktur Bid Kemahasiswaan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik II
3
Perguruan Tinggi Terbaik Bidang Kemahasiswaan
Wakil Direktur Bid Kemahasiswaan Politeknik Negeri Sriwijaya
Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik III
4
Perguruan Tinggi Terbaik Bidang Kemahasiswaan
Wakil Rektor Bid Kemahasiwaan Universitas Gadjah Mada
Perguruan Tinggi Non Vokasi Terbaik I
5
Perguruan Tinggi Terbaik Bidang Kemahasiswaan
Wakil Rektor Bid Kemahasiwaan Universitas Indonesia
Perguruan Tinggi Non Vokasi Terbaik II
6
Perguruan Tinggi Terbaik Bidang Kemahasiswaan
Wakil Rektor Bid Kemahasiwaan Institut Teknologi Bandung
Perguruan Tinggi Non Vokasi Terbaik III



No comments:

Post a Comment