Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, December 28, 2019

Rekor Muri Kacamata Gerhana Terbesar Kabupaten Siak

0 comments

Tanggal 26 Desember 2019 jadi fenomena langka yang berkesan banget bagi masyarakat di beberapa wilayah Indonesia yang berkesempatan memperhatikan secara langsung gerhana matahari cincin, dan kita yang di Riau termasuk yang beruntung karena menjadi daerah paling ideal untuk melihat fenomena tersebut, khususnya yang di Siak.
Rekor Muri Kacamata Gerhana Terbesar Kabupaten Siak
Rekor Muri Kacamata Gerhana Terbesar Kabupaten Siak

Sobat birulangitid sudah pada tahu belum ni, ? Kalau di momen gerhana matahari cincin kemaren pemerintah kabupaten Siak berhasil membuat rekor Gunners Record dengan membuat kacamata gerhana terbesar.

Dikutip dari liputan6.com bahwa beberapa wilayah di Indonesia menggelar acara khusus dalam menyambut Gerhana Matahari Cincin (GMC), termasuk di Siak yang disebut-sebut paling ideal untuk melihat fenomena alam tersebut.

Mereka bahkan menggelar festival GMC yang berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Festival tersebut digelar di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, dan memecahkan rekor berkat kacamata terbesar yang dicatat langsung oleh MURI.

Manajer MURI, Ridho Al Amin di Kampung Bunsur, mengucapkan terimakasih, "Saya mewakili Pak Jaya Suprana mengucapkan terima kasih. Merupakan suatu kehormatan bagi kami hadir di sini untuk mencatat rekor yang luar biasa yakni kacamata gerhana terbesar," 

Rekor Muri Kacamata Gerhana Terbesar Kabupaten Siak
Rekor Muri Kacamata Gerhana Terbesar Kabupaten Siak

Menurut dia, sebelumnya kacamata terbesar pernah tercatat di Palembang saat Gerhana Matahari Total pada 2016 silam. Ketika itu kacamatanya dengan ukuran panjang 990 sentimeter dan lebar 60 sentimeter .

Sementara itu, berdasarkan hasil ukurannya pada Gerhana Matahari Cincin di Siak, pada kacamatanya mencapai panjang 14 meter, lebar 1,5 dan tinggi 2 meter. Ini merupakan kacamata terbesar yang pernah dicatat oleh MURI.

Rekor diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Siak," ujar Ridho. Sedangkan Bupati Siak Alfedri menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada LAPAN pengamatan GMC di Bungsur ini mengunakan kacamata berukuran besar, dan ini memecahkan rekor MURI sebagai kacamata terbesar se-Indonesia bahkan Asia," tutur Alfedri.

Menurunya, Kabupaten Siak merupakan daerah tujuan wisata yang maju di Pulau Sumatera. Momen Festival GMC adalah bagian dari promosi pariwisata alam Kabupaten Siak.

Rangkaian acara GMC 2019, diawali dengan salat gerhana, dilanjutkan dengan pantauan GMC, serta penampilan artis Nissa Sabyan. Pemantauan GMC di Kampung Bunsur ini diperkirakan juga yang paling teramai dengan disaksikan lebih kurang 10 ribu orang.

No comments:

Post a Comment