Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, April 25, 2020

Apakah Benar Orang Bertangan Kidal Akan Lebih Jago dalam Matematika?

0 comments
https://www.birulangit.id/?m=1
Apakah Benar Orang Bertangan Kidal Akan Lebih Jago dalam Matematika?


Birulangitid-Sekitar 10 persen manusia di dunia tercatat lebih banyak menggunakan tangan kiri alias kidal untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebuah studi yang dilakukan pada 30 tahun silam mengungkap bahwa orang bertangan kidal cenderung lebih menguasai ilmu matematika ketimbang mereka yang menggunakan tangan kanan.

Untuk memastikan studi tersebut, peneliti Giovanni Sala dan Fernando Gobet melakukan penelitian lanjutan dengan melibatkan 2.300 siswa sekolah dasar dan menengah.

Masing-masing dari mereka menggunakan tangan kiri untuk berbagai jenis kegiatan, mulai dari menulis, menggambar, menyikat, hingga melempar.

Sala dan Gobet lantas meminta mereka untuk memecahkan serangkaian masalah matematika dengan berbagai tingkat kesulitan. Untuk aritmatika sederhana, dilansir laman Bigthink, Jumat (24/4/2020), tidak ada perbedaan antara siswa bertangan kidal maupun yang menggunakan tangan kanan.

Namun, ketika dihadapkan pada soal-soal matematika yang lebih kompleks, mereka yang bertangan kidal (terutama lelaki) lebih cepat menemukan solusinya.

Kedua peneliti berpendapat, hal ini disebabkan karena rata-rata orang kidal memiliki belahan otak sisi kanan yang lebih berkembang. Otak sebelah kanan sendiri berhubungan dengan penalaran spasial dan kemampuan untuk membayangkan orientasi dan kombinasi obyek baru, yang mungkin ada hubungannya dengan kemampuan kreatif.

Maka, tidak mengherankan jika beberapa sosok jenius di dunia bertangan kidal, sebut saja Leonardo daVinci, Mozart, Tesla, Aristoteles, Bill Gates, hingga mantan Presiden Amerika Serikat yang sempat tinggal di Indonesia, Barack Obama.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara,com

No comments:

Post a Comment