Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, June 8, 2020

Kemenag: Tidak Ada Kenaikan UKT Mahasiswa PTKIN, Jika Ada Perubahan Kemampuan Ekonomi Bisa Mengajukan Keringanan

2 comments
https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-beberapa waktu yang lalu ditjen Dikti menyampaikan bahwa tidak akan ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa di bawah ditjen Dikti. Kali ini Kemenag juga menginfokan hal yang sama Tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pada masa Pandemi Covid-19.

Dikutip dari Kemenag.go.id Pernyataan itu disampaikan Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Kamarudin Amin, menanggapi rumor yang berkembang, pada Minggu (07/06) di Jakarta. “Informasi adanya kenaikan UKT yang diberlakukan kepada mahasiswa UIN, IAIN, dan STAIN tidaklah benar,” tegasnya.

Besaran UKT mahasiswa ditetapkan setiap tahun akademik. Besaran UKT untuk tiap-tiap mahasiswa ditentukan oleh Pimpinan PTKIN dan ditetapkan oleh Keputusan Menteri Agama (KMA) setiap tahun. “UKT Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 telah ditetapkan berdasarkan KMA 1195/2019 tertanggal 27 Desember 2019,” katanya.

Namun, lanjut Kamaruddin Amin, kalau terjadi perubahan kemampuan ekonomi, mahasiswa bisa mengajukan keringanan pembayaran UKT. Perubahan kemampuan ekonomi itu misalnya karena orang tua/wali meninggal dunia atau karena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan syarat-syarat tertentu.

Pada masa pandemi Covid-19, lanjut Kamaruddin, semua pihak harus bersama-sama memberikan empati teradap siapa saja yang mengalami kesulitan, termasuk menurunnya ekonomi orang tua/wali mahasiswa.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim mengatakan, Kemenag terus berikhtiar membantu mahasiswa terdampak Pandemi Covid-19. Penyesuaian regulasi tengah dibahas agar ada ruang memberikan keringanan pembayaran UKT. 

Menurutnya, ada sejumlah opsi yang sedang dimatangkan, antara lain: perpanjangan waktu pembayaran, pengangsuran UKT (khusus PTKIN BLU) hingga pengurangan UKT. "Regulasinya masih di bahas. Mekanisme terhadap keringanan UKT nantinya akan ditentukan oleh Pimpinan PTKIN masing-masing," kata Arskal

2 comments:

  1. Tidak sesuai dengan penghasilan orang tua dan keadaan sekarang sedangkan penghasilan orang tua 2jt per bulan nya sedangkan UKT nya 2.400.000

    ReplyDelete
  2. Tunggu aja info resmi penurunan ukt dari kampus. Kemudian ajukan ya.

    ReplyDelete