Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Wednesday, June 24, 2020

Pekanbaru Kembali Zona Merah Penularan Virus Covid-19 !!!, Ayo Patuhi Protokol Kesehatan

0 comments

https://www.birulangit.id/
Pekanbaru Kembali Zona Merah Penularan Virus Covid-19 !!!, Ayo Patuhi Protokol Kesehatan

BirulangitId – Meledaknya penambahan pasien postif Covid-19 di Pekanbaru dalam 3 hari terakhir ini menjadikan  Pekanbaru Kembali dalam zona merah.


Dikutip dari riaubicara.com Penambahan 18 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dalam dua hari terakhir, membuat kondisi kerawanan penularan virus corona di Pekanbaru meningkat. Dari sebelumnya sudah berada di zona kuning, kini menjadi zona merah lagi.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi SpBP, dilansir Riau Pos, Rabu (24/6/2020). ’’Sudah jelas (zona merah, red) karena ada transmisi lokal. Masuk kategori G (generasi, red) tiga,’’ urainya.

Penularan Covid-19 dapat dibagi pada tiga jenis yakni G1 atau generasi pertama, di mana seorang pasien positif yang datang ke Pekanbaru terlebih dahulu tertular dari luar daerah. Sementara G2 atau generasi kedua  adalah warga Pekanbaru yang tertular dari pasien kategori G1.

Sedangkan G3 atau generasi ketiga adalah penularan yang terjadi secara lokal. ‘’Dari 18 tambahan pasien positif, dua itu G3. Ini dari nyonya GSN yang di (kantor Camat Bukitraya, red). Penularan dari teman sekantor,’’ paparnya.

Pada Senin (22/6/2020), diumumkan ada penambahan 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Pekanbaru. Sementara itu, Selasa (23/6/2020), terdapat lima penambahan. Tambahan ini membuat total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 70 orang.

Jika diakumulasikan sejak awal Covid-19 mewabah, Kecamatan Tampan masih menjadi daerah dengan kasus positif terbanyak. Namun, tren penambahan yang baru menunjukkan Kecamatan Rumbai Pesisir juga rawan. ‘’Yang baru-baru ini Rumbai Pesisir,’’ ujarnya.

Memasuki pekan kedua Juni, Kota Pekanbaru masuk kategori zona kuning, yakni tingkat risiko penularan rendah. Sebelum terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 satu orang, Sabtu (6/6/2020), sudah dua pekan tak terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru. Sudah empat hari terakhir pula tiga pasien posiitif terakhir sembuh dan boleh pulang. Pasien positif terakhir juga sudah dinyatakan negatif.

No comments:

Post a Comment