Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, August 22, 2020

Beasiswa Teladan Tanoto Foundation Pendaftaran Dibuka Tanggal 24 Agustus 2020, Ini Syarat-Syarat Lengkapnya

1 comments
https://www.birulangit.id/?m=1
Beasiswa Teladan Tanoto Foundation Pendaftaran Dibuka Tanggal 24 Agustus 2020, Ini Syarat-Syarat Lengkapnya


Birulangitid-buat kamu para pemburu beasiswa kali ini birulangitid ada info beasiswa yang pastinya sudah Familiar banget buat sobat semua yaitu beasiswa Teladan yang diberi oleh Tanoto Foundation. 

TELADAN adalah inisiatif Tanoto Foundation dalam bentuk program pengembangan kepemimpinan untuk melahirkan generasi muda Indonesia sebagai pemimpin masa depan yang bertanggung jawab. Dalam program ini, Tanoto Foundation memberikan berbagai pelatihan kepemimpinan dan beasiswa kepada peserta program.

Target TELADAN adalah membentuk pemimpin yang secara terus-menerus akan memberikan dampak positif bagi komunitas di mana mereka tinggal dan bekerja.

Sasaran program TELADAN adalah mahasiswa/i program sarjana S1 reguler semester pertama dari perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation yang memiliki prestasi dan potensi menjadi pemimpin yang cakap, unggul dan bertanggung jawab.

MANFAAT BAGI TANOTO SCHOLAR

Manfaat yang akan diperoleh peserta terhitung sejak penandatangan perjanjian kepesertaan program.

Manfaat Keuangan

-Biaya kuliah yang dibayarkan penuh hingga semester VIII.

-Tunjangan bulanan.

Dukungan untuk Pengembangan Kepemimpinan

Program ini memberikan program pengembangan kepemimpinan yang terstruktur, termasuk dukungan pengembangan karier. Dengan waktu interaksi yang lebih lama, program ini memberikan kesempatan pada Tanoto Scholar untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan dan keterampilan melalui program berikut:

– Program Dasar (Building Block 1) untuk melatih nilai-nilai dasar Tanoto Scholars, kemampuan managerial dasar, pengembangan kepribadian peserta dan merancang bentuk – bentuk kontribusi kepada masyarakat.

– Program Lanjutan (Building Block 2) untuk lebih mengembangkan kemampuan managerial, kemampuan presentasi dan komunikasi, program magang dan kontribusi kepada masyarakat.

– Program Persiapan Karier (Building Block 3) untuk meningkatkan kapasitas individu peserta dalam menghadapi dunia kerja, termasuk kesempatan belajar singkat di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation di luar negeri.

– Acara Kelulusan

– Dukungan karier dan kepemimpinan bagi alumni.

Masing-masing tahapan tersebut mencakup bidang pengembangan kepemimpinan, pengembangan kepribadian, pengembangan karier serta melakukan kontribusi sosial. Peserta program ini wajib mengikuti semua program pengembangan kepemimpinan yang akan dilaksanakan oleh Tanoto Foundation.

Dukungan untuk Kegiatan Pengayaan Program Pengembangan Kepemimpinan

Program ini memberikan beberapa program pengayaan yang dapat membantu Tanoto Scholar mempraktekkan program terstruktur yang telah diberikan terlebih dahulu :

– Tanoto Scholars Association (TSA) : hadir di setiap PTN mitra Tanoto Foundation sebagai wadah/komunitas untuk para penerima beasiswa Teladan bertemu dan berinteraksi sebagai 1 keluarga baru

– Tanoto Scholars Gathering (TSG) : kegiatan yang mempertemukan seluruh TSA dari seluruh mitra perguruan tinggi Tanoto Foundation untuk melakukan kegiatan bersama

– Tanoto Student Research Award (TSRA) : lomba penelitian/riset yang diadakan 1 kali/tahun di mitra perguruan tinggi Tanoto Foundation terpilih dan terbuka untuk setiap mahasiswa di perguruan mitra tersebut

– Pay it Forward : kegiatan yang dilakukan oleh TSA untuk memberikan dampak positif secara terus menerus kepada komunitas/masyarakat di sekitar mereka tinggal

– Internship : kesempatan bagi para Tanoto Scholars untuk mendapatkan pengalaman di dunia profesional baik melalui program magang di RGE Group ataupun mitra Tanoto Foundation lainnya

– Sponsorship : kesempatan bagi para Tanoto Scholar untuk mendapatkan dukungan ketika mengikuti perlombaan

– Global Experiences Program : kesempatan bagi para Tanoto Scholar berprestasi untuk membangun jejaring internasional melalui program summer course

PERGURUAN TINGGI MITRA

Program TELADAN bermitra dengan sembilan perguruan tinggi berikut:

1. Institut Pertanian Bogor

2. Institut Teknologi Bandung

3. Universitas Andalas

4. Universitas Brawijaya

5. Universitas Diponegoro

6. Universitas Gadjah Mada

7. Universitas Indonesia

8. Universitas Riau

9. Universitas Sumatera Utara


PERSYARATAN PENDAFTARAN

Untuk dapat ikut serta di dalam proses seleksi program TELADAN, mahasiswa harus memenuhi sejumlah persyaratan sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Terdaftar sebagai mahasiswa/i aktif semester I untuk program Sarjana (S1) reguler di perguruan tinggi mitra.

3. Memiliki prestasi akademik yang baik di tingkat SMA dan sederajat dengan nilai rata-rata rapor kelas 12 (semester 1 & 2) adalah 8,00 (skala 10).

4. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pengembangan bangsa.

5. Dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik. Kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya akan menjadi nilai tambah .

6. Mendaftarkan diri secara daring di laman Tanoto Foundation.


TAHAPAN SELEKSI

I.Pendaftaran daring

Menyiapkan dokumen berikut:

– Data diri & orangtua/wali

– Riwayat Pendidikan, Prestasi, Kegiatan, dan Bahasa

– Kartu Tanda Mahasiswa resmi atau sementara, atau surat keterangan sebagai mahasiswa aktif yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.

II.Tes daring potensi kepemimpinan

Pendaftar yang lolos tahap I, menyiapkan perangkat berikut:

– Sesi 1, 3-5 : Komputer atau laptop yang memiliki kamera audio dan koneksi internet yang baik.

– Sesi 2 : Perangkat dengan Sistem Operasi Android dan koneksi internet yang baik

III.Wawancara daring

Pendaftar yang lolos tahap II, menyiapkan hal sebagai berikut:

– Komputer atau laptop yang memiliki kamera & audio

– Koneksi internet yang baik

– Ruangan yang tenang

Pendaftaran Program TELADAN 2021 akan dibuka pada tanggal 24 Agustus sampai 30 September 2020.


Info lebih lanjut kunjungi tanotofoundation.org

1 comment: