Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, August 22, 2020

Keren, Ada Gambar Baju Adat Melayu Riau pada Uang Rp75.000

0 comments
https://www.birulangit.id/?m=1


Birulangitid-Kalau kita perhatikan dengan seksama. Siapa sangka, ternyata uang pecahan Rp75.000 yang dilaunching Bank Indonesia (BI) pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 terdapat pakaian adat Melayu Riau.
Menurut Gubernur Riau H Syamsuar tentu ini menjadi salah satu kebanggaan bagi Riau, karena untuk pertama kalinya pakaian adat Riau terpampang di uang kertas. Tepatnya gambar seorang anak yang berada nomor dua dari kiri, disamping anak berpakaian pakaian adat Aceh. Walaupun hanya terbatas uang Rp75.000 yang diedarkan di Indonesia.

"Ini merupakan surprise bagi kita, dimana pada uang pecahan Rp75.000 itu, ada salah satu anak Riau dengan pakaian Melayu terlihat disana," ujar Gubri Syamsuar, uso launching uang Rp75.000 bersama BI.

Diceritakan Gubri, ada sembilan anak-anak dari beberapa daerah di Indonesia dan semuanya berusia 10 tahun. Diharapkan, nantinya pada 100 tahun kemerdekaan Indonesia, anak-anak tersebut termasuk generasi muda milenial yang menguasai digital.

"Salah satu misi penampilan gambar anak-anak tersebut yakni untuk membangkitkan semangat, agar nantinya anak-anak yang usianya 10 ini mereka nantinya akan menjadi SDM yang handal untuk Indonesia," sebutnya.

Mantan Bupati Siak ini, kembali mengayakan, dipilihnya anak Riau lengkap dengan pakaian Melayunya untuk ditampilkan di uang kertas pecahan Rp75.000 tersebut, bahwa pemerintah pusat melihat dari budaya dan sejarah di Riau.

"Riau juga punya sejarah, dimana salah satu pahlawan nasional yakni Sultan Syarif Kasim berasal dari Riau. Dimana beliau ini berjasa untuk perjuangan bangsa dan negara kita ini, dan juga pernah memberikan uang sebesar 13 juta golden, dengan memberikan uang bagi negara untuk perjuangan," tutup Syamsuar.

No comments:

Post a Comment