Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Thursday, August 27, 2020

Muna Nabilah Mahasiswa Universitas Riau Dinobatkan Jadi Juara Pemilihan Duta Bahasa Riau 2020

0 comments
https://www.birulangit.id/
 Muna Nabilah Mahasiswa Universitas Riau Dinobatkan Jadi Juara Pemilihan Duta Bahasa Riau 2020

Birulangitid-Muna Nabilah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Riau Dinobatkan Jadi Juara Pemilihan Duta Bahasa Riau 2020, pada malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Riau 2020, yang digelar pada Sabtu (15/8/2020).

Kegiatan dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Grand Central di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru.

Tamu yang masuk ke dalam ruangan, jumlahnya dibatasi. Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Pihak panitia menerapkan protokol kesehatan, dengan menjaga jarak masing-masing tempat duduk pengunjung minimal 1 meter. Para pengunjung yang masuk juga wajib mengenakan masker.

Untuk diketahui, pemilihan Duta Bahasa Riau ini bertujuan untuk mencari generasi muda yang cinta dengan bahasa Indonesia, dan siap jadi garda terdepan dalam penerapan dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs. Songgo A. Siruah, M.Pd dalam kata sambutannya memaparkan, ada sekitar 20 pasang finalis putra dan putri, dari seluruh Kabupaten/Kota di Bumi Lancang Kuning yang berkompetisi.

Mereka merupakan 40 anak muda terbaik dan berprestasi, yang berhasil lolos dalam serangkaian proses seleksi yang dilakukan panitia.

Mulai dari seleksi administrasi, wawancara, minat dan bakat, krida mandiri dan tim, serta UKBI.

Mereka yang terpilih dari ratusan pendaftar ini, sudah mengikuti taklimat, pembekalan, mancakrida, dan kunjungan ke beberapa tempat dan intansi guna mendalami pengetahuan dan menambah pengalaman.

"Dari mereka ini dipilih 5 besar, dipilih lagi satu pasang yang akan mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional. Semoga tahun ini Riau bisa masuk 5 besar. Sampai hari ini kita masih berjuang," sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Yan Prana Jaya menuturkan, pemerintah provinsi sangat mengapresiasi kegiatan yang dikemas Balai Bahasa Provinsi Riau.

"Ini kegiatan positif dalam mendukung pemerintah daerah, dalam mencapai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2019-2024. Meski saat ini sedang diuji wabah Covid-19 yang melanda," sebutnya.

Dia berharap, Duta Bahasa Riau yang terpilih diharapkan nantinya bisa mengkampanyekan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena bahasa Indonesia, merupakan simbol jati diri dan kepribadian bangsa. Bahasa Indonesia harus dijaga dan dilestarikan.

"Lewat kegiatan ini tentu bisa meningkatkan kesadaran berbahasa, terutama bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Kita berharap akan lahir generasi muda yang menjadi representasi berbudaya, yang memiliki kepekaan. Menjadi Duta Bahasa harus peduli, dalam penggunaan bahasa Indonesia," urai Yan Prana lagi, membacakan sambutan Gubri Syamsuar.

Terpisah, Yulita Fitriana, selaku Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Riau menerangkan, adapun proses kegiatan, sudah dimulai sejak bulan Februari 2020 lalu. Kegiatan sempat tertunda selama 2 bulan karena munculnya pandemi Covid-19.

Barulah pada bulan Juni 2020, kegiatan rangkaian pemilihan Duta Bahasa Riau dilanjutkan.

"Akhirnya terpilih 20 pasang, 20 laki-laki dan 20 perempuan. Malam ini kita gelar acara puncak. Mereka akan dites dengan sejumlah pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri," sebutnya.

Finalis akan diseleksi lagi menjadi 10 pasang, sampai menjadi 5 pasang. Mereka akan dinilai oleh 3 orang dewan juri.

Diantaranya Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs. Songgo A. Siruah, M.Pd, Wakil Ketua Pokja II Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Hera Yulwita, serta Candra, Ketua Ikatan Duta Bahasa Riau 2017-2019.

"Ada pemenang satu, dua, tiga, persahabatan dan favorit. Masing-masing pemenang sepasang," ucapnya.

Dia menambahkan, Duta Bahasa Riau ini, akan bertugas untuk pelopor dan teladan bagi orang-orang di sekitarnya, dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Selain bahasa Indonesia, mereka pun diminta bisa ikut melestarikan bahasa daerah dan budaya melayu. Mereka juga diharapkan menguasai bahasa asing.

Untuk juara 1, juara 2 dan juara 3 masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 6 juta, Rp 5 juta dan Rp 4 juta, serta piala dan piagam. Untuk Pemenang Favorit dan Persahabatan masing-masing memperoleh uang tunai Rp 3 juta dan Rp 2 juta, ditambah piala dan piagam.

Berikut nama-nama pemenang:

-Duta Bahasa Riau Pemenang I Putra, Syahrudin

-Duta Bahasa Riau Pemenang I Putri, Muna Nabilah

-Duta Bahasa Riau Pemenang II Putra, Donni Nuryadi

-Duta Bahasa Riau Pemenang II Putri, Vebby Oksaviona

-Duta Bahasa Riau Pemenang III Putra, Syahrizal Fadli

-Duta Bahasa Riau Pemenang III Putri, Annesa Fista Savitri

-Duta Bahasa Riau Persahabatan 2020 Putra: Heriyanto

-Duta Bahasa Riau Persahabatan 2020 Putri, Raihana Permata Madina

-Duta Bahasa Riau Favorit 2020 Putra, Syafrudin Wahyu

-Duta Bahasa Riau Favorit 2020 Putri, Mawaddah Warahmah



No comments:

Post a Comment