Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, September 21, 2020

Dibantu Pemprov Riau, Pekanbaru Siapkan 1.000 Kamar Hotel Untuk Isolasi Pasien Covid-19

0 comments


https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mempersiapkan sekitar 1.000 kamar hotel untuk isolasi pasien positif Virus Corona atau Covid-19. Pemko sudah berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Wali kota Pekanbaru Dr Firdaus MT menyebut, langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif covid-19. Pemko rencanakan menyewa hotel melati hingga hotel bintang tiga.

"Ada 1000 kamar tersedia. Kita sudah membahasnya dengan PHRI," kata Wali kota, Senin (21/9/2020).

Biaya selama isolasi di hotel akan ditanggung oleh Pemko dan Pemerintah Provinsi Riau. "Biaya tersebut untuk penginapan, obat dan makanan pasien selama isolasi," jelasnya.

Ia menyebut, alokasi dana covid-19 di Pemko Pekanbaru masih tersedia, berkisar Rp 115 miliar. "Saat ini 60 persen dari anggaran masih tersedia," kata dia.

Ia juga menyebut, pasien tanpa gejala tidak boleh lagi isolasi mandiri di rumah. "Kita sediakan rumah sehat, untuk tahap awal bisa menampung 50 pasien tanpa gejala. Kapasitasnya bisa 300 orang lebih," jelasnya.

Pemerintah Provinsi Riau juga menyiapkan ruang isolasi di Diklat BPSDM, Jalan Ronggowarsito. Pasien positif yang isolasi mandiri di rumah kata dia sulit diawasi.

"Ada yang isolasi mandiri malah tetap tidak disiplin. Sebab dia merasa sehat," jelasnya.

Sampai kini, ada 33 orang pasien positif covid-19 yang tanpa gejala jalani isolasi di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari. Di tempat itu ada 50 tempat tidur yang sudah tersedia saat ini.

Sumber mediacenter.riau.go.id

No comments:

Post a Comment