peneliti dari Children's National Hospital Temukan Perbedaan Covid-19 dan Flu pada Anak

https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Dampak infeksi virus corona pada anak hingga saat ini masih belum diketahui pasti. Namun, masih banyak orang kesulitan membedakan Covid-19 dengan penyakit musiman seperti flu.


Sebagaimana dikutip dari CNNindonesia Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Network Open menemukan, anak-anak dengan Covid-19 memiliki banyak kesamaan gejala dengan mereka yang terkena flu.

Para peneliti dari Children's National Hospital menganalisis data 315 anak yang didiagnosis Covid-19 dan 1.402 anak yang didiagnosis flu selama rentang waktu Maret-Mei 2020. Peneliti membandingkan gejala, tingkat rawat inap, dan kebutuhan perawatan intensif pasien.

Hasilnya, kedua penyakit tersebut memberikan hasil yang sama. Secara umum, gejala keduanya cenderung sama dengan adanya beberapa perbedaan kecil. Peneliti menemukan, anak-anak lebih sering mengalami sesak napas akibat flu daripada Covid-19. Pada anak dengan Covid-19, gejala pencernaan menjadi yang paling umum ditemukan.

Penelitian menemukan, gejala Covid-19 yang paling umum adalah gejala yang biasanya timbul pada pasien flu. Beberapa gejala tersebut seperti demam, batuk, masalah pencernaan seperti muntah dan diare, tubuh terasa nyeri, sakit kepala, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut lebih banyak dialami oleh anak dengan Covid-19.

Mengutip Business Insider, sebanyak 76 persen pasien anak Covid-19 mengalami demam. Angka ini lebih tinggi daripada 55 persen anak pasien flu yang mengalami demam.

Selain itu, sebanyak 26 persen anak dengan Covid-19 mengalami muntah-muntah dan diare, lebih tinggi dari hanya 12 persen pasien flu dengan gejala yang sama.

Namun, yang mengejutkan para peneliti adalah tidak adanya perbedaan yang signifikan terkait gejala sesak napas antara pasien Covid-19 dan flu.

Kendati demikian, peneliti mengklaim dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan perbedaan di antara keduanya.

"Masih sangat sulit untuk membedakan keduanya hanya berdasarkan gejala. Pengujian jadi satu-satunya cara yang paling tepat," ujar salah satu penulis studi, Xiaoyan Song.

Selain dari segi gejala, peneliti juga melihat faktor rawat inap di antara kedua penyakit. Keduanya menghasilkan tingkat rawat inap yang sebanding dengan angka 21 persen anak dengan flu dan 17 persen anak dengan Covid-19 yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

Selain itu, peneliti juga menemukan perbedaan mengenai kebutuhan perawatan intensif di antara kedua penyakit. Sebanyak 7 persen kasus flu pada anak membutuhkan perawatan intensif. Angka itu lebih tinggi dari 5,7 persen kasus Covid-19 pada anak.