Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, October 19, 2020

Begini Syarat Pasien OTG Bisa Isolasi Mandiri Dirumah

0 comments

https://www.birulangit.id/?m=1

Birulangitid-Pasien positif Covid-19 di Riau saat ini didominasi oleh pasien yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Karena tidak memiliki gejala, OTG tersebut tidak harus dirawat dirumah sakit, namun bisa menjalani isolasi mandiri. 

Kepala dinas kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, isolasi mandiri bagi pasien OTG bisa dilakukan dirumah dan juga ditempat-tempat yang sudah disediakan pemerintah. Namun jika ingin melakukan isolasi mandiri dirumah, ada beberapa syarat yang harus penuhi. 

"Karena tidak bergejala, jadi tidak perlu dirawat di rumah sakit. Karena pasien OTG ini bisa sembuh dengan sendirinya jika ditangani dengan benar," kata Mimi, Senin (19/10/2020). 

Lebih lanjut dikatakannya, untuk syarat bagi pasien OTG yang akan menjalani isolasi mandiri dirumah yakni, memiliki kamar mandi pribadi didalam kamar tidur. Kemudian pasien dilarang berkontak dengan keluarga. 

"Selanjutnya, selama isolasi mandiri pasien harus melengkapi diri dengan vitamin guna menambah daya tahan tubuh. Dan kesehatan nya harus diperiksa secara berkala petugas kesehatan terdekat," ujarnya. 

Selama syarat tersebut bisa penuhi, maka pasien tersebut bisa menjalankan isolasi mandiri dirumah. Namun jika tidak, maka bisa mendatangi lokasi isolasi mandiri yang sudah disiapkan pemerintah. 

"Pemerintah kan sudah menyiapkan beberapa lokasi untuk isolasi mandiri, seperti balai Diklat BPSDM Riau di Pekanbaru. Masyarakat bisa mendatangi lokasi itu," sebutnya.

Sumber mediacenter.riau.go.id

No comments:

Post a Comment